Running A Business

Pelanggan Bisnis Bukanlah Raja! Ini Saat Tepat Merelakannya

 

Pelanggan Bisnis – “Pelanggan adalah raja” nyatanya tak harus berlaku bagi semua jenis dan proses bisnis yang Anda jalankan. Banyak jenis dan maksud dari pelanggan bisnis menghampiri kita dan mencari solusi. Namun, tidak sedikit dari mereka yang hanya ingin main-main atau bahkan mencoba untuk menjatuhkan kita di tengah persaingan bisnis. Benar memang pelanggan harus selalu dilayani dengan segenap kemampuan kita, agar mereka tetap menjadi pelanggan kita. Namun, tidak ada salahnya ketika Anda memutuskan untuk melepaskan klien atau pelanggan. Ini ulasannya!

Pelanggan bisnis yang menyusahkan

Ada berbagai tipe pelanggan. Mulai dari yang paling potensial, ramah, hingga menyusahkan. Anda bisa mulai menyeleksi pelanggan – pelanggan Anda masuk ke tipe yang mana. Ini akan membantu Anda dalam menangani dan menanggapi mereka. Ketika Anda memiliki pelanggan potensial tapi mereka selalu dan terus menyusahkan Anda, maka tidak ada salahnya Anda melepaskan mereka dan berpindah melayani pelanggan yang benar – benar potensial bagi Anda.

Relakan pelanggan bisnis jika mereka mulai kasar kepada Anda dan karyawan

Ketika pelanggan Anda mulai bersikap kasar terhadap Anda maupun karyawan Anda, itu sudah menjadi sinyal merah untuk melepas pelanggan tersebut. Tidak ada alasan sekalipun bisnis Anda melakukan kesalahan dan membuat pelanggan bersikap kasar. Jika Anda menerima perlakuan seperti ini, bisa jadi ini saatnya Anda melepaskan pelanggan Anda.

Mereka tidak kooperatif

Ada banyak hal yang membuat Anda jengkel atau bahkan marah ketika berhadapan dengan pelanggan. Bisa saja karena pelanggan Anda sering terlambat membayar tagihan, bahkan setelah berkali – kali diingatkan dan mendapatkan teguran berupa denda keterlambatan. Bisa juga karena pelanggan Anda selalu meminta sesuatu yang lebih atau ekstra dari apa yang sudah diberikan. Ini bisa menjadi alasan Anda memecat pelanggan Anda. Memang benar pelanggan adalah hal yang paling berharga bagi sebuah bisnis, tapi tidak dengan mereka yang menyusahkan Anda selalu. Dan pada kenyataannya Anda patut dan berhak memecat pelanggan. Lakukan dengan bijak dan sopan, beri pelanggan pennjelasan dan pengertian mengapa Anda melakukan ini.

Itu dia 3 alasan yang tepat untuk melepas pelanggan. Jika Anda menemukan pelanggan dengan salah satu atau bahkan ketiga tanda ini, sudah saatnya Anda melepas mereka.
(dok. Pexels)

Baca juga:

Hindari Ini Agar Kesuksesan Bisnis Anda Tak Terhambat!

Hadapi Keluhan Pelanggan dengan 3 Trik Ini!

Sikap Melayani Pelanggan Secara Online yang Wajib Diperhatikan


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *