Running A Business Tips Bisnis

Tingkatkan Peluang Bisnis Toko Bayi dengan Tips Ini!

 

Peluang bisnis toko bayi – Siapa bilang peluang bisnis toko bayi tidak memiliki harapan di era new normal? Nyatanya, kebutuhan akan produk-produk perlengkapan bayi masih ada hingga saat ini.

Meski begitu, tetap dibutuhkan strategi yang tepat dalam membangun bisnis toko bayi. Menjalankan bisnis toko bayi pun akan menjadi usaha yang menguntungkan jika bisnisnya dikelola dengan baik. Belum lagi jika Anda mahir dalam pemasaran dan memiliki berbagai persediaan untuk barang-barang berkualitas, maka Anda akan dapat menjalankan bisnis ini dengan cukup baik.

Lantas, apa saja hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan peluang bisnis toko bayi? Simak tipsnya berikut ini!

Peluang bisnis toko bayi meningkat jika produk lebih lengkap

perbanyak variasi produk, ukuran, dan warna
Sumber: Jordan Nix di Unsplash

Variasi produk nyatanya cukup memberi pengaruh besar dalam bisnis toko bayi yang Anda jalani. Sebab, dalam memilih produk perawatan bayi kemungkinan besar para orang tua tidak hanya membeli satu jenis produk saja. Mereka cenderung suka membeli produk dengan fungsi yang berbeda guna melengkapi kebutuhan perlengkapan bayi di rumah.

Untuk itu, ketahui lebih banyak produk yang dibutuhkan sebagian besar calon konsumen. Anda bisa mengunjungi toko perawatan bayi lain dan mencari produk apa yang stoknya lebih cepas habis. Sebab, dengan kata lain, pembelian pada kategori produk tersebut dapat terbilang cukup tinggi.

Anda dapat menyetok variasi produk yang tidak hanya berfokus pada pakaian bayi saja, melainkan juga menyediakan kebutuhan lain seperti pakaian, mainan, furnitur, dan barang-barang lain yang dibutuhkan anak-anak dan orang tua. Bahkan, Anda juga bisa menyediakan produk pakaian bersalin supaya dapat menyasar berbagai target usia.

Ikuti tren dan selera terkini untuk mengembangkan peluang bisnis toko bayi

Tentunya Anda sudah memiliki target pasar tertentu, sehingga pastikan Anda juga telah memahami bagaimana karakteristik pasar tersebut. Baik mulai dari daya beli, gaya hidup, hingga selera fashion mereka. Sebab, hal ini sangat penting untuk menentukan branding bisnis produk bayi Anda serta menentukan macam produk apa saja yang dijual nantinya.

Meski untuk bayi, nyatanya produk perawatan bayi juga terus berkembang variasinya. Hal ini didorong oleh kebutuhan dan inovasi saat ini.

Anda bisa mulai menyediakan variasi produk seperti peralatan makan berbahan silikon anti jatuh, bangku makan, alat pelindung diri new normal khusus bayi, dan produk bayi lainnya yang semakin inovatif. Dengan begitu, toko Anda akan lebih menonjol dibandingkan toko lainnya.

Jangan remehkan proses Anda saat menjual produk

Dalam meluncurkan produk bisnis Anda, Anda bisa memanfaatkan berbagai platform mulai dari beberapa marketplace, atau media sosial seperti Instagram, Whatsapp dan Facebook. Untuk itu, Anda perlu memerhatikan beberapa detil dalam menjual produk mulai dari foto, deksripsi dan promosi.

Jika tidak memiliki peralatan canggih untuk memfoto produk, Anda dapat memanfaatkan foto di luar ruangan dengan cahaya matahari. Karena yang terpenting adalah foto produk dapat terlihat jelas bagi calon konsumen.

Selain itu, deskripsikan pula produk dengan detil dan lengkap. Lengkapi deskripsinya dengan detil mengenai bahan produk, ukuran yang tersedia, warna, motif, hingga keamanan dan kesehatan dari pemakaian produk. Anda juga bisa menyertakan perkiraan ukuran panjang dan berat bayi untuk setiap produk. Hal ini cukup penting, karena dengan mencantumkan deskripsi yang lengkap, Anda dapat menurunkan risiko komplain dari pembeli perihal ketidaksesuaian produk.

Jangan lupa juga untuk menunjangnya dengan promosi baik offline maupun online. Sehingga, bisa mempunyai peluang yang lebih baik untuk sukses.

Perkuat relasi dengan pelanggan dengan perbanyak feedback

Beri respon baik pada pelanggan
Sumber: Blake Wisz di Unsplash

Begitu selesai melakukan transaksi ataupun pengiriman barang kepada konsumen, sebaiknya jangan tinggalkan begitu saja. Usahakan untuk perkuat relasi dengan konsumen supaya mereka lebih puas dan ingin kembali membeli produk Anda.

Anda dapat meminta pembeli untuk memberikan ulasan atau review terhadap produk Anda melalui media sosial atau marketplace tempat mereka membeli produk tersebut. Anda juga dapat memberikan feedback berupa penilaian serta komentar terhadap ulasan pembeli.

Berikan penilaian positif serta ucapan terima kasih kepada pembeli yang telah berhasil bertransaksi di toko Anda. Dengan memberi respon positif, maka terciptalah relasi yang baik antara Anda dan konsumen. Tentunya, berpengaruh juga pada bisnis toko bayi Anda.

Demikianlah tips meningkatkan peluang bisnis toko bayi bagi Anda yang menjalaninya. Jangan panik, karena meski dalam masa new normal pun, Anda dapat memanfaatkan berbagai celah untuk meningkatkan peluang bisnis. Jangan lupa baca artikel Mebiso lainnya juga ya!

Sumber gambar: Jomjakkapat Parrueng di Unsplash

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *