Start A Business

Peluang itu Datangnya dari Masalah

 
  • 11
    Shares

   

Tidak ada kehidupan manusia yang terlepas dari masalah. Hampir setiap orang akan menjumpai permasalahan di setiap kegiatan atau aktivitas mereka. Masalah yang muncul bisa di pekerjaan, sekolah ataupun lingkungan tempat tinggal. Tentu saja kita akan segera berfikir dan mencari cara agar bisa menyelesaikan masalah yang kita hadapi.

Masalah yang muncul di sekitar kita ternyata tidak hanya memberikan dampak buruk bagi diri kita dan orang lain. Bahkan sebuah masalah bisa menjadi peluang yang baik jika kita bisa melihatnya dari berbagai sudut pandang. Yang perlu kita lakukan adalah berfikir terbuka terhadap setiap permasalah yang muncul di lingkungan sekitar kita dan melihat sisi positif untuk bisa membuatnya menjadi sebuah peluang.

Berbicara tentang peluang dalam bisnis, peluang yang diperoleh oleh seorang pebisnis tidak jauh – jauh dari sebuah masalah. Mengapa demikian? Karena mereka biasanya akan mulai melihat dan mengidentifikasi setiap permasalahan yang muncul di lingkungan sekitar diri mereka, lalu kemudian berfikir untuk bisa menjadi bagian dari solusi masalah tersebut.

Banyak masalah yang muncul dijadikan sebagai peluang usaha bagi sebagian besar orang. Orang – orang inilah yang bukan hanya mampu berfikir secara terbuka tapi juga mau menjadi bagian dari sebuah perubahan di masyarakat. Karena tidak semua yang sadar akan adalah masalah mau mencari peluang di dalamnya.

Contohnya saja, ketika para desainer di Indonesia sudah semakin banyak jumlahnya dan mereka cenderung lebih banyak yang tidak mau atau masih ragu untuk menunjukkan di sebuah pameran besar, Benny Fajarai menciptakan sebuah peluang dari masalah tersebut. Sebuah wadah yang membuat para desainer saat ini mampu menunjukkan bakat mereka ke seluruh dunia melalui media yang disebut Kreavi.

Contoh lainnya, Kibar bersama Pemkot Surabaya dan beberapa pendukung lainnya baru – baru ini resmi meluncurkan sebuah program yang akan membantu para statup – startup muda untuk bisa berkembang dan berhasil di masyarakat, yang disebut dengan START SURABAYA. Ini juga berawal dari sebuah masalah yang selama ini belum disaadari. Yaitu ketidakberanian para muda mudi terutama di Surabaya untuk menunjukkan startup yang mereka bangun. Mereka cenderung merasa kurang PD atau bahkan tidak memiliki modal sehingga bingung harus memulai startup darimana. Dan Yansen Kamto selau CEO Kibar menemukan solusinya.

Dan contoh selanjutnya adalah sebuah solusi bagi dunia bisnis online yang sangat dinanti – nanti oleh banyak kalangan. Di zaman yang serba cepat dan mudah sepetri sekarang ini, bisnis online juga menjadi solusi dari bisnis yang mudah dijalankan oleh siapapun. Danton Prabawanto adalah salah seorang yang sangat berperan penting dan mendukung pertumbuhan bisnis online di Indonesia. Melalui Beon.co.id, Manager GBG Surabaya ini memfasilitasi dan menjadi partner bagi bisnis online di Indonesia. Setiap bisnis online selalu didukungnya untuk berkembang, baik dari website bisnis online sampai dengan hosting yang khusus ia sediakan untuk para pebisnis online.

Nah, dari sini kita sudah mulai mengerti bahwa setiap pemasalahan yang ada di masyarakat bisa menjadi sebuah peluang baik untuk bisnis ataupun untuk yang lainnya. Semua tergantung dari bagaimana seseorang melihat suatu masalah dan mencari solusi untuk masalah tersebut. Menjadi bermanfaat untuk orang lain akan lebih menyenangkan ketimbang hanya mencari keuntungan dari sebuah bisnis yang dimiliki.

Baca juga:

5 Peluang Bisnis yang Bisa Didapatkan dengan Google+ Hangouts on Air

9 Langkah Memecahkan Masalah dengan Lebih Efektif

Berikan Solusi Kepada Pelanggan dari Produk dan Layanan yang Anda Jual

           
  • 11
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *