Technology

Cara Kompres Gambar PNG dengan TinyPNG

 

Loading...

File gambar dengan format PNG sangat berguna dalam sebuah web desain. Sifat PNG yang dapat menyimpan gambar transparan sangat berguna dalam beberapa hal, seperti membuat icon yang backgroundnya dapat berganti secara fleksibel melalui CSS. Tapi di balik keunggulannya, PNG juga memiliki kelemahan. Yaitu ukuran file PNG bisa jauh lebih besar jika dibandingkan gambar dengan format JPG. Hal ini sangat berpengaruh pada kecepatan loading website kita.

Ukuran file PNG dapat dikurangi tanpa merendahkan kualitasnya.

Biasanya, untuk mengurangi ukuran file, kita harus mengurangi ukuran dimensi atau resolusinya. Hal ini menyebabkan kualitas gambar jadi menurun. Jadi bagaimana? Ada satu web tools yang dapat membantu anda mengurangi ukuran file gambar khusus format PNG secara signifikan. Namanya TinyPNG. Anda bisa membukanya di halaman tinypng.org.

Tiny PNG

TinyPNG adalah sebuah website yang menyediakan layanan gratis untuk kompresi file PNG anda. Dibanding Photoshop, TinyPNG mempunyai kelebihan, yakni pada ukuran file PNG yang dihasilkan. TinyPNG menggunakan teknik kompresi yang dapat mengurangi ukuran file PNG. Jumlah warna pada gambar PNG akan dikurangi secara selektif tanpa menurunkan kualitasnya. Tidak percaya? coba lihat gambar di bawah ini:

 ChristGambar sebelum dikompres
Ukuran File : 111 KB
Christ- Tiny PNGGambar setelah dikompres
Ukuran File : 24 KB

Pada gambar di atas, ukuran file berkurang lebih dari 78%. Dan gambar hasil kompresi dari TinyPNG hampir tidak terlihat perbedaannya dengan gambar aslinya, tapi dalam ukuran file sangat jelas terlihat. Maka, anda bisa gunakan gambar hasil kompresi untuk menghemat bandwidth dan meningkatkan loading wesite Anda.

Bagaimana cara kerjanya?

Gunakan menu Save for Web pada Photoshop untuk mengekspor gambar transparan PNG Anda pada setting 24-bit. Kemudian unggah gambar tersebut ke TinyPNG. Ketika Anda mengunggah gambar PNG (Portable Network Graphic) pada website Tiny PNG, warna-warna yang mirip di gambar akan digabungkan. Teknik ini disebut juga dengan Quantisation. Karena warna dikurangi dengan teknik Quantisation, ukuran file PNG 24-bit akan akan berubah menjadi PNG 8-bit yang membuat ukuran file bisa jadi jauh lebih kecil. Bisa dicoba ;-)

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *