HR Insider Karir Leadership

Perbedaan Bos dan Leader, Mana Yang Lebih Baik?

 

Loading...

Perbedaan Bos dan Leader- Atasan memiliki peran penting untuk kesempurnaan suatu perusahaan. Bukan hanya dihormati, seorang atasan akan menjadi pilar bagi kekuatan sebuah perusahaan dan memiliki gaya atau tipe kepemimpinan yang berbeda. Bisa jadi, atasan Anda saat ini adalah seorang Leader atau mungkin seorang bos. Lalu, apa perbedaan di antara kedua tipe ini?

1. Bos fokus pada diri sendiri, Leader fokus memikirkan tim

Pemimpin yang baik adalah seseorang yang mau mengerjakan dari titik nol dan menuai hasil secara bersama-sama. Namun, hal seperti ini tidak akan berlaku untuk seorang bos karena atasan seperti ini hanya akan memberi tugas untuk kepentingan sendiri tanpa memikirkan kepentingan karyawan.

2. Bos akan mengintimidasi, Leader akan memotivasi

Sering bertemu dengan atasan yang suka mengintimidasi? Kebanyakan tipe bos seperti ini akan cenderung membuat bawahan mereka merasa tertekan dengan berbagai tanggung jawab yang diberikan.

Sementara dalam hal ini, seorang Leader akan selalu memberikan motivasi dan kepercayaan pada Anda dengan baik tanpa harus menyalahkan siapapun saat terjadi kesalahan. 

3. Bos selalu memerintah, Leader selalu memberikan contoh

Seorang Bos hanya akan menjadi seorang atasan yang pandai memerintah dan menyuruh tanpa memberikan contoh yang baik untuk karyawan. Sedangkan, seorang Leader akan memberikan contoh yang baik sebelum memberikan tugas dan tanggung jawab.

4. Bos cenderung tertutup, Leader cenderung terbuka  

Bos akan membagikan sedikit demi sedikit informasi karena hal ini akan menjadi bagian dari kekuatannya sebagai atasan. Sementara seorang Leader akan sangat transparan dan terbuka. Leader tidak ragu untuk berbagi informasi dan membukanya untuk diskusi.

Dengan keterbukaan ini, tim akan merasa lebih dihargai dan menjadi bagian penting dalam perusahaan.  Atasan dengan karakter seperti ini biasanya memiliki gaya manajemen yang jujur.

5. Bos mendominasi percakapan, sementara Leader lebih mendengarkan

Jangan menunggu menjadi bos, jadilah leader!
Rob Walsh di Unsplash

Biasanya, atasan dengan karakter bos cenderung mendominasi percakapan dengan harapan karyawan akan menjalankan segala perintah dengan benar.

Namun, bagi Leader menjadi seorang pendengar yang baik sangat penting untuknya. Ia terbuka pada pendapat dan ide orang lain serta mendorong karyawan untuk berani membagikan pemikiran tanpa takut.

Dengan begitu seorang Leader akan lebih mengenal pola atau kebutuhan karyawan dengan lebih baik.

6. Bos cenderung mengamati, Leader akan bekerja bersama tim

Karakter seorang bos sering kali hanya berdiri di samping dan mengawasi orang lain melakukan pekerjaan tanpa mau bekerja bersama dengan karyawannya. Tentu saja hal ini berbanding terbalik dengan karakter seorang Leader. 

Leader yang baik akan siap selalu untuk bekerja bersama tim. Dengan begitu, leader akan lebih memahami kesulitan di setiap tim dengan baik dan dapat membantu menumbuhkan kekompakan tim. Inilah yang sering menjadi inspirasi karyawan untuk selalu memberikan yang terbaik dalam pekerjaan. 

Jadi, Seperti Apa Tipe Atasan Anda Saat Ini?

Meskipun sebutan bos dan leader sekilas tampak sama bukan berarti kedua tipe ini memiliki karakteristik yang sama. Setiap karakter tersebut tentu nantinya akan menentukan bagaimana gaya seorang atasan di dalam memimpin tim dan pekerjaan. 

Apapun karakteristik yang dimiliki oleh atasan Anda, akan lebih menyenangkan jika Anda juga dapat belajar untuk menjadi seorang pemimpin yang baik.

Kelak, hal seperti ini akan membuat Anda menjadi lebih dihormati dan belajar untuk menjadi seorang yang bijaksana dalam memutuskan suatu hal.
Be a Good Leader!

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *