Running A Business

#PahlawanDigital: Dua Owner A&R Indonesia Berbagi Tentang Kisah Kegagalan Sebelum Sukses

 
  • 2
    Shares

   

Malang, 10 Agustus 2017 – Kegagalan masih dianggap momok menakutkan bagi seseorang entrepreneur. Akibatnya banyak yang enggan melanjutkan kembali bisnisnya ketika sudah terpuruk. Tapi justru kegagalan merupakan langkah awal untuk mencapai kesuksesan. Mark Zuckerberg, Steve Jobs dan Bill Gates adalah deretan entrepreneur yang dikenal mengalami banyak kegagalan sebelum menuai sukses seperti saat ini.

Menurut Bloomberg, delapan dari 10 entrepreneur yang baru memulai bisnisnya selama 18 bulan akan menemukan kegagalan. Sehingga dapat disimpulkan, kegagalan merupakan hal yang akrab dengan seorang entrepreneur.

Pemilik A&R Indonesia dan Walrus Indonesia, Sheilla Alexander dan Anthony Jaya Putra mengungkapkan sebuah bisnis akan menghadapi rintangan berat selama perjalanannya.    Perjalanan bisnis Anthony dan Sheilla tak selalu berjalan mulus. Bisnis garmen yang dijalankan keduanya sejak 2011 nyaris mengalami kebangkrutan karena masalah ekonomi pada 2014. Tapi berkat efesiensi yang dilakukan oleh kedua dan serangkaian langkah strategis, bisnis garmennya moncer hingga detik ini.

“Saya percaya bahwa orang tersukses di dunia pasti pernah gagal. Sebab seorang yang sukses adalah orang yang tidak mudah puas, tidak akan berhenti bila hanya mencapai bukit yang rendah. Dia pasti akan mencari puncak-puncak gunung lain yang lebih tinggi,” menurut Anthony.

Sedangkan Sheilla berujar, “Saya merasa kegagalan adalah salah satu pemicu seseorang untuk terus maju dan berkembang menjadi lebih baik. Kegagalan adalah pengetahuan dalam berbisnis, seperti misalnya kalau tidak hati-hati waktu bersepeda nanti bisa jatuh dan jatuh itu sakit.”

Untuk bangkit dari kegagalan memang membutuhkan waktu. Tapi hal tersebut bukanlah sesuatu yang sulit jika dilakukan dengan penuh tekad dan keyakinan.

“Berpikir positif dan simpel. Saat perusahaan belum ternama dan menjadi brand termuka, kegagalan bukanlah harga yang sangat mahal sehingga kita tidak bisa membayarnya. Saya anggap hal ini sebagai uang sekolah sehingga nanti saat sudah besar, kita tidak mengulang hal ini lagi. Seperti orang pada bilang, mending salah waktu masih kecil, kalau sudah dewasa, malunya akan parah dan tentunya harga yang harus dibayar pastilah jauh lebih mahal,” Anthony menyarankan.

Sheila menyarankan kepada anak muda yang ingin terjun ke dunia bisnis untuk tidak takut dalam menjalankan bisnisnya. Mereka dituntut untuk berkaca dari banyak pebisnis lain yang

“Semua orang pasti dihadapi oleh masalah, kegagalan adalah salah satu masalah dalam berbisnis. Kadang mungkin pada saat orang dihadapi oleh kegagalan, dia akan berpikir dunianya sudah berakhir, padahal kalo kita melihat gambaran lebih besar, banyak pebisnis besar yang juga mengalami kegagalan. Kita semua tahu, tidak ada manusia yang sempurna. Dengan kegagalan itu, justru kita dapat kesempatan untuk mengupdate dan merubah diri kita menjadi lebih baik,” tutur wanita yang terjun ke dunia garmen pada 2015 silam ini.

Teman kegagalan ini menjadi pembahasan utama roadshow #PahlawanDigital ke-9 yang dilaksanakan di Ngalup Coworking Space, Dengan mengambil tema Failure is Good, Success is Better diharapkan anak muda kota Malang dapat belajar untuk menjadi entrepreneur yang bermental baja.

Tentang Pahlawan Digital

#PahlawanDigital adalah program yang diinisiasi oleh Jagoan Hosting berkolaborasi didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Program ini merupakan program kolaborasi yang menjembatani anak muda dan UMKM yang belum Go Online untuk melakukan re-packaging dan re-branding produk UMKM lokal agar dapat bersaing di pasar Internasional. #PahlawanDigital terdiri dari tiga rangkaian acara yaitu Roadshow, Breakout dan Online Course. #PahlawanDigital dimulai di kota Malang dan dilanjutkan ke Surabaya. Informasi tentang #PahlawanDigital dapat diakses melalui website www.pahlawandigital.com.

Tentang Jagoan Hosting

Jagoan Hosting Indonesia merupakan bagian dari PT Beon Intermedia, perusahaan yang bergerak di bidang penyedia layanan web hosting di Indonesia yang mengedepankan layanan paling jago namun tetap dengan harga web hosting murah. Selama sepuluh tahun lebih, Jagoan Hosting Indonesia membantu dan memudahkan masyarakat Indonesia untuk Go online. Sebanyak lebih dari 25.000 account domain dan hosting telah mempercayakan pelayanannya. Jagoan Hosting Indonesia juga telah banyak bekerja sama dengan berbagai partner bisnis internasional seperti Google dan Verisign.


  • 2
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *