Start A Business Tips Bisnis

Potensi Menarik dari Bisnis Sayur Hidroponik

 

Loading...

Sayur Hidroponik – Tren gaya hidup sehat semakin banyak dipopulerkan orang-orang. Salah satu gaya hidup sehat adalah mengkonsumsi makanan sehat. Seiring dengan berkembangnya tren tersebut, sayur-sayuran yang dibudidayakan secara hidroponik semakin dilirik. Simak potensi dari bisnis sayuran hidroponik berikut ini.

Sepintas tentang sayur hidroponik

Teknik hidroponik adalah teknik bercocok tanam yang berbeda dengan teknik bercocok tanam biasanya. Bercocok tanam secara hidroponik tidak menggunakan tanah. Sesuai namanya, media tanam yang digunakan adalah air.

Salah satu jenis tanaman yang bisa dibudidayakan dengan teknik ini adalah tanaman sayur-sayuran. Anda bisa menanam banyak sayuran, mulai dari sawi, selada, tomat, hingga cabai bisa ditanam secara hidroponik.

Keunggulan dari berbisnis sayur hidroponik

Bisnis hidroponik memiliki potensi yang gemilang. Bisnis sayur-mayur secara hidroponik memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya sayang untuk dilewatkan. Berikut di antaranya.

1. Bisa dilakukan di lahan terbatas

Berbeda dengan bercocok tanam secara konvensional, budidaya tanaman hidroponik tidak membutuhkan lahan yang luas. Ada beberapa jenis tanaman hidroponik yang tidak memakan banyak tempat, sehingga bisa dilakukan di lahan yang sempit sekalipun.

Oleh karenanya, Anda tidak perlu repot-repot mencari lahan khusus untuk menanam. Anda bahkan bisa memanfaatkan lahan di rumah untuk mulai bercocok tanam secara hidroponik. Praktis sekali, bukan?

2. Lebih jarang terserang hama dan penyakit

Lingkungan tumbuh budidaya hidroponik lebih terjaga dan bersih. Hal tersebut secara tidak langsung menekan serangan hama dan penyakit. Sayuran pun tumbuh dengan lebih optimal dan Anda pun tidak perlu susah payah menangani hama dan penyakit.

3. Media tanam serta peralatannya mudah didapatkan

Ada beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk menanam tanaman hidroponik, misalnya pipa, pompa air, dan sebagainya. Peralatan tersebut mudah untuk didapatkan. Anda pun bisa segera memulai bertanam hidroponik.

4. Permintaan pasar tinggi

Sayuran hidroponik dinilai lebih sehat dan berkualitas tinggi. Sayuran hidroponik memang tidak menggunakan pestisida, sehingga bebas dari bahan kimia.

Kualitas sayuran hidroponik membuatnya semakin dicari masyarakat, terutama mereka yang menggemari makanan sehat, termasuk sayuran hidroponik. Permintaan pasar akan sayuran hidroponik terhitung bagus. Banyak pebisnis sayuran hidroponik yang meraup omzet jutaan rupiah, bahkan hingga puluhan juta.

5. Harga jual sayur-mayur hidroponik lebih tinggi

Sayuran hidroponik dinilai lebih berkualitas dan lebih sehat, karena bebas dari pestisida dan bahan kimia lainnya. Dibandingkan dengan yang non hidroponik, sayuran hidroponik nilainya lebih tinggi. Hal ini tentunya memberikan peluang yang baik bagi Anda yang ingin berbisnis.

Tips dalam menjalankan bisnis sayur hidroponik

Tentunya, dibutuhkan strategi agar bisnis sayuran hidroponik berjalan lancar. Beberapa strategi di bawah ini bisa Anda coba.

  • Mempelajari budidaya hidroponik. Pelajari budidaya hidroponik dengan baik. Ada beberapa teknik tanam hidroponik yang bisa dicoba. Selain itu, masing-masing jenis tanaman memiliki cara tanamnya tersendiri.
  • Bekerja sama dengan toko atau supermarket. Lakukan kerja sama dengan toko atau supermarket untuk memasarkan produk. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda bisa memenuhi kebutuhan toko atau supermarket tersebut.
  • Maksimalkan promosi lewar medsos. Manfaatkan kekuatan internet untuk mempromosikan sayur-mayur Anda. Anda bisa membuat akun medsos atau website khusus untuk bisnis Anda.
  • Tekun dan disiplin. Sama seperti menjalankan bisnis lainnya, tentu dibutuhkan ketekunan dan kedisiplinan dalam berbisnis sayuran hidroponik. Bercocok tanam prosesnya panjang, Anda perlu telaten mengikutinya.

Simak terus berbagai artikel menarik lainnya seputar bisnis hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

Photo by Jatuphon Buraphon from Pexels

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *