Technology

Tingkatkan Online Presence Brand Anda dengan Cara Ini

 

Online Presence Brand – Membuat bisnis Anda semakin dikenal oleh target customer merupakan bagian penting dalam mengembangkan bisnis. Di tengah ketatnya persaingan dalam penjualan online, menginvestasikan waktu, tenaga, dan anggaran untuk membangun kehadiran online (online presence) brand menjadi begitu krusial. Apalagi dengan adanya pandemi, memiliki online presence yang kuat akan memberikan dampak yang signifikan bagi brand.

Mebiso berkolaborasi dengan Sirclo dalam merangkum beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan online presence brand Anda. Simak ulasannya berikut ini!

Manfaatkan berbagai platform

Saat ini ada begitu banyak pilihan platform yang dapat Anda gunakan untuk memasarkan bisnis maupun berjualan mulai dari website, marketplace, media sosial, dan platform-platform lainnya. Cari tahu platform apa yang banyak digunakan oleh pelanggan, kemudian fokus pada platform tersebut. 

Apabila Anda berjualan di banyak platform, pastikan seluruh informasi pada platform tersebut saling terintegrasi mulai dari informasi dan kontak bisnis, katalog dan informasi produk, ketersediaan produk, dan lain-lain. Saat memilih platform apa saja yang akan digunakan, pertimbangkan juga apakah Anda dapat mengelolanya untuk menghindari adanya customer yang terabaikan atau tidak dilayani dengan baik.

Penerapan strategi SEO menjadi kunci online presence brand Anda

SEO dapat membantu brand Anda memiliki ranking yang lebih tinggi dalam hasil pencarian, baik itu di mesin pencari maupun marketplace. Dengan menggunakan kata kunci yang sesuai, Anda bisa menjangkau target customer yang lebih tepat dan target customer pun lebih mudah menemukan bisnis atau produk yang Anda jual.

Lakukan riset terkait kata kunci yang relevan dengan brand sekaligus banyak dicari oleh target customer. Misalnya jika Anda menjual sepatu kulit, kata kunci ‘sepatu kulit premium’ bisa jadi merupakan salah satu kata kunci yang banyak digunakan customer saat mencari produk. Setelah mengetahui kata kunci yang tepat, gunakan kata kunci tersebut baik itu dalam nama produk, konten, website, dan lainnya.

Pastikan konten relevan dan berkualitas

Bagikan konten-konten yang relevan dengan target customer baik itu dalam bentuk artikel, infografis, gambar, video, ataupun jenis konten lainnya. Pikirkan konten-konten seperti apa yang kira-kira dapat bermanfaat bagi customer

Fokus pada channel yang banyak digunakan oleh pelanggan. Misalnya jika pelanggan Anda lebih banyak aktif di Instagram, Anda bisa fokus untuk mengembangkan strategi konten dan lebih aktif di sana. Anda bisa mulai dengan menganalisis konten yang sudah pernah Anda bagikan sebelumnya ataupun konten-konten kompetitor untuk mencari tahu konten seperti apa yang dicari pelanggan.

Suksesnya online presence brand didukung dengan engagement yang baik

Luangkan waktu untuk mencari tahu platform media sosial mana yang paling banyak digunakan oleh pelanggan, kemudian evaluasi konten seperti apa yang bisa menarik perhatian customer. Bangun engagement dengan mereka baik melalui komentar, direct message, dan fitur-fitur lainnya agar customer merasa lebih dekat dengan brand.

Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan brand lain yang tentunya masih berkaitan dengan brand Anda. Anda bisa saling memasarkan brand atau produk satu sama lain di channel-channel yang digunakan atau menawarkan promo produk dalam bentuk bundling. Dengan demikian, Anda bisa memperluas jangkauan bisnis untuk target customer yang sama dan tentunya meningkatkan online presence brand Anda.

Adapun cara lainnya yang tak kalah menarik adalah dengan melakukan influencer marketing. Pilihlah tipe influencer yang memang tepat untuk model bisnis Anda dan target customer. Setelah menentukan influencer, diskusikan mengenai konten seperti apa yang kira-kira dapat menarik perhatian audiens mereka.

Pantau rating dan review

Tunjukkan bahwa brand Anda memiliki kredibilitas dengan menjaga rating dan review yang baik. Tampilkan testimoni pada website dan media sosial brand. Rating yang tinggi juga akan membantu visibilitas toko Anda di marketplace.

Saat menerima ulasan yang kurang baik, segera tanggapi komentar tersebut dan cari tahu solusi apa yang dapat Anda berikan untuk mereka. Ini menunjukkan kepedulian brand terhadap kepuasan pelanggan.

Itulah beberapa cara yang bisa membantu Anda dalam meningkatkan online presence brand Anda. Perbanyaklah riset dan evaluasi supaya bisnis yang Anda jalani dapat semakin sukses.

Konten ini telah dipublikasikan di Sirclo. Kunjungi Sirclo untuk tips dan strategi pemasaran serta e-commerce lainnya!


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *