Running A Business

PENTING untuk Pelaku Bisnis Online! Trend Pemasaran yang Akan Booming di Tahun 2016

 
  • 40
    Shares

Loading...

Setelah melalui tahun 2015 dengan penuh semangat, maka kini bersiaplah untuk menjambut hari dimana Anda akan mencapai tujuan bisnis Anda. Termasuk bagaimana Anda akan mengatur anggaran Anda dan apa rencana pemasaran bisnis Anda di tahun depan.

Anda mungkin sudah akrab dengan berbagai strategi internet marketing di tahun 2015, mulai dari SEO, kupon dan penawaran sampai dengan melakukan iklan gratis dan berbayar di internet. Kini mari kita coba sedikit melihat peluang apa saja yang kira-kira akan berkembang di tahun 2016. Maka di tahun depan akan ada banyak trend digital marketing yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis online.

Artikel yang disampaikan oleh Localvox.com ini akan membuka pikiran dan pandangan Anda tentang banyaknya peluang yang bisa Anda ambil sebagai pelaku bisnis online. Sebelumnya mari kita lihat bagaimana dunia digital meramal kesuksesan marketing online sebuah bisnis.

1. Instagram yang akan semakin booming

Sejak Facebook membeli Instagram pada tahun 2012, raksasa sosial media ini telah secara konsisten membuat perubahan kecil untuk platform dan fitur untuk mengunggah berbagai foto. Pada akhir tahun 2015 dan 2016 ini, semua perubahan kecil ini akan mulai berujung ke perkembangan besar.

2016 akan menjadi peluang besar bagi Instagram.

Facebook yang sekarang dapat digunakan sebagai salah satu media promosi para pebisnis kecil. Dengan membuat sebuah halaman sederhana di Facebook, maka siapapun pemilik bisnis online bisa melakukan promosi di dalamnya. Media promosi itu juga disertai oleh paket iklan yang bisa digunakan untuk membantu pemasaran bisnis online Anda.

Anda bisa mendapatkan banyak pengikut di akun Facebook Anda dengan memposting banyak hal di dalamnya. Begitupun dengan usaha yang Anda lakukan ketika Anda menggunakan Instagram sebagai media promosi bisnis online Anda. Namun untuk urusan iklan, Instagram menawarkan “sponsored posts,” yang membuat para pebisnis online harus membayar iklan, agar setiap postingan dapat dilihat oleh pengikut Anda, seperti yang dilakukan di Facebook.

Iklan di Instagram mendapatkan hasil yang kuat untuk pengiklan. Menggunakan aplikasi berbagi foto ini.

Instagram mengatakan bahwa ada 2,8 kali iklan yang dipublish

Dan total ini lebih tinggi dari platform iklan online lainnya. Ini menjadikannya sebagai pilihan yang enarik bagi para pelaku bisnis online baik yang baru saja memulai atau yang sudah lama berkecimpung di dunia digital.

Bahkan sudah ada tools baru yang menggabungkan trend topik di Facebook dan Instagram, seperti Signal. Ini merupakan tanda bahwa Facebook akan terus melakukan integrasi terhadap Instagram untuk media promosi bisnis online. Dan sudah diprediksi sebelumnya bahwa Instagram akan kembali menjadi pemain besar dan akan lebih besar lagi di dunia digital marketing di tahun 2016.

Bahkan ada yang meramalkan bahwa pada tahun 2017 Instagram akan memiliki $2,8 milyar iklan penjualan, dan ini lebih besar dari tahun 2015 yang hanya memiliki $600 juta untuk pendapatan iklan YTD. Instagram tersedia secara eksklusif melalui aplikasi mobile dan juga tablet. Ini membuat pemilik bisnis kecil semakin mudah melakukan promosi di Instagram.

KESIMPULAN

Dengan luasnya kehadiran sosial media pada jaringan bisnis maka ini akan semakin memperbanyak keterlibatan pengguna di tahun 2016, salah satunya yaitu INSTAGRAM.

2. Mesin pencari yang akan semakin canggih

Mungkin saya dan Anda hanya tahu beberapa mesin pencari yang selama ini banyak digunakan, seperti Google, Bing dan juga Yahoo dan jaringan sosial dimana kemampuan pencarian informasi semakin luas.

Jika Anda tahu Pinterest, maka inilah saat dimana Pinterest akan semakin berkembang menjadi mesin pencari. Dengan perluasan algoritma pada mesin pencarinya. Sebelumnya ada Facebook dan Twitter yang sudah mengembangkan mesin pencari mereka. Bahkan mereka berkolaborasi dengan Google agar setiap tweet publih dapat terlihat di internet secara lebih luas.

88% dari konsumen dipengaurhi oleh ulasan dan komentar online yang ada di website ataupun sosial media mereka. Hal ini juga dipengaruhi oleh kemampuan untuk mencari informasi di Facebook, Pinterest dan juga Youtube yang akan menghubungkan lebih banyak orang yang memberi komentar dengan lebih cepat.

Untuk usaha kecil sendiri, ini telah banyak membantu mereka membangun jumlah ulasan pelanggan di media sosial seperti Facebook. Bahkan Anda akan semakin tidak menyangkan bahwa salah satu efek samping yang baik bagi bisnis Anda, bahwa ulasan bisnis yang diberikan oleh pelanggan melalui sosial media akan muncul di halaman mereka dan juga di halaman mesin pencari mereka.

KESIMPULAN

Mesin pencari yang semakin luas membawa banyak dampak, seperti memperluas daftar ulasan Anda di berbagai mesin pencari. Ini tidak hanya berlaku untuk bisnis lokal Anda yang mengunakan sosial media populer seperti Facebook, Twitter, Google, Yelp dan juga LinkedIn. Tapi Anda juga harus mampu merespon apa yang dapat Anda katakan tentang banyak hal secara online.

Jualan-Online-Lebih-Laris

3. Membuat target baru yang lebih besar

Pasar digital terus mengalami perkembangan, data konsumen pun semakin banyak di sepanjang jalan. Dengan semua data ini, algoritma pun juga mengalami perbaikan dengan menargetkan pasar yang lebih canggih dan dapat dibuat untuk membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih baik dengan menggunakan pesan yang lebih tertarget.

Hal ini tergantung pada keadaan strategi pemasaran online bisnis Anda.

Dengan target itu, Anda akan menjadi lebih bersemangat tentang data yang ingin Anda dapatkan untuk kemudian Anda konversi ke bisnis Anda.Anda bahkan mungkin akan kecewa ketika tidak menggunakan pemasaran online lokal bisnis Anda, terlebih karena pesaing Anda. Sebab mungkin mereka akan dapat menjangkau lebih banyak pelanggan lokal daripada yang Anda bisa.

KESIMPULAN

Dapatkan keuntungan dari setiap target bisnis yang Anda miliki. Mulai dari menggunakan iklan berbayar dan iklan jenis lainnya. Karena semakin banyak data orang yang ditambahkan ke dalam database kita, maka iklan tersebut secara otomatis akan mengambil keuntungan dari kemampuan penargetan bisnis kita.

4. Pembayaran via mobile akan semakin meroket

Menuntut perkembangan dunia bisnis dan dunia digital, maka pembayaran melalui berbagai perangkat pun juga harus mengikuti tuntutan dan kebutuhan tersebut. Termasuk dengan menggunakan perangkat mobile, yang diramalkan akan semakin meroket di tahun depan.

Pada tahun 2015, hampir 15% dari pelanggan Starbucks sudah mulai membayar coffee latte mereka melalui perangkat mobile. Secara keseluruhan, hampir 60% dari konsumen menggunakan smartphone mereka untuk melakukan pembayaran, sehingga mereka menerima banyak manfaat dan keuntungan dari bisnis.

Selain itu, teknologi mobile terus menjadi lebih mudah dan lebih terjangkau lagi. Seperti yang ditunjukkan pada konferensi Apple dengan lini iPhone. Dengan harga yang ters menurun, smartphone akan menggantikan ponsel yang lebih tua dan menghilangkan fungsi yang sangatlah terbatas.

KESIMPULAN

Sebagai teknologi mobile yang semakin terjangkau, pembayaran mobile akan terus menembus pasar. Hal ini membuat para developer aplikasi mencari ke berbagai platform dan pernagkat keras yang banyak digunakan oleh para pelaku bisnis online.

5. Webrooming akan sama pentingnya dengan showrooming

Konsumen ingin tahu persis apa yang ingin mereka beli sebelum mereka memutuskan untuk benar-benar membeli. Maka tidak jarang mereka akan mengkonsultasikan lebih dari 10 sumber sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk membeli.

Namun sekarang, teknologi yang semakin cerdas dapat membantu para pebisnis kecil untuk melakukannya. Mereka membuat sebuah web yang bisa digunakan untuk melihat bagaimana produk atau layanan yang cocok dengan gaya mereka sebelum mereka akhirnya memesan produk tersebut. Dengan menampilkan foto produk atau ulasan layanan yang lebih dikenal dengan webrooming(butuh waktu 1 menit untuk masuk dan mengakses website ini), mereka akan membantu konsumen membayangkan bagaimana produk atau jasa yang cocok dan sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

IkeaInstagram

Seperti halnya IKEA di Instagram. IKEA melakukan banyak pekerjaan luar biasa dari mulai pemasaran produk mereka untuk segala usia. Mereka menciptakan webrooming untuk konsumen yang sudah dewasa dan untuk baby boomer mereka menggunakan ruang pameran dan juga window shopping untuk menunjukkan produk mereka.

KESIMPULAN

Dengan mengambil banyak ide yang out of the box, maka kita akan mudah dalam memperluas pengalaman offline pelanggan.

6. Video akan menjadi konten paling dinanti

Video sudah menjadi bagian dari startegi pemasaran online selama bertahun-tahun. Dan di tahun 2016, membuat video akan menjadi sebuah keharusan bagi bisnis kecil untuk lebih menarik perhatian mereka.

Dari tahun 2013-2015 ada peningkatan sebanyak 360% video di internet. Facebook muncul dengan kemudahan pengguna mengunggah konten musik video. Mereka membuat banyak video lebih mudah diakses dan membuat banyak pengguna masuk ke dalam jaringan mereka, ini lebih baik daripada mengirim mereka ke Youtube.

KESIMPULAN

Bisnis lokal Anda juga dapat memanfaatkan video dalam tahun 2016 mendatang. Buatlah video yang lebih dari sekedar menarik. Buat setiap penonton mau membagikan konten video Anda. Buatlah daya tarik yang mampu menciptakan pandangan untuk konten Anda.

Video adalah media yang bisa dikatakan sangat serbaguna. Dari mulai menampilkan produk untuk penjualan, sampai membuat video untuk tujuan menaikkan keterlibatan penonton dan pelanggan Anda.

Mungkin di tahun 2015 Anda sudah merasa sangat puas dengan strategi bisnis online yang sudah dilakukan, tapi ketahuilah 2016 akan menciptakan trend pemasaran digital yang lebih besar lagi. Pastikan Anda tidak ketinggalan untuk terus update terhadap trend bisnis di tahun 2016.

Strategi-Bisnis-Online-Terbaru

Dengan berlangganan E-Book dari Mebiso, Anda pun bisa terus mengupdate keahlian dan pengetahuan bisnis online Anda untuk tahun 2016 mendatang. Dan di hari Belanja Online Nasional tanggal 12 Desember mendatang, Anda bisa mengikuti serangkaian promo yang diadakan oleh Beon.co.id. Info lebih lengkap bisa Anda dapatkan di halaman berikut ini. Maka dari itu, segeralah download E-Book Mebiso, dan segera update pengetahuan dan keterampilan bisnis online Anda sekarang juga. :)

Loading...

  • 40
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *