Technology

Psikologi Warna di Berbagai Belahan Dunia

 

Loading...

Efek warna secara psikologis itu bervariasi di berbagai belahan dunia. Contohnya warna putih melambangkan kesucian di negara-negara Barat.  Tetapi di sejumlah negara Afrika dan Asia, warna ini seringkali dikaitkan dengan kematian.

Mengapa penting untuk memahami sifat warna di lintas budaya?

Warna erat kaitannya dengan simbolisme agama dan politik yang berbeda di berbagai belahan dunia. Sebuah palet warna yang dianggap diterima di satu wilayah mungkin tabu di wilayah lain di dunia. Makanya penting sekali agar kita memahami psikologi warna di setiap budaya yang berbeda. Kita dapat mengkomunikasikan pesan yang tepat dan menghindari menyinggung konsumen secara tidak sengaja.

Asia

Merah: Merah adalah warna keberuntungan dan selebrasi di kebanyakan negara Asia. Warna ini dipakai oleh pengantin selama upacara pernikahan. Merah juga warna dari vitalitas dan pertumpahan darah. Di Cina, merah diasosiasikan dengan pemerintahan Komunis.

Putih: Warna ini dikaitkan dengan sifat maskulin dan kekuatan elemen “yang” di alam. Di sebagian besar negara Asia, putih mewakili musim gugur, kematian dan dikenakan pada saat pemakaman.

Africa

Emas: Simbol dari keabadian dan kebangsawanan. Seperti di banyak kebudayaan, warna emas disini dipakai sebagai simbol kekayaan dan kekuasaan.

Hitam: Simbol dari usia, kematangan dan kebijaksanaan.

Hijau: Pertumbuhan, kesuburan dan kehidupan.

Timur Tengah

Biru: Simbol kerohanian. Biru juga mewakili air (sumber daya yang berharga di padang pasir).

Hijau: Dianggap sebagai warna yang paling suci dan mewakili konsep surga sebagai taman. Dia juga berafiliasi dengan penyembuhan dan perlindungan dari penyakit.

Ungu: Di pesisir Israel, ungu diasosiasikan dengan laut, karena disana banyak ditemukan kerang berwarna ungu (yang digunakan orang untuk membuat pewarna).

Amerika Tengah dan Selatan

Merah: Bagi suku Aztec, warna ini dikaitkan dengan darah dan pengorbanan. Suku Aztec menghasilkan pigmen merah dari penggilingan kumbang Cochineal. Karena begitu sulit untuk membuatnya, maka warna ini dianggap sangat berharga. Mobil merah ilegal di Brazil karena mereka terbukti menyebabkan banyak kasus kecelakaan lalu lintas lebih banyak di banding mobil dengan warna lain.

Ungu: Adalah warna berkabung di Brazil dan mewakili keseimbangan hidup dan mati.

Kuning: Melambangkan matahari dan kekayaan di banyak negara Amerika Tengah dan Selatan. Di Meksiko, kuning melambangkan cahaya yang membantu jiwa menemukan jalan ke akhirat, dan sering terlihat dalam dekorasi acara tahunan seperti Dia de los Muertos.

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *