Technology

Persyaratan Transfer Domain .COM (gTLD)

 

Loading...

Setiap domain pastinya memiliki registry / induk dari registrar (registrar = tempat anda mendaftarkan domain). Proses transfer domain dapat diartikan sebagai proses perpindahan antar registrar yang terdapat pada registry yang berbeda.

Sebelum melakukan transfer domain, berikut adalah beberapa persyaratan transfer domain yang harus anda ketahui:

1. Domain harus dalam keadaan aktif, antara 30 hari setelah aktif hingga 30 hari sebelum expired. Jika domain dalam keadaan expired, maka domain tidak dapat ditransfer. Jadi pemilik domain harus memperpanjang domainnya terlebih dahulu sebelum melakukan transfer domain.

2. Ada EPP key / authorization code dari domain. Yaitu kode unik / password yang digunakan untuk melakukan proses transfer domain. EPP key  biasanya berupa kombinasi antara huruf dan angka. EPP key bisa didapat dari domain manager yang disediakan oleh registrar lama. Jika registrar anda adalah Jagoan Hosting, maka EPP key dari domain anda bisa didapatkan dengan mengikuti panduan berikut: Cara Mengetahui Domain Secret Anda

3. Domain harus dalam keadaan unlock. Jika domain anda di set LOCK oleh registrar lama, entah karena security, kebijakan registrar, atau alasan lainnya, maka domain anda tidak bisa ditransfer.

4. Domain harus beda registry. Anda bisa menggunakan http://who.is untuk menemukan nama registry anda yang sekarang. Apabila ternyata registry destinasi anda sama, maka untuk memindahkan domain, anda harus mengikuti langkah Move Service yang terdapat pada panduan berikut: Petunjuk Move Service.

Setelah 4 syarat di atas terpenuhi, maka anda bisa mulai melanjutkan ke proses transfer domain. Prosesnya dapat anda temukan pada halaman berikut: Cara Transfer Domain

Agar tidak mengalami kesulitan jika di kemudian hari anda ingin melakukan proses transfer domain, maka ketika membeli domain, pastikan anda memilih registrar yang memberikan anda kontrol penuh terhadap domain anda. Semoga persyaratan di atas bisa menjadi pertimbangan dalam melakukan registrasi domain baru.

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *