e-Marketing & Sales Sosial Media Strategi Bisnis

Seputar Paid Promote yang Pebisnis Online Wajib Tahu

 

Loading...

Bagi para pelaku bisnis online, mungkin sudah sering melihat atau mendengar istilah paid promote dalam dunia digital marketing. Namun sebenarnya, apa maksud dari istilah tersebut? Seperti apa cara kerjanya? Apakah jasa tersebut dapat diartikan sebagai endorsement?

Kali ini, Mebiso akan merangkum secara singkat namun padat seputar paid promote. Pastikan Anda membaca artikel berikut sampai habis!

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan paid promote?

paid promote

Secara sederhana, paid promote diartikan sebagai promosi berbayar. Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan sebuah brand ke pasar yang lebih luas secara online, sehingga meningkatkan traffic dari brand tersebut. Promosi ini dilakukan dengan sistem berbayar.

Cara kerja dari promosi berbayar yaitu dengan meminta sebuah akun media sosial yang memiliki pengaruh besar untuk melakukan promosi brand Anda di social media page mereka.

Tarif promosinya pun bisa berbeda-beda tiap akun. Apabila Anda menjalin kerja sama promosi berbayar dengan akun yang memiliki followers banyak, ini dapat menjadi peluang meningkatnya traffic akun media sosial Anda. Akan lebih banyak orang yang kenal produk Anda, begitu pula yang tertarik untuk mencoba produk Anda. Namun Anda perlu membayar lebih tinggi untuk itu.

Namun, bukan berarti promosi berbayar juga tidak bisa dilakukan dengan micro account. Anda tetap bisa bekerja sama dengan micro account untuk mempromosikan brand Anda, asal target viewers yang dimiliki tetap selaras dengan bisnis Anda.

Untuk itu, sangat penting untuk melakukan analisa terlebih dahulu sebelum memilih partner untuk menggunakan jasa promosi ini. Anda harus cari tahu apakah pasar akun tersebut sesuai dengan pasar yang ingin Anda raih atau tidak.

Misalnya saja Anda menjual alat masak di dapur, namun Anda memilih akun yang memiliki pengaruh di bidang kesehatan untuk diajak berkolaborasi dalam promosi. Hal ini mungkin saja tidak akan membuahkan hasil, bahkan tidak menjual apapun. Sebab target pasarnya tidak sesuai dengan bisnis Anda.

Sebenarnya, kegiatan promosi berbayar ini tidak hanya dilakukan di Instagram saja, namun banyak juga dapat dilakukan di media sosial lain seoerti Facebook, Twitter, TikTok, atau Youtube. Namun karena pengguna Instagram yang masif, maka dianggap menjadi platform yang potensial untuk melakukan sistem promosi ini.

Cara kerja jasa promosi berbayar

paid promote
Sumber: https://www.freepik.com/

Sebelumnya kita sudah menyinggung sedikit bagaimana cara kerja promosi berbayar. Namun di poin ini, kami akan menjelaskan lebih dalam.

Sistem promosi berbayar ini dilakukan dengan cara mengunggah konten foto atau video yang sudah disiapkan untuk mempengaruhi followers agar mengenal dan mengikuti bisnis yang dipromosikan.

Itulah mengapa Anda perlu mengetahui dengan baik bidang dan target pasar seperti apa yang ingin Anda raih, sehingga Anda dapat memilih akun yang memiliki pengaruh besar pada bidang tersebut. Kepopuleran sebuah akun tentunya akan berpengaruh pada penjualan brand Anda.

Jasa promosi berbayar ini umumnya mematok harga mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah, tergantung dengan seberapa banyak followers dan seberapa populer akun yang diajak bekerja sama tersebut.

Anda mungkin sering melihat akun dengan jumlah followers ratusan ribu hingga jutaan kerapkali mengadakan jasa PP ini untuk membantu mempromosikan bisnis lain.

Keunggulan menggunakan jasa promosi berbayar

paid promote
Sumber: https://unsplash.com/

Jika dibandingkan dengan menggunakan jasa influencer, tarif dari jasa PP sebenarnya lebih terjangkau. Jika Anda lebih tertarik berkolaborasi dengan influencer, coba baca artikel berikut sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan influencer.

Begitu pula jika Anda menggunakan jasa Instagram Ads, jasa promosi berbayar ini cenderung lebih murah. Apabila Anda sedang meniti karir dalam bisnis, cara pemasaran ini mungkin bisa Anda jadikan opsi.

Dengan biaya yang murah, Anda tetap bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Apalagi jika target pasar Anda dengan akun tersebut sudah selaras, ini tidak hanya dapat meningkatkan traffic akun bisnis Anda, namun juga meningkatkan penjualan.

Buat Anda yang mau intip strategi marketing Instagram, bisa lihat di sini.

Tata cara menggunakan jasa promosi berbayar

Setelah mengetahui serba-serbi paid promote, kini kami akan membahas bagaimana cara menggunakan jasa tersebut. Cukup mudah sebenarnya, hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu menganalisa akun-akun mana saja yang memiliki karakteristik yang sesuai dengan bisnis Anda.

Anda perlu mempertimbangkan hal-hal berikut:

  • Jumlah followers yang dimiliki akun tersebut
  • Seberapa sering melakukan posting
  • Apakah akun tersebut memiliki engagement yang bagus?
  • Apakah konten yang diunggah relevan dengan bisnis Anda?
  • Keaslian followers (aktif atau tidak)

Apabila Anda sudah menemukan akun-akun potensial yang sesuai dengan karakter penjualan Anda, Anda tinggal mengirimkan pesan melalui Direct Message atau e-mail untuk mengajukan permintaan kolaborasi promosi berbayar dengan mereka.

Kemudian Anda hanya perlu menunggu konten foto atau video yang Anda siapkan diunggah oleh akun tersebut. Lihat seberapa berpengaruhnya kegiatan promosi berbayar ini dalam menaikkan traffic media sosial dan penjualan produk Anda!

Nah, seperti itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui seputar promosi berbayar. Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan paid promote dan endorsement, silakan tinggalkan komentar di bawah. Semoga artikel ini membantu!

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *