Insider

Persiapan Perjalanan Jauh dengan Bus, Teman Nyaman Liburan Hemat

 

Loading...

Menempuh perjalanan jauh dengan bus memerlukan persiapan yang cukup matang. Jarak tempuh yang panjang dan lama perjalanan bisa membuat kondisi fisik dan mood jadi berantakan jika tak dipersiapkan dengan baik.

Belakangan ini bepergian dengan bus kembali dilirik oleh calon penumpang akibat kenaikan harga tiket pesawat yang dirasa cukup memberatkan. Meski dengan pesawat mendapat keuntungan waktu tempuh yang lebih singkat, namun bila berniat berhemat  tentunya tambahan beberapa jam di jalan tak menjadi masalah.

Nah, biar perjalanan liburan kamu ke luar kota dengan bus tetap nyaman. Cek tiket bus kamu di sinidan lakukan persiapan berikut ini agar liburan hemat kamu tetap berjalan sesuai dengan rencana.

Belilah Tiket Resmi 

Selalu beli tiket bus di agen resmi, baik offline maupun online. Dengan berbagai kemudahan cara pembelian tiket bus, bukan zamannya lagi kena tipu calo. Cek tiket bus kamu di Traveloka, dan dapatkan harga terbaik.

Tak hanya dapat harga murah dan sesuai dengan yang dirilis oleh pihak PO, beli tiket di agen resmi juga menjamin bahwa kamu akan berangkat sesuai dengan jadwal. Berbeda dengan ketika kamu membeli di calo, yang bisa jadi menjual tiket palsu dan tentunya menyusahkan di kemudian hari.

Cek Rute dan Waktu Tempuh

Ketika cek tiket bus, jangan lupa untuk memperhatikan detail perjalanan. Lihat rute yang akan dilalui selama perjalanan nanti, kota-kota mana yang akan dilewati. Apakah bus kamu nanti lewat tol panjang ataukah melewati jalan arteri juga perlu menjadi perhatian.

Cek juga waktu tempuh yang diperkirakan untuk sampai di tempat tujuan. Jam berapa bus kamu berangkat penting dicatat agar kamu tak ketinggalan. Demikian pula dengan perkiraan waktu kedatangan, terlebih jika tiba di kota tujuan pada waktu tengah malam. Jangan sampai kamu terlantar di terminal karena tak memperhatikan hal penting ini.

Pilih Pakaian yang Nyaman

Tak harus mewah, namun pilihlah baju ternyaman untuk perjalanan jauh. Sebagian besar bus jarak jauh memasang AC dengan suhu cukup dingin, jadi sebaiknya bawa baju hangat agar perjalanan lebih nyaman. Pilihlah bahan yang mudah menyerap keringat dan tidak mudah panas. Hindari juga memakai perhiasan berlebihan agar penampilan tak menarik perhatian penjahat yang bisa muncul di mana saja.

Perhatikan Barang Bawaan

Pisahkan barang penting dan berharga di tas yang selalu kamu bawa selama di perjalanan. Mulai dari dompet sampai ponsel dan laptop, pastikan dibawa di tas terpisah dari barang yang diletakkan di bagasi bus. Simpan barang-barang berharga dekat dengan badan selama perjalanan. Jika membawa laptop, sebaiknya bawa tas khusus dan jangan simpan di kabin, melainkan didekap erat untuk menghindari hal tak diinginkan.

Siapkan Hiburan Buat Perjalanan

Perjalanan jauh pastinya membuat bosan. Untuk terhindar dari rasa bosan, siapkan hiburan untuk menemani perjalananmenuju kota tujuan. Buatlah playlistmusik asyik untuk diputar di jalan. Sebaiknya tidak membawa buku atau menonton film selama di perjalanan dengan bus, karena melihat layar secara intens akan membuat kepala lebih cepat pusing.

Bawa Obat-Obatan dan Makanan

Meski berangkat dengan kondisi sehat dan segar bugar, tetapi berjaga selama perjalanan perlu dilakukan. Bawalah obat-obatan secukupnya, seperti obat pusing, mualdan diare. Membawa minyak angin dan sejenisnya juga perlu agar perjalanan jadi lebih tenang.

Tidak ada salahnya juga membawa makanan atau makanan ringan serta minuman. Kamu tak akan tahu kapan mendadak lapar, dan bisa jadi bencana kalau perut melilit ketika bus di tengah tol panjang yang jauh dari warung.

Sederhana namun persiapan ini perlu dilakukan agar perjalanan lebih menyenangkan. Selamat bersiap-siap dan jangan lupa segera membeli tiket sebelum kehabisan!

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *