Tips Bisnis

Pembukuan Praktis Berkat Software Akuntansi Gratis

 

Loading...

Software Akuntansi Gratis – Membuat pembukuan alias catatan keuangan bisnis selalu bikin pening? Kini, tak perlu lagi bingung mengerjakannya. Mudahkan pekerjaan Anda dengan berbagai software khusus akuntansi yang tidak berbayar alias gratis, berikut ini.

Pembukuan adalah hal yang penting dalam mengelola bisnis. Tak hanya sekadar mencatat keuangan bisnis, membuat pembukuan juga mempermudah kita untuk memahami proses yang telah dijalani. Kita juga dapat melihat capaian serta menentukan evaluasi untuk ke depannya.

Membuat pembukuan bisnis memang bisa menjadi agak rumit. Namun, Anda tak perlu pusing-pusing lagi. Kini telah hadir beragam software khusus akuntansi untuk memudahkan proses pembukuan. Pssst, software akuntansi ini banyak yang bisa dicoba secara gratis, lho!

Beberapa keuntungan software akuntansi gratis

Tak hanya menguntungkan dari segi biaya karena hemat, software akuntasi yang tak berbayar memiliki beberapa keuntungan bagi bisnis. Hmm, apa sajakah keuntungannya?

Pertama, jelas sekali bahwa dengan menggunakan software akuntansi, pekerjaan Anda jadi lebih mudah. Semuanya serba otomatis, Anda tidak perlu ribet-ribet menuliskan rumus akuntansi, Anda hanya perlu memasukkan data saja. Software kemudian akan mengerjakannya dengan sekali klik.

Kedua, Anda lebih efisien dalam perihal waktu. Pengerjaan pembukuan akan jadi lebih cepat, karena pengerjaan software membutuhkan waktu yang lebih singkat dibandingkan pengerjaan secara manual. Anda pun bisa menggunakan waktu luang untuk melakukan hal-hal penting lainnya.

Ketiga, pengerjaan dengan software akuntansi juga lebih akurat. Pengembang software tentunya memastikan bahwa produknya memiliki tingkat ketelitian yang tinggi. Pengerjaan secara manual sendiri lebih rawan tidak akurat, karena cara manual memang sangat melelahkan dan menyita banyak energi.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan software gratis untuk akuntansi bisnis. Ketika melihat berbagai keuntungan yang bisa didapat, sayang sekali jika kesempatan tersebut dilewatkan!

Inilah rekomendasi software akuntansi gratis yang bisa Anda coba

1. Software Akuntansi Sleekr

Salah satu software yang bisa Anda coba dengan gratis adalah Sleekr. Sleekr sendiri memiliki jargon sebagai software akuntansi andalan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Sleekr tersedia dalam berbagai versi, yakni website, IOS, dan Android. Anda pun bisa semakin mudah melakukan manajemen keuangan dari berbagai jenis gadget.

Sleekr sendiri memiliki beberapa fitur. Pertama, ada fitur kelola inventori gudang, di mana Anda bisa mendapatkan kemudahan untuk mengelola persediaan. Kedua, Anda bisa memantau untung/rugi dan laporan keuangan bisnis secara real time. Ketiga, Sleekr juga memiliki fitur rekonsiliasi bank, di mana Sleekr akan membantu Anda dalam mencocokkan transaksi.

2. SI APIK

Software akuntansi yang satu ini diluncurkan oleh Bank Indonesia, lho. SI APIK adalah software untuk pencatatan keuangan berbasis Android. Aplikasi SI APIK sendiri bisa diunduh lewat PlayStore secara gratis. SI APIK sendiri bertujuan untuk memudahkan pelaku UKM dari berbagai bidang industri dalam melakukan pencatatan keuangan.

3. Software Akuntasi SQL-Ledger

Software ini memiliki sistem double entry accounting. Salah satu fitur unggul dari software ini adalah kemudahan dalam mengelola invoice. Software ini tersedia dalam banyak pilihan bahasa, lho, termasuk juga bahasa Indonesia.

4. Manager

Manager adalah salah satu software yang memiliki fitur yang lengkap. Berbagai fitur akuntansi bisa Anda dapatkan, mulai dari billing and invoicing, bank reconciliation, stock and inventory, dan masih banyak lagi.

Keunggulan lainnya, Manager memungkinkan Anda untuk beralih offline. Anda tidak perlu takut kehilangan data ketika Anda kehilangan akses internet. Praktis sekali, bukan?

Penutup

Itulah beberapa rekomendasi software akuntansi yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma. Ketika suatu hal bisa membantu proses pengerjaan lebih efisien dan efektif, mengapa tidak dimanfaatkan?

Simak juga artikel-artikel lainnya terkait bisnis dan entrepreneurship hanya di Mebiso. Selamat berbisnis, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *