Technology

Tips untuk Menjangkau Konsumen di Berbagai Platform Penjualan

 

Platform Penjualan – Berjualan di berbagai platform merupakan salah satu strategi untuk memperluas jangkauan konsumen. Apalagi sekarang sudah ada begitu banyak channel yang dapat dimanfaatkan. Dengan semakin banyaknya platform penjualan yang digunakan dan customer yang dijangkau, Anda pun bisa mendapatkan lebih banyak data mengenai customer yang dapat membantu Anda menyusun perencanaan bisnis dan membuat keputusan yang lebih tepat. Namun dibutuhkan juga strategi agar banyaknya platform yang digunakan dapat menghasilkan jangkauan bisa optimal.

Mebiso berkolaborasi dengan Sirclo dan telah merangkum beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjangkau konsumen di berbagai platform penjualan berikut ini!

Bangun branding di setiap platform penjualan secara konsisten

Pertama-tama, bangunlah branding yang konsisten di seluruh channel baik dari segi logo, tampilan, warna, gaya bahasa, dan elemen-elemen lainnya. Tujuannya adalah agar brand memiliki ciri khas sehingga saat calon pembeli atau customer menemukan brand Anda di platform lain, mereka akan langsung mengenalinya. 

Lakukan survei sebagai bekal dalam menggunakan platform penjualan

Data menjadi alat yang dapat membantu Anda menjangkau customer dengan lebih tepat. Untuk mendapatkannya, Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan misalnya dengan mengadakan survei atau polling. Tahap ini akan sangat bermanfaat terutama jika Anda baru memulai bisnis.

Tanyakan kepada target customer masalah apa yang mereka hadapi, produk atau jasa apa yang mereka cari, topik apa yang menarik perhatian mereka, dan kebiasaan berbelanja mereka. Dari sini Anda bisa mendapatkan banyak insight mengenai siapa sebenarnya customer dari bisnis Anda dan bisa mengenal mereka lebih dalam.

Percantik tampilan visual

Tampilan visual menjadi faktor yang paling pertama dilihat customer dan dapat menentukan apakah mereka akan mencari tahu lebih lanjut mengenai suatu brand atau tidak. Maka itu, upayakan untuk menjaga tampilan visual di tiap-tiap channel agar menarik, menyenangkan, dan tentunya sesuai identitas brand baik itu dari tampilan toko atau website, halaman media sosial, ataupun foto produk.

Selain itu, baik di website, marketplace, ataupun media sosial, bagikan konten-konten yang menarik dan relevan bagi customer. Sesuaikan isi konten dengan channel yang digunakan. Manfaatkan juga fitur-fitur yang ada. Misalnya pada marketplace dan media sosial, Anda bisa menambahkan hashtag atau tag produk, atau berkolaborasi dengan brand lain untuk memperluas jangkauan dengan lebih efisien lagi. 

Bangun kredibilitas yang baik dalam platform penjualan Anda

bangun kredibilitas
Pexels

Informasi mengenai bisnis merupakan bagian yang terkesan sederhana tetapi berperan penting dalam menarik pelanggan. Bayangkan apabila toko online Anda tidak memiliki deskripsi, jam operasional, informasi kontak, ataupun informasi-informasi lainnya.

Calon pembeli akan merasa ragu dengan kredibilitas toko dan akhirnya mencari alternatif lain. Maka itu, cantumkan informasi-informasi penting yang dirasa akan diperlukan oleh customer seperti deskripsi singkat mengenai toko, jam operasional agar customer bisa mengetahui kapan mereka bisa mendapatkan pelayanan, dan informasi kontak untuk memberikan alternatif bagi customer untuk menghubungi Anda selain melalui chat pada marketplace atau website.

Plus, berikan respons yang cepat apabila mereka bertanya melalui chat. Anda bisa juga menjangkau mereka dengan inisiatif memulai percakapan. Misalnya setelah mereka mengikuti toko, Anda bisa mengirimkan voucher atau menginformasikan mengenai produk terbaru. 

Integrasikan berbagai channel

Sinkronisasikan seluruh channel penjualan Anda untuk memudahkan pengalaman berbelanja customer. Tautkan website toko online dan akun media sosial pada toko di marketplace. Begitu juga sebaliknya, hubungkan link lapak Anda di marketplace dan akun media sosial bisnis pada website. Alhasil, customer yang datang dari berbagai channel tersebut bisa saling terhubung dan Anda bisa mendapatkan data yang lebih menyeluruh mengenai customer journey bisnis Anda.

Dorong pelanggan untuk memberikan review

Ulasan dari pembeli lain seringkali menjadi penentu terbesar dalam keputusan pembelian customer. Perhatikan rating, review, dan testimoni yang Anda terima dari pelanggan. Terutama di marketplacerating dan performa toko dapat menentukan visibilitas toko Anda dan calon pembeli pun semakin tertarik untuk melihat-lihat. 

Untuk mendorong pelanggan memberikan review, Anda bisa memberikan voucher potongan bagi mereka yang sudah menyelesaikan transaksi dan memberikan ulasan. Berikan respons kepada review yang kurang baik dengan menawarkan solusi. Anda juga bisa menampilkan ulasan-ulasan positif pada website atau akun media sosial bisnis Anda.

Demikian tips yang bisa Anda lakukan. Setelah berhasil menjangkau konsumen, jangan lupa untuk terus mempertahankan hubungan dengan konsumen untuk menjaga kepercayaan dan loyalitas mereka terhadap brand.

Konten ini sudah dipublikasikan di Sirclo. Kunjungi Sirclo untuk tips dan strategi pemasaran serta e-commerce lainnya!


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *