Interviews

Orysu, Bisnis Konveksi Asal Kota Pahlawan Surabaya yang Sudah Menjangkau Pasar Internasional

 

   

Memulai usaha sejak usia belia memang tujuan sukses dari seorang Rony Ardiyanto(29). Memberanikan diri mencari jalan sendiri dan kini sukses berkembang bersama Orysu, konveksi berbagai macam jenis pakaian yang sudah mampu menembus pasar internasional. Perjualan untuk mencapai kesuksesan memang tidak mudah, namun kekuatan tekad dari Pak Rony membuatnya pernah sukses membawa Orysu menjadi salah satu finalis wirausaha muda mandiri regional Jawa Timur. Nah, beberapa waktu yang lalu tim Mebiso berhasil mewawancarai beliau. Beliau menceritakan banyak hal tentang dirinya dan juga Orysu. Penasaran bagaimana kisahnya? Berikut ini ulasannya:

Halo Pak Rony, untuk memulai interview ini bisa dimulai dengan menceritakan tentang diri Bapak dan latar belakang masuk ke dunia enterpreneur ini?

Oke, nama saya Rony Ardiyanto. Usia saya 29 tahun, kebetulan saya merupakan sarjana Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota di ITS, Surabaya. Awal mula saya masuk ke dunia enterpreneur ini yaitu saat saya mulai tertarik untuk mendapat tambahan uang saku ketika kuliah dulu. Saya juga kebetulan sangat tertarik untuk memanfaatkan waktu luang untuk mandiri semasa saya kuliah. Berat memang awalnya, terlebih ketika saya harus melawan arus dan meminta ijin untuk tidak sepakat dengan anjuran orang tua. Saya juga sempat menolak beberapa tawaran pekerjaan dari berbagai perusahaan dan memilih untuk menjadi seorang enterpreneur ini.

Bisa dijelaskan tentang apa itu Orysu dan produk apa saja yang Anda tawarkan?

Orysu merupakan sebuah bisnis atau perusahaan konveksi di kota Surabaya. Konveksi yang kami kelola ini melayani berbagai produksi kaos, seragam, jaket, tas, topi dan lain sebagainya. Kami membangun usaha ini juga dalam bentuk dukungan untuk memfasilitasi dan mendampingi UMKM/wirausaha muda(youth entrepreneur) yang saat ini sudah sangat banyak bermunculan.

Saya mulai membangun usaha ini ketika saya melihat potensi pasar/permintaan pembuatan jaket kampus yang terus berlangsung atau continou setiap tahunnya. Hal itu yang saya anggap sebagai peluang yang cukup besar. Sehingga saya ingin memunculkan sebuah usaha yang mampu melayani atau memfasilitasi kebutuhan tersebut dengan memberikan layanan jasa produksi yang modern. Salah satu bentuk layanan online ini yaitu berupa produksi hingga transaksi yang dilakukan secara online.

Lalu bagaimana cara Anda dalam memasarkan produk yang Anda hasilkan ini?

Untuk memasarkan produk di Orysu ini sendiri, saya melakukannya via online dengan website, blog, dan SEO. Bukan hanya promosi via online saja, namun kami tetap menggunakan sistem networking dan promotions tools untuk promosi offlinenya, seperti brosur, kartu nama, seminar dan lain sebagainya.

Berbicara tentang harga dan kualitas, bagaimana cara Anda menyeimbangkan antara harga produk dan kualitas yang dihasilkan?

Kami lebih ke based on customer needs. Kami menyediakan harga murah untuk kelas promosi dan harga yang sedikit lebih tinggi untuk kualitas yang tinggi juga.

Layanan pelanggan yang ramah dan jujur adalah salah satu cara yang kami gunakan untuk membedakan Orysu dengan bisnis lain yang memiliki konsep serupa. CS konveksi yang kami miliki semuanya adalah sadar online, maksudnya adalah kami siap melayani dari mulai dealing pelunasan via online atau via transfer. Update progress pekerjaan, layanan pengiriman ke ekspedisi/ke pelanggan langsung dalam kota yang masih dalam radius sekitar 5 km dari lokasi produksi kami, adalah cara yang kami gunakan untuk bisa membuat pelanggan senang ketika bertransaksi dengan kami.

Jika boleh tahu, prestasi apa saja yang kira – kira sudah pernah diraih oleh Orysu sendiri Pak?

Prestasi terbesar menurut kami adalah saat kami mendapatkan order besar yang datang dari seluruh dinas di sebuah Kabupaten dan juga dari luar negeri. Kami juga pernah masuk dalam kategori finalis wirausaha muda mandiri regional Jawa Timur.

Saya juga pernah mendapatkan seroang customer yang berasal dari luar pulau. Kami belum bertemu sebelumnya, dan dulunya masih staff. Sampai akhirnya ketika bertemu dan pindah di Surabaya, beliau telah menjadi kepala cabang area/region dan menghubungi saya jika akan order lagi. Itu menjadi salah satu pengalaman paling berkesan ketika saya bertemu dengan pelanggan – pelanggan saya.

Lalu sekarang bagaimana jika Anda harus melihat dan menilai ruang lingkup market yang ada?

Saya lihat pasar saat ini sudah semakin crowded, ini membuat saya mencoba untuk terus mengarahkan order ke luar pulau dengan tetap menjaga loyal customer.

Menjadi seorang pengusaha sukses, apakah Bapak memiliki seseorang yang menjadi motivator Anda dalam mengembangkan usaha yang Anda jalani?

Saya memiliki 2 orang tokoh yang membuat saya paling termotivasi dengan quote mereka yang berbeda.

Yang pertama adalah Ir. Heppy Trenggono. Beliau berkata “Berbisnis itu harus punya skill, membela agama Tuhan, dan bukan asal jalan”

Dan yang kedua adalah Danton Prabawanto. Beliau juga pernah berkata “Memilih menjadi wirausaha, berkaca pada yang masih tetap bekerja. Kalau ingin mengukur capaian perkembangan usaha”.

Dua orang diatas adalah yang paling memotivasi saya dalam berkembang membesarkan bisnis ini.

Wah, lalu adakah saran yang bisa bapak share untuk para enterpreneur di luar sana?

Beranilah untuk memulai wirausaha sejak muda, agar yakin ketika memutuskan jalan hidup untuk tetap jadi pengusaha. Agar jadi pengusaha yang mencari ridho Allah yang tidak hanya kaya dan pujian manusia.

Terimakasih Banyak Pak, Semoga cerita yang bapak bagikan bisa bermanfaat untuk kita semua. Semoga Orysu terus dan semakin sukses ya Pak :)

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *