Running A Business

Puyeng Dolar Naik? Berikut Tips Supaya Usaha Anda Tetap Sukses

 
  • 6
    Shares

Loading...

Dolar naik, maka pengeluaran juga akan bertambah, barang kebutuhan pokok akan semakin mahal. Banyak yang mengeluh akan hal ini, apalagi yang naik adalah barang-barang kebutuhan pokok untuk mengantisipasinya diperlukan kecermatan dalam pengeluaran apalagi Anda adalah seorang pengusaha yang tergantung pada nilai dolar. Supaya Anda tidak rugi banyak, maka diperlukan tips di bawah ini supaya usaha Anda tidak gulung tikar:

1. Mulai menjaga sistem keuangan

Dalam hal ini dibutuhkan list pengeluaran baik itu pada perusahaan maupun untuk keluarga Anda. Setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang masuk dalam pengeluaran, mulailah membuat list untuk pengeluaran, supaya pengeluaran bisa diperkirakan, karena pendapatan yang kita dapat terkadang tetap setiap bulannya namun pengeluaran selalu tidak menetap, biasanya lebih banyak pengeluaran daripada pendapatan. Dengan menyatat setiap pengeluaran, dan menjadikan list pengeluaran itu tatap, maka pengeluaran Anda akan stabil. Walaupun dolar naik dan berdampak pada kebutuhan pengeluaran Anda, setidaknya list kebutuhan itu menjadi patokan supaya pengeluaran tetap stabil. Jika ini terus menerus Anda lakukan maka, list kebutuhan itu akan menjadi andalan Anda dalam menjaga kebutuhan pengeluaran usaha Anda.

2. Buat cadangan dana

Ini untuk mengantisipasi apabila terdapat kebutuhan yang mendesak, jika dana cadangan mencukupi, sewaktu Anda butuh dana lebih, tidak akan bingung mencari dana tambahan. Selalu masukkan dana cadangan dalam list kebutuhan, untuk memperpanjang usia usaha anda selama mungkin, dan dana yang sudah digunakan bisa terisi kembali.

3. Satu usaha dulu cukup

Selama dolar naik, cukuplah pikirkan tentang usaha yang sedang Anda jalankan, jangan keburu berpaling pada usaha yang lain. Selalu memfokuskan pada usaha yang sudah Anda jalankan, dan lupakan sementara untuk menambah usaha atau berpindah pada usaha lain selama keadaan dolar belum stabil. Karena jika Anda terlalu banyak rencana berusaha dan tidak focus dengan usaha yang sudah Anda jalankan, itu akan membuang banyak uang dan usaha yang sudah berjalan bisa tidak berjalan dengan baik. Perbesar dan stabilkan dlu satu usaha anda, selanjutnya Anda bisa mengembangkan usaha Anda dengan baik.

4. Strategi manajemen pemasaran

Dengan memikirkan bagaimana cara untuk pelanggan tatap menjadi pelanggan setia merupakan hal yang tidak mudah. Dengan naiknya dolar, makan setiap produk yang kita jual, besar kemungkinan juga akan naik. Solusi supaya pelanggan tidak kabur yaitu dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Misalkan harga produk A saja – 100ribu, dan ketika kita membeli produk ABC harganya 270 ribu. Orang akan berfikir lebih murah membeli banyak karena harga persatuan produk A adalah 90. Ini adalah salah satu strategi pemasaran untuk mencegah pelanggan kabur saat dolar naik.

5 Formula Rahasia Para Pebisnis Milyaran

Hal diatas merupakan cara bagaimana supaya mengantisipasi apabila sewaktu-waktu dolar berdampak pada produk yan kita jual. Dengan melakukan pencegahan diawal, maka tidak akan membuat kita kaget dengan perubahan kondisi dipasaran. Dan usaha kita tetap berkibar dipasaran. Tidak inginkah Anda melakukan bisnis tanpa perlu mengalami jatuh terlebih dahulu? Ketahui banyak lagi tips dan rahasia bisnis dari pengusaha sukses beromset milyaran dengan mendownload Ebook The Bilionaires Blueprint sekarang juga.

Loading...

  • 6
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *