Running A Business

Ingin Menjadi Pebisnis Kreatif? Lakukan Hal Ini, Yuk!

 

Pebisnis Kreatif – Menjalani bisnis di tengah perkembangan teknologi yang pesat seperti saat ini, memacu diri kita untuk harus terus kreatif atas ide dan inovasi baru. Terutama bagi Anda para pebisnis kreatif.

Nyatanya, untuk bertahan dan berkembang dalam bisnis kreatif yang Anda jalankan, terdapat beberapa hal dasar yang pelu dipahami dan dilakukan. Lantas, apa sajakah? Ini ulasannya!

Sebagai pebisnis kreatif, buatlah deeadline untuk diri sendiri

Dalam mencari dan membangun ide kreatif, tak jarang sebagian orang membutuhkan waktu yang lama melakukannya. Akibatnya, tanggung jawab Anda yang lain bisa malah terabaikan.

Oleh karenanya, cobalah menetapkan tenggat waktu untuk diri Anda sendiri. Menjadi kreatif harus diiringi dengan sebuah deadline pekerjaan. Ini akan membantu Anda lebih disiplin sebagai pebisnis kreatif dan seorang pemimpin.

Coba buat kegiatan selingan baru

Untuk meningkatkan sebuah produktifitas pelaku usaha, Anda bisa mencoba membuat sejumlah program kerja baru. Kegiatan ini lebih tepatnya ditujukan untuk lebih memacu keinginan pelaku usaha untuk lebih kreatif dan produktif dalam menciptakan inovasi dan ide hebat untuk bisnisnya.

Kegiatan selingan ini bisa berupa webinar, diskusi grup atau komunitas, siaran langsung Instagram, dan lainnya. Selain memunculkan ide-ide baru, kegiatan ini juga membantu Anda membangun jaringan yang lebih luas.

Sebagai pebisnis kreatif, And ajuga bisa memanfaatkan feedback

Bisnis kreatif tentunya tak lepas dari kritik dan saran. Hal ini bermanfaat bagi Anda untuk melakukan evaluasi atas kualitas produk atau jasa yang ditawarkan.

Jangan terburu untuk menanggapi kritik sebagai sebuah ejekan yang menjatuhkan. Jika terdapat kesalahan atau ketidakcocokan, feedback inilah yang akan membantu Anda dalam meningkatkan kreativitas membangun bisnis. Perlu diingat, kreativitas bisa diciptakan dari berbagai macam kritik dan saran orang banyak.

Evaluasi, evaluasi, evaluasi!

Menjadi seorang pebisnis kreatif, Anda dituntut untuk bisa menciptakan banyak inovasi dan ide baru yang akan mengembangkan bisnis. Oleh karena itu, biasakanlah melakukan evaluasi terhadap perkembangan bisnisnya setiap bulan.

Evaluasi ini dilakukan dengan menyesuaikan hasil kerja dan dengan fokus utama yang Anda miliki. Dengan demikian, Anda bisa mengidentifikasi ide mana yang berhasil dan mana yang tidak.

Menjadi pebisnis kreatif yang sukses butuh waktu dan proses yang panjang. Tetaplah semangat untuk menjalani prosesnya ya!
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *