Headline Insider Inspirasi Inspirasi Tips Bisnis

Inilah Prediksi Kedai Kopi 2021!

 

Loading...

Industri kedai kopi yang sangat menjanjikan hingga awal 2020 semakin berkembang pesat, termasuk bisnis kedai kopi yang akan mempengaruhi prediksi kedai kopi di tahun 2021.

Hal ini terlihat dari beragam kalangan konsumen pecinta kopi di seluruh dunia yang semakin membuat industri tersebut populer. Selain itu, banyak negara berkembang yang juga berperan penting sebagai penghasil tanaman kopi, tidak terkecuali Indonesia.

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil biji kopi terbaik

Namun, dengan adanya Covid-19 yang memperlambat produksi serta permintaan, yang kemudian mengganggu rantai pasokan global, sehingga membuat industri kopi global seperti kedai kopi terhenti dalam beberapa bulan terakhir.

Suasana kedai kopi yang ramai dengan pelajar, pekerja jarak jauh atau digital nomad, dan teman yang bersenda gurau telah memudar untuk sementara waktu dari hiruk pikuk keberadaan kedai kopi.

Untuk meningkatkan eksistensi kedai kopi ditengah pandemi, mungkin dibutuhkan beragam cara serta inovasi. Meskipun begitu, budaya kedai kopi mungkin memerlukan amandemen jangka pendek, tetapi satu hal tetap sama: orang menyukai kopi.

Prediksi Kedai Kopi 2021
Kedai Kopi sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat urban

Secara global, kopi adalah industri bernilai miliaran dolar yang menurut prediksi para ahli akan tumbuh meskipun terjadi perlambatan di bagian lain pasar ekspor. Maka diperlukan prediksi kedai kopi 2021 untuk memantau perkembangannya.

Dari data yang didapatkan dari Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian, konsumsi kopi pada masyarakat Indonesia pada tahun 2016 mencapai sekitar 250 ribu ton dan tumbuh 10,54% menjadi 276 ribu ton.

Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui bahwa konsumsi kopi di Indonesia sepanjang periode 2016-2021 diperkirakan tumbuh rata-rata 8,22% / tahun.

Sedangkan pada 2021, pasokan kopi diperkirakan mencapai 795 ribu ton dengan konsumsi 370 ribu ton sehingga surplus 425 ribu ton.

Dengan tetap menjamurnya usaha kedai kopi di Indonesia, diperkirakan industri tersebut tetap akan menjadi primadona di kalangan masyarakat urban.

Lalu, seperti apa prediksi prospek bisnis Kedai Kopi di tahun 2021?

Mebiso merangkum beberapa tren kedai kopi di tahun 2021, yang mungkin bisa menjadi pencerahan bagi Anda pecinta kopi maupun pemilik bisnis kedai kopi.

Kopi Siap Minum atau Ready to Drink (RTD)

Kopi siap minum atau Kopi RTD dianggap sebagai alternatif yang lebih sehat daripada soda, diikuti dengan tren es kopi kekinian sebagai minuman populer.

Pilihannya pun beragam, seperti Dalgona Coffee, Caramel Macchiato, dll. Hal tersebut tentu saja membantu meningkatkan status premium pasar tersebut.

Selain rasanya yang nikmat dan variannya yang beragam, kopi RTD atau es kopi juga lebih efisien untuk dinikmati.

Produksi Biji Kopi Kiloan

Jual beli biji kopi di kedai kopi sudah bukan hal baru lagi, terutama bagi para pecinta kopi. Bisnis kopi yang satu ini diprediksi akan tetap menjadi pilihan bagi masyarakat urban pecinta kopi di tahun 2021.

Prediksi Kedai Kopi 2021
Biji kopi berkualitas adalah kunci kenikmatan secangkir kopi

Selain memperkenalkan beragam biji kopi pilihan dari seluruh daerah di Indonesia, bisnis yang satu ini juga membantu para petani kopi untuk terus berproduksi. Karena bisnis ini membutuhkan koneksi dengan para petani kopi, melalui pembelian secara langsung dari tangan pertama. 

Berlangganan Kopi

Salah satu industri kedai kopi yang diprediksi akan menjadi tren di 2021 adalah dengan metode berlangganan kopi. Metode ini sudah lebih dulu berkembang di Eropa, di mana pemasok mengirimkan kopi kepada konsumen langsung ke pintu rumah mereka.

Metode berlangganan kopi dengan sistem delivery service di masa pandemi

Metode ini juga diprediksi akan menjadi pilihan yang tepat bagi para konsumen, terutama di-era pandemi seperti sekarang.

Semenjak dunia digemparkan oleh Covid-19 serta himbauan lockdown di seluruh dunia, masyarakat mulai lebih waspada untuk menjaga jarak dengan memilih untuk mengisolasi diri dari luar.

Berangkat dari alasan tersebut, produsen industri kopi pun mulai mengedepankan konsep tersebut, sehingga dengan demikian konsumen tetap dapat menikmati kopi meskipun terjebak di rumah.

Demikianlah tren di industri kedai kopi yang diprediksi akan meroket di tahun 2021 mendatang.

Nah, bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk mencoba?

Melalui prediksi tersebut, diharapkan para produsen atau pemilik bisnis kedai kopi tetap optimis untuk terus berinovasi di masa depan. Begitupun untuk para konsumen agar dapat menikmati kopi dengan beragam cara yang berbeda.

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *