Running A Business

Hindari Pelayanan Buruk Ini saat Menghadapi Pelanggan

 

Pelayanan Buruk – Bagaimana Anda melayani pelanggan? Dengan mendengarkan mereka? Dengan memberikan janji kepada mereka? Atau dengan selalu memanjakan mereka? Tidak ada yang salah dari cara itu. Namun, nyatanya ada sejumlah hal yang bisa dianggap sebagai pelayanan buruk, lho. Oleh karena itu setiap perusahaan harus tahu hal ini agar tak salah dalam melayani pelanggan. Ini ulasan lengkapnya!

Pelayanan buruk berawal dari kurangnya akomodasi kebutuhan pelanggan

Anda pasti sadar bahwa melayani pelanggan bukanlah hal yang mudah. Mendengarkan setiap permintaan dan kebutuhan mereka tentu tidaklah mudah. Anda juga tidak bisa memastikan bahwa segala kebutuhan pelanggan dapat Anda penuhi dengan cepat. Tapi ini bukan berarti Anda tidak mau mendengarkan atau bahkan mengabaikan permintaan pelanggan. Anda bisa mengakomodasi setiap permintaan pelanggan. Meskipun banyak dan tidak mungkin, pelanggan akan tetap menjadi brand ambassador potensial bagi bisnis Anda.

Tidak mendengarkan pelanggan adalah salah satu pelayanan buruk

Seorang pelanggan yang datang pada bisnis Anda tentu menginginkan sebuah solusi dari masalah yang mereka miliki. Ketika mereka bercerita dan mengeluhkan sebuah masalah maka tugas Anda adalah mendengarkan mereka dengan baik dan memperhatikan setiap detail kebutuhan mereka. Jangan pernah sekalipun menyela ucapan mereka. Dengarkan dan perhatikan saja apa yang mereka ingin sampaikan. Setelah Anda mendengarkan dengan baik, Anda bisa dengan mudah menawarkan solusi kepada mereka.

Kurangnya kepercayaan yang dibangun

Anda memang harus terus memberikan pelayanan terbaik mulai dari mendengar hingga memenuhi janji kepada pelanggan Anda. Banyak cara yang dapat Anda lakukan dalam upaya membangun kepercayaan bagi pelanggan Anda. Ketika Anda mampu memberikan apa yang pelanggan inginkan dan terus memberikan pelayanan terbaik, secara otomatis pelanggan akan mempercayai apa yang Anda tawarkan.

Mengenyahkan nilai perusahaan

Untuk memastikan bahwa sebuah perusahaan akan bertahan lama di pasaran, Anda harus bisa menghidupkan nilai perusahaan. Salah satu caranya yaitu melalui pelayanan kepada pelanggan. Anda dapat menunjukkan apa dan bagaimana bisnis Anda melalui tata cara dan teknik Anda dalam melayani pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka. Setiap karyawan yang dimiliki harus tahu cara ini, karena tidak menutup kemungkinan mereka akan bertemu dengan salah satu pelanggan Anda di luar sana.

Demikian hal yang perlu Anda hindari agar tidak salah dalam memberikan pelayanan pada pelanggan. Jika Anda masih melakukan kesalahan ini, mulailah evaluasi dan melakukan perbaikan segera!
(dok. Pexels)

Baca juga:

Trik Mendapat Rating Bagus untuk Pelayanan Bisnis Anda

Hindari Ini Agar Kesuksesan Bisnis Anda Tak Terhambat!

Hadapi Keluhan Pelanggan dengan 3 Trik Ini!


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *