Produktivitas

Penuhi Kebutuhan saat PPKM Berlangsung

 

Penuhi Kebutuhan saat PPKM – Demi menekan angka lonjakan kasus Covid-19, pemerintah menerapkan kebijakan  PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat dilakukan pada 3-20 Juli di Jawa dan Bali. Hal ini tentu berdampak pada mobilitas masyarakat.  Selama masa PPKM berlangsung, berbagai peraturan diberlakukan demi membatasi aktivitas, termasuk kebutuhan belanja sehari-hari. Untuk berbelanja bahan makanan atau kebutuhan sehari-hari, gunakanlah aplikasi belanja online atau layanan pesan antar. Selain praktis, cara ini dapat meminimalkan kontak dengan orang banyak sehingga mengurangi resiko tertular atau menularkan virus Covid-19.

Penuhi Kebutuhan Bahan Makanan untuk Sehari-hari

Agar Anda tidak perlu terlalu sering keluar rumah, belilah bahan makanan yang cukup untuk dikonsumsi selama 1-2 minggu. Agar tidak lupa, catat dulu bahan makanan apa saja yang hendak dibeli.

Hindari panic buying atau membeli barang-barang secara berlebihan karena dapat menghabiskan stok persediaan kebutuhan sehari-hari di pasaran, sehingga orang lain yang membutuhkannnya jadi tidak kebagian.

Saat memilih makanan, pilihlah makanan yang sehat dan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat, seperti buah dan sayuran, telur, ikan, daging, kacang-kacangan, tahu, dan tempe. Anda juga dapat membeli suplemen vitamin dan mineral jika memang asupan nutrisi dari makanan saja dirasa tidak cukup.

Menjaga Kesehatan

Dengan kondisi tubuh yang sehat, Anda bisa menjalani berbagai aktivitas dengan nyaman. Konsumsi makanan sehat secara teratur agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan sehat. Selain itu, pilihlah makanan yang mengandung gizi seimbang. Hindari mengonsumsi makanan cepat saji terlalu banyak. Setelah itu, pastikan kualitas tidur tetap terjaga dengan baik, yakni 7-9 jam setiap harinya.

Menciptakan suasana Lingkungan yang Bersih

Pastikan tubuh Anda dalam keadaan sehat. Jika menderita gejala Covid-19, yaitu demam, batuk, pilek atau sesak napas, sebaiknya untuk tidak keluar rumah dan menjalani isolasi mandiri.

Kenakan masker saat keluar rumah. Saat bepergian keluar rumah jangan lupa untuk mengenakan masker. Pastikan masker yang digunakan dapat menutupi hidung dan mulut dengan sempurna. Hindari menyentuh wajah dan bagian dalam masker karena dapat membuat masker terkontaminasi kuman dari tangan. Gunakan hand sanitizer setiap Anda akan menyentuh barang-barang pribadi atau wajah Anda. Pilihlah hand sanitizer yang mengandung alkohol dengan kadar minimal 60 persen. Saat keluar rumah, penting untuk selalu menerapkan physical distancing di mana pun kamu berada, termasuk saat belanja. Usahakan untuk selalu menjaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain.

Melakukan Kegiatan yang Produktif

Dengan banyaknya waktu luang di rumah, Anda jadi punya banyak kesempatan mengembangkan hobi Anda. Mengembangkan hobi akan membuat Anda menjadi lebih berbakat, membuat pikiran lebih kreatif, serta menyehatkan mental.

Selagi Anda punya waktu luang selama PPKM darurat, tentunya bisa memanfaatkan untuk merutinkan olahraga. Tak perlu olahraga berat, olahraga ringan seperti senam atau peregangan jika dirutinkan tentu akan meningkatkan kesehatan dan menambah imunitas tubuh Anda.

Mengikuti Program Vaksinasi

Vaksinasi merupakan upaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 saat ini. Agar dapat beraktivitas di luar dengan lebih aman. Untuk meningkatkan perlindungan kesehatan dan kesehatan diri, Pemerintah juga memasukkan syarat menunjukkan kartu vaksin saat perjalanan jarak jauh untuk penuhi kebutuhan saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

Jadi, jika ada kepentingan mendesak untuk keluar rumah saat PPKM, yuk jangan lupa terapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan dan penyebaran virus Covid-19. Selain itu, jangan lupa pula untuk selalu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari infeksi Covid-19.


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *