Interviews

Pengalaman Pribadi Membawa Bapak Sujana Sukses Bersama Kiosanakmuslim.com

 

   

Berawal dari keinginan untuk memberikan fasilitas bermain dan juga belajar yang bermanfaat untuk sang anak, Bapak Sujana(37) memulai bisnisnya dengan mendirikan sebuah toko online yang menjual berbagai macam mainan khusus untuk anak kecil. Dari yang awalnya berkecimpung selama 10 tahun di dunia IT sebagai seorang programmer, kini akhirnya Bapak Sujana memilih untuk menjalankan bisnis ini bersama dengan sang istri. Berkay ketekunan, kerja keras dan doa, Bapak Sujana sudah mampu memberangkatkan kedua orang tuanya pergi umroh. Nah, bagaimana kisah selengkapnya tentang owner Kiosanakmuslim.com ini? Ini dia:

Apa itu Kiosanakmuslim.com Pak?

Kiosanakmuslim merupakan sebuah toko online yang menjual produk mainan anak Muslim, seperti playpad muslim, al-quran digital dan lain-lainnya. Selain itu kita mulai merambah ke penjualan tas anak islami, baju anak islami yang saat ini dalam proses.

Latar Belakang awal berdirinya bisnis ini adalah karena saya ingin memberikan mainan yang religius dan bermanfaat kepada anak sendiri, dan saya sendiri susah mencari mainanan tersebut. Jadi saya selain memberikan fasilitas kepada anak saya, saya juga menjualnya.

Lalu bagaimana Bapak memasarkan produk di toko online ini?

Kita pasarkan melalui media web, sosial media dan yang terbanyak order adalah lewat Pin BB. Toko Online lebih cenderung untuk memajang produk dan detail produknya, untuk yang serious buyer hamper 90% melalui pin BB. Sampai saat ini produk yang paling banyak dipesan adalah Playpad Muslim, Apple Quran, ATM Mini, Al-Quran Digital. Penjualan paling jauh adalah ke kuala lumpur Malaysia.

Bagaimana cerita awal Bapak saat mulai masuk ke dunia enterpreneur ini sendiri?

Sudah 10 Tahun lebih saya berkecimpung dalam dunia pemrograman IT. Awalnya pekerjaan saya hanya membuat system program untuk kebutuhan tempat saya bekerja. Karena Pekerjaan saya tersebut, setiap hari saya berhubungan dengan Internet, tetapi awalnya sedikitpun saya tidak tertarik dengan binis online shop, karena memang latar belakang saya adalah seorang pekerja.

Tetapi, ketika kejenuhan dengan rutinitas saya sudah sampai klimaks, lalu sayapun mencoba untuk membuat sebuah toko online dengan nama falimarket.com. Nama falimarket sendiri diambil dari nama anak saya fauzan Ali, disingkat fali. Tahun 2011, berdirilah falimarket.com yang khusus menjual produk mainan anak-anak. Sebagai Promosi awal, saya beriklan di tokobagus, berniaga, tokopedia dan bukalapak. Dengan hanya mengambil margin keuntungan 10 sd 30% dari harga beli, walau tidak terlalu banyak tetapi order selalu ada dan hal ini membuat saya dan istri bersemangat.

Pada Awal tahun 2013, Kemudian saya coba mengimport mainan sendiri langsung dari China dengan spesifikasi produk khusus mainan anak muslim seperti playpad muslim, apple quran dan lain-lainnya. Awal Import saya coba dengan 2 karton mainan dan tidak disangka dalam waktu kurang lebih satu bulan produk sudah habis terjual. Kemudian kita mencoba langsung mengimport kembali menjadi 6 karton dan hasilnya pun memuaskan.

Banyaknya dropshipper menjadi andalan kami dalam berjualan online. Dan Sekarang kami coba merambah selain mainan anak muslim, kita coba untuk produk-produk khusus anak muslim lainnya, dan karena itu maka kita coba bikin situs toko online baru yaitu KiosAnakMuslim.com.

Untuk menjadi seorang enterpreneur, saya tentu mengorbankan sesuatu dalam hidup saya, yang dalam hal ini adalah waktu untuk keluarga yang secara otomatis berkurang.

Bagaimana cara Anda menyeimbangkan antara harga dengan kualitas produk yang Anda jual?

Karena kita Import sendiri produknya, maka untuk harga kita tidak menjatuhkan harga pasar, kita ikutan harga orang lain. Sedangkan kualitas, sama dengan produk yang sejenis karena sama-sama import. Dan hal ini membuat kita cukup signifikan dari sisi keuntungan, karena kebanyakan yang lain sistemnya dropshipper atau mengambil ke importir. Bahkan Kalaupun ada yang nego harga, selama masih ada keuntungan diatas minimal 10% harga beli, kita kasih.

Jika boleh tahu, prestasi apa yang sudah sempat Bapak raih dari selama menjalankan bisnis ini?

Alhamdulillah, saya sudah mampu menaikan orang tua untuk pergi umroh ke Tanah Suci.

Lalu pengalaman apa yang paling berkesan selama menjalankan bisnis ini?

Pengalaman paling berkesan adalah ketika istri saya jadi ada kegiatan di rumah, tadinya ia hanya menjadi ibu rumah tangga biasa dan sekarang sudah melek teknologi, bahkan 90% dia yang kelola sekarang.

Dan bagaimana Anda harus menilai ruang lingkup market yang ada saat ini? Lalu bagaimana bisnis Anda mengubahnya?

Ruang Lingkup market sekarang semakin banyak toko-toko online baru, semakin banyak saingan, tetapi selama kita amanah, maka clientpun tidak akan kemana – mana.

Tantangan apa yang pernah Anda hadapi dalam menjalankan bisnis ini?

Terlambat datang barang itulah kendala utamanya. Dan hal ini pernah membuat yang order ke kita menjadi tidak percaya. Tetapi hal ini kemudian teratasi dengan discount harga yang kita berikan.

Apa yang ingin Bapak lakukan dalam mengambangkan bisnis ini?

Saya ingin membuat konsep yang lebih professional dalam sisi teknologi dan promosi.

Siapa yang paling memotivasi Anda dalam menjalankan bisnis ini?

Tokoh yang menjadi motivasi sekaligus idola saya dalam berbagai hal yaitu Rasulullah saw, Sayyidina Muhammad S.A.W.

Nah, yang terakhir nih Pak. Saran terbaik yang dapat Anda berikan seputar dunia enterpreneur?

Kejujuran itulah yang utama. Keikhlasan jika dalam kerugian dan banyak berbagi terhadap sesama.

Benar sekali Pak, salah satu kesuksesan dalam menjalankan pekerjaan apapun adalah berbagi. Nah, terimakasih banyak Pak untuk kesempatannya berbagi bersama kami. Semoga Kiosanakmuslim.com semakin dan selalu sukses. :)

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *