Leadership

Pelajaran Singkat dalam Mengasah Keterampilan Baru

 

Loading...

Setiap orang pasti memiliki keterampilan yang membuatnya selalu terlihat aktif dan bahkan berbeda dari yang lainnya. Keterampilan atau yang biasa disebut dengan passion ini biasanya dapat membuat orang lain dapat selalu terllihat ahli pada bidangnya. Beberapa orang akan dengan mudah menemukan apa keterampilan atau passion mereka, bahkan sebelum mereka berada di perguruan tinggi. Namun tidak sedikit yang harus berjuang menemukan dan memaksa diri mereka mencari apa yang sebenarnya membuat mereka tampak ahli. Bahkan ada yang sudah menjalani keterampilan mereka dan ditengah  – tengah mereka akan memiliki keterampilan yang baru. Lalu bagaimana menjalani keterampilan baru ini? Berikut ini tipsnya:

1. Anda perlu motivasi

Jika Anda telah nyaman melakoni keterampilan yang Anda miliki saat ini, jangan terlalu bersenang hati. Karena bisa saja tiba – tiba Anda akan dihadapkan pada suatu kondisi yang memaksa Anda untuk memiliki keterampilan di luar yang biasa Anda kerjakan. Namun tentu tidaklah mudah melakoni keterampilan yang baru Anda miliki ini. Maka dari itu seorang yang baru menemukan keahlian atau mendapatkan keahlian barunya harus mendapatkan motivasi yang besar. Karena biasanya jika mereka merasa tidak mendapatkan dukungan, maka mereka akan mudah untuk menyerah.

2. Anda butuh pengetahuan untuk meningkatkannya

Jika Anda sudah yakin bahwa itu adalah keterampilan yang baru Anda temui dan baru Anda lakoni, maka Anda juga harus belajar dan mencari tahu cara untuk meningkatkan keterampilan tersebut. Karena setiap apa yang kita kerjakan tentu ingin berdampak sesuatu terhadap hidup kita. Kita memerlukan pengetahuan tentang bagaimana cara untuk meningkatkan keterampilan tersebut.

Daniel Kahneman, seorang psikolog pemenang Nobel dan penulis “Thinking Fast and Slow”, mengatakan, “… penguasaan keterampilan memerlukan lingkungan yang teratur, kesempatan yang memadai untuk berlatih, dan umpan balik yang cepat dan tegas tentang kebenaran pikiran dan tindakan.”

3. Anda perlu pemahaman tentang bagaimana menerapkan pengetahuan yang Anda miliki

Setiap keterampilan yang dimiliki oleh seseorang tentu memiliki teknik kunci yang dapat membuatnya sukses. Namun untuk dapat melakukan itu secara konsisten dan mengubah pengetahuan menjadi sebuah keterampilan, seseorang harus terus berlatih. Seseorang harus tahu apa yang mereka pelajari dan apa yang harus mereka terapkan dalam setiap keterampilan yang mereka miliki. Ketika kita mempelajari sesuatu dan berlatih secara konsisten dan terus  menerus, maka otak kita secara tidak langsung akan membuat kita terbiasa melakukan hal tersebut dan menjadikannya sebuah keterampilan yang kita miliki saat ini.

4. Anda perlu memiliki kemampuan untuk mengevaluasinya

Selain itu Anda juga harus tahu tentang bagaimana caranya untuk mengevaluasi apa yang Anda lakukan selama ini. Anda harus tahu apakah cara Anda telah benar dan menghasilkan sesuatu bagi diri Anda. Evaluasi setiap kegiatan yang Anda lakukan untuk mendapatkan perbaikan terhadap kegiatan yang Anda lakukan. Jangan remehkan setiap kesalahan kecil yang pernah Anda lakukan. Ini bukan berarti Anda tidak boleh salah, tapi lebih untuk mengevaluasi dan mengatasi agar tidak terjadi di lain waktu.

Sumber: inc.com

Selamat mencoba :)

Baca juga:

Kontrol Emosi Anda saat Bekerja di Kantor dengan Cara Ini

10 Trik Manajemen Waktu untuk Bekerja Lebih Produktif (Bagian I)

7 Tips Memandu Tim Menuju Sebuah Perubahan

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *