Start A Business Tips Bisnis

Dibalik Tim Marketing Perusahaan Startup: Pengertian Hustler dan Peranannya

 
  • 1
    Share

Loading...

Perusahaan startup saat ini sedang naik daun. Masyarakat banyak yang terpukau karena perusahaan-perusahaan ini bisa membesarkan perusahaannya dalam kurun waktu yang relatif singkat.

Kita ambil contoh Go-jek.

Menurut ekonomi.bisnis.com, pengguna aktif go-jek saat ini berjumlah sekitar 22 juta pengguna. Padahal, Go-jek sendiri adalah start-up yang baru berumur 9 tahun (berdiri sejak tahun 2010).

Itu baru Go-jek, belum lagi perusahaan-perusahaan startup lain seperti Traveloka, Bukalapak, Tokopedia, dll.

Dalam hal ini tentu ada peran tim marketing yang secara lihai mendesain strategi pemasaran khusus untuk melipatgandakan pertumbuhan start-up tempat mereka bekerja.

Tim marketing ini dikenal dengan istilah hustler.

pengertian hustler
Sumber Gambar: Pexels

Pengertian hustler

Istilah hustler sendiri dulunya dikonotasikan sebagai hal negatif. Bahkan kamus besar Cambridge mendefinisikan hustler sebagai “someone who tries to deceive people into giving them money” yang artinya “seseorang yang berusaha menipu orang lain untuk mendapat uang”.

Pengertian hustler ini lambat laun mulai bergeser.

Yang tadinya dianggap menipu, istilah hustler saat ini mewakili semangat kewirausahaan perusahaan untuk terus bertumbuh.

Hustler kini dikenal sebagai istilah yang merujuk kepada satu atau sekelompok orang yang mendesain dan mengimplementasikan strategi marketing di suatu perusahaan dengan tujuan untuk mengembangkan perusahaan tersebut.

pengertian hustler adalah
Sumber Gambar: Pexels

Siapa saja yang tergolong tim hustler?

Seorang hustler tentunya tidak bisa bekerja sendirian. Apalagi jika ia bertanggungjawab terhadap semua strategi marketing perusahaan startup.

Oleh karenanya, hustler terbiasa bekerja dalam tim.

Dengan bekerja dalam satu tim, tim hustler bisa membagi pekerjaan sehingga target yang dikehendaki perusahaan bisa cepat terselesaikan.

Tim hustler suatu perusahaan bisa terdiri dari content writer, copy writer, paid ads specialist, digital marketing specialist, dan banyak jabatan lain.

Dalam hal ini, tim hustler dikepalai oleh pimpinan tertinggi bisa berupa Chief Business Officer (CBO) atau Chief Marketing Officer (CMO).

arti hustler adalah
Sumber Gambar: Pexels

Bagaimana membentuk tim hustler yang solid?

Tim hustler tidak seperti tim marketing pada umumnya. Sehingga pembentukan tim hustler sedikit berbeda.

Hal tersebut dikarenakan tuntutan pekerjaan tim hustler yang berbeda dengan tim marketing di perusahaan konvensional.

KPI utama tim hustler adalah growth atau pertumbuhan. Jadi, seringkali mereka diberi target yang semakin tinggi dibanding periode sebelumnya.

Oleh karenanya, tim hustler haruslah solid. Salah satu caranya adalah dengan membudayakan akuntabilitas atau keterbukaan akan peran masing-masing anggota.

Selain itu tips lainnya adalah dengan menjadikan performa tim sebagai tolak ukur utama keberhasilan bukan performa individu.

pentingnya memiliki tim hustler

Mengapa tim hustler dibutuhkan?

Pekerjaan tim hustler saat ini mulai banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan utamanya perusahaan start-up.

Banyak perusahaan mencari tim hustler karena tim ini memiliki keterampilan yang dibutuhkan perusahaan untuk bertahan di era persaingan bisnis yang semakin kompetitif.

Keterampilan tim hustler, utamanya keterampilan pemasaran digital menjadi salah satu kunci utama perusahaan untuk terus berkembang dan bertahan dari gelombang persaingan.

waktu yang tepat untuk merekrut tim hustler
Sumber Gambar: Pexels

Kapan suatu startup butuh tim hustler?

Seperti dijelaskan diatas, tim hustler umumnya bekerja di perusahaan start-up.

Perusahaan start-up umumnya membutuhkan tim hustler ketika mereka sudah memasuki fase growth atau pertumbuhan. Pada fase ini, perusahaan start-up membutuhkan banyak karyawan untuk menunjang pertumbuhan mereka.

Di sinilah tim hustler, utamanya yang memiliki pengalaman berperan penting dalam kesuksesan perusahaan start-up.

dimana mencari tim hustler yang cocok
Sumber Gambar: Pexels

Dimana kita bisa menemukan tim hustler?

Mencari tim hustler gampang-gampang susah.

Kenapa demikian?

Pekerjaan tim hustler mengharuskan mereka menguasai teknologi informasi dan memiliki wawasan yang luas dan mendalam akan bidang industri tempat mereka bekerja disamping keterampilan lain yang umumnya dimiliki oleh tim marketing.

Membangun tim hustler untuk perusahaan startup memang tidaklah mudah. Namun, usaha yang dikeluarkan nantinya akan sebanding dengan kinerja yang dihasilkan oleh tim ini.

Demikian pengertian hustler beserta peranannya. Pengertian hustler tentunya akan berbeda bagi masing-masing individu.

Ada yang menolak istilah hustler karena sama saja dengan tim marketing. Ada pula yang terus menggunakan istilah ini.

Meskipun begitu, esensinya tetaplah sama, pekerjaan tim hustler membutuhkan kerja sama yang solid serta kreativitas tinggi.

Apabila anda sedang mencari tim hustler untuk perusahaan start-up anda, pertimbangkanlah artikel ini dan ikuti terus artikel-artikel menarik dari mebiso.

Baca juga artikel menarik lainnya:

7 Keterampilan Penting yang harus dikuasai content writer profesional

7 Kesalahan Membuat Artikel yang Sering Dilakukan Pemula

Dasar Content Marketing: 5 Tips Praktis untuk Pemula

Loading...

  • 1
    Share

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *