Running A Business

Yuk, Mengenal Lebih Dalam Perilaku Konsumen Saat Ini!

 

Perilaku Konsumen – Revolusi digital telah mengubah cara pandang seseorang dalam menjalani kehidupan yang sangat canggih seperti saat ini. Ini pun berimbas pada pola hidup seseorang dalam mengemban tugasnya sebagai seorang konsumen. Perilaku konsumen saat ini dengan yang dulu sudah mengalami banyak perubahan. Perubahan inilah yang kemudian memicu juga para pedagang (pengusaha) untuk beralih ke dunia maya dalam melakukan pemasaran. Lantas, sudahkah Anda memahami betul perilaku konsumen saat ini?

Kemudahan pencarian memicu perubahan perilaku konsumen saat ini

Dulu orang mencari produk sangat terbatas informasinya, orang hanya mendapat informasi dari iklan di pamflet, baliho, koran atau yang lainnya. Sekarang dengan adanya revolusi digital maka seorang mencari sebuah produk sangat mudah dan murah, hanya dengan bantuan mesin pencari internet bernama “mbah Google” maka hampir segala kebutuhan informasi produk yang akan kita dapatkan.

Perubahan zaman mengubah perilaku konsumen menjadi serba cepat.

Memilih sebuah produk tentu menjadi keniscayaan bagi konsumen sebelum mengambil keputusan untuk membeli produk, saat ini konsumen kebanyakan memilih bagus dan tidaknya produk dengan melihat di website perusahaan. Walau terkadang memang terbatas hanya informasinya saja tetapi ini akan sangat membantu konsumen dalam memilih. Berbeda dengan dulu yang mengharuskan konsumen melihat secara langsung produk tersebut dan baru bias memilih produk yang akan dibeli,

Pebisnis pun harus selalu dapat mengimbangi perubahan kebutuhan

Di era digital ini, karena kebiasaan orang sudah berbeda maka orang cenderung dalam menggunakan produk lebih mudah untuk bergonta – ganti. Karena seiring dengan banyaknya informasi produk dari dunia maya yang melebihi batas dari kebutukan konsumen itu sendiri.

Tetap jangan lupakan evaluasi

Banyak pengaruh seseorang kemudian merasa tidak cocok dengan produk yang ia beli, dalam mengevaluasi keputusannya seseorang biasanya meminta saran dari teman dekat atau orang yang memang sudah ahli atau terbiasa dengan produk yang dibeli, tetapi dengan adanya informasi yang tak terbatas ini, maka orang akan semakin lebih mudah dalam mengevaluasi keputusannya untuk kemudian membeli produk yang baru yakni dengan menggunakan media social atau media internet yang lain.

Bukanlah mustahil bagi Anda untuk terus mengikuti perkembangan perilaku konsumen. Selama Anda tak malas belajar dan mengevaluasi, bisnis Anda memiliki peluang baik untuk terus berkembang menjadi lebih baik.
(dok. Pexels)

Baca juga:

Memahami Trik Dasar Marketing bagi Pebisnis Pemula

Kiat Menjalin Hubungan Bisnis yang Solid dengan Klien

Trik Mengatur Keuangan agar Bisnis Kecil Tetap Bertahan


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *