Jagoan Hosting Running A Business

Project Time Management: Peran dan Hal-Hal yang Kamu Harus Tahu!

 

Project Time Management – Menjalankan sebuah proyek tentunya membutuhkan perhitungan yang matang supaya dapat berjalan dengan lancar, bukan? Mulai dari perencanaan, proses, hingga eksekusinya perlu dijadwalkan, sehingga sesuai dengan target yang diharapkan.

Maka dari itu, kamu membutuhkan yang namanya project time management. Singkatnya, project time management merupakan aktivitas yang mencakup keseluruhan kegiatan dalam rangka menyelesaikan sebuah proyek secara menyeluruh, supaya dapat memenuhi target waktu yang telah disediakan.

Manfaat saat menerapkan project time management adalah mengarahkan dan membimbing orang-orang yang terlibat dalam proyek tersebut supaya dapat mengerjakan job desk nya masing-masing, sehingga nggak ada yang tumpang tindih dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikannya.

Alur project time management

project time management
Photo by Alvaro Reyes on Unsplash

Dilansir dari Dictio, berikut ini terdapat 4 alur project time management. Penjelasan lengkapnya seperti ini, Sob!

1. Activity definition

Melakukan perincian aktivitas dan divisi-divisi apa saja yang terlibat. Mulai dari sumber daya yang dimanfaatkan, biaya yang dibutuhkan hingga jangka waktu yang ditetapkan untuk menyelesaikan proyek.

2. Activity sequencing

Proses untuk mendokumentasikan dan mengidentifikasi saat proyek sedang dijalankan, apakah ada yang harus diperbaiki atau diberikan pengubahan, baik dari permintaan klien atau ketentuan dari perusahaan itu sendiri.

3. Activity duration estimating

Meskipun di tahap activity definition sudah diperhitungkan, akan tetapi pada tahap activity sequencing tentunya dapat mengalami pengubahan oleh berbagai macam faktor sehingga pada tahap activity duration estimating mulai melakukan penghitungan dan perkiraan diselesaikannya proyek.

4. Schedule development

Tahap terakhir adalah activity development, yakni dilakukannya evaluasi mengenai keseluruhan proyek yang dijalankan, apakah sudah mencapai target, tiap divisi sudah mengerjakan job desk nya secara keseluruhan atau belum, hingga biaya yang digunakan, apakah sudah sesuai budget yang ditetapkan atau justru sebaliknya)

Poin utama project time management

project time management
Photo by Brands&People on Unsplash

Dalam menerapkan project time management, dikutip dari Proverri, terbagi atas 4 bagian. Berikut penjelasannya!

1. Jangkauan dan cakupan (scope)

Saat menjalankan sebuah proyek, tentunya bukan rahasia umum ketika satu orang mempunyai tujuan dan pola pikir yang berbeda, dan hal tersebut menjadi sebuah tantangan untuk mencari “jalan tengah” supaya masing-masing pihak nggak merasa dirugikan.

Maka dari itu, pada poin scope, diciptakan beberapa aturan dan batasan yang harus disepakati bersama-sama.

2. Waktu pelaksanaan (time) jadi poin penting dalam project time management

Nggak kalah penting, pelaksanaan proyek harus dipikirkan secara matang dari segi estimasi waktu. Misalnya saja jika proses pengerjaannya sedikit terlambat, tentu biaya yang sudah ditetapkan pada perjanjian awal bisa membutuhkan sokongan lebih banyak.

Oleh karena itu, poin time juga berfungsi untuk melakukan pengontrolan secara terarah.

3. Biaya penanganan proyek (cost)

Besaran cost juga dipengaruhi oleh dua poin sebelumnya, yakni time dan scope. Jika keduanya dapat berjalan dengan seimbang dan meminimalisir kesalahan yang terjadi, tentunya biaya yang telah ditetapkan juga sesuai anggaran.

4. Kualitas (Quality)

Proyek yang dikerjakan tentunya nggak hanya “sekedar selesai” saja, melainkan dibutuhkan pemantauan terkait kualitasnya. Apakah hasil akhir proyek sesuai dengan keinginan klien? Apakah perusahaan benar-benar sudah menyelesaikan proyek tersebut sesuai dengan rencana?

Ternyata, peran manajemen waktu dalam mengerjakan begitu penting, ya? Untuk kamu yang nggak begitu familiar dengan hal ini tentunya merasa bingung bagaimana cara menghandle sebuah proyek yang dijalankan supaya dapat mencapai target.

Namun, kamu nggak perlu khawatir! Saat ini, untuk menerapkannya nggak perlu ribet, karena kamu bisa memanfaatkan aplikasi project time management supaya jauh lebih mudah.

Kalau proyek yang kamu jalankan mengandalkan aplikasi dan membutuhkan rekomendasi server terbaik, kamu bisa banget menggunakan layanan VPS X yang ditawarkan oleh Jagoan Hosting, lho! Kamu bisa menyesuaikan berbagai macam kebutuhan kamu terkait aplikasi yang digunakan mulai dari harga Rp80.000-an aja!

Dapatkan kesempatan untuk merasakan layanan terbaik dari Jagoan Hosting dengan cara cek layanan VPS X disini!


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *