Leadership

Raih Sukses Dengan 21 Aturan Ini

 
  • 6
    Shares

   

Sukses itu bukan mimpi yang secara instan bisa kita dapatkan. Bukan dalam waktu singkat seseorang yang bermimpi sukses bisa menjadi benar – benar sukses. Terlebih saat kita berharap kesuksesan itu berupa kekayaan finansial, yang sudah pasti tidak akan mudah didapatkan. Semua butuh proses, dan semua butuh usaha. Dan itu sebabnya kita harus tahu peraturan apa saja yang lingkungan berikan kepada kita agar kita mudah meraih sukses.

1. Mengatur kebiasaan sehari – hari yang baik. Semua dimulai dari kebiasaan diri sendiri sebelum akhirnya menciptakan kebiasaan untuk lingkungan

Tidak ada yang bisa menjamin orang malas bisa menjadi kaya dalam tempo waktu singkat. Bahkan mereka juga belum tentu bisa kaya dalam waktu yang lama. Perbedaan antara orang sukses dan orang yang gagal terletak pada kebiasaan sehari – hari mereka. Sederhananya, orang – orang sukses memiliki banyak kebiasaan yang baik dan hanya beberapa yang buruk. Tapi mereka paham bagaimana mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan buruk agar bisa menjadi lebih sukses. Cobalah dalam 30 hari menuliskan apa saja kebiasaan baik yang kita miliki dan melakukannya. Dan menuliskan apa saja kebiasaan buruk kita dan mulai untuk memperbaikinya.

2. Orang sukses tidak pernah putus menciptakan mimpi, tujuan dan goals mereka dalam hidup

Orang sukses memang menjadi pemimpi ulung yang tidak takut untuk bermimpi setinggi apapun. Tapi mereka lebih baik karena mereka tahu apa yang mereka impikan, dan apa yang mereka ingin capai. Ini memudahkan mereka untuk bisa menetapkan langkah dan melakukan usaha untuk mencapai segala goals dan tujuan mereka.

3. Yang jelas usaha saja tidak cukup, perlu ada perbaikan diri setiap hari yang dilakukan secara rutin

Usaha sekeras apapun tidak akan berarti ketika semua dilakukan tanpa perbaikan. Saat kita sekolah usaha belajar kita akan diuji saat ulangan, dan saat ada sesuatu yang salah atau mendapat nilai dibawah rata – rata maka akan dilaksanakan perbaikan. Begitu juga dalam upaya mencapai sukses. Tidak ada orang yang berusaha tanpa melakukan salah sekecil apapun itu. Mereka pasti pernah salah, dan mereka harus memperbaikinya. Koreksi apa usaha kita setiap harinya, dan perbaiki apa yang salah atau apa yang kurang.

4. Dan secara teratur orang sukses akan peduli terhadap kesehatan dirinya sendiri. Mereka tidak akan membiarkan waktu terbuang karena mereka jatuh sakit

Orang sukses bukan hanya dilihat dari seberapa keras mereka bekerja. Tapi seberapa peduli mereka terhadap diri mereka sendiri juga. Mereka yang sukses tidak akan membiarkan waktu bekerjanya hilang dengan percuma saat mereka mulai sakit dan berhenti beraktifitas. Mereka akan senantiasa peduli dan menjaga kesehatan dengan baik.

5. Mereka bahkan selalu menciptakan waktu khusus untuk membangun sebuah hubungan dengan orang baru

Sukses tidak dibangun oleh diri kita sendiri. Kita butuh teman dan orang yang mendukung dan memberikan support bantuan kepada kita. Itu sebabnya tidak ada orang sukses yang tidak memiliki banyak teman. Mereka akan selalu berusaha mencari banyak relasi atau partner sukses. Dimanapun mereka, orang sukses selalu menyisihkan waktu untuk berkenalan dan mengakrabkan diri dengan orang baru.

6. Orang sukses itu tahu kapan waktu bekerja, bersantai dan waktu untuk benar – benar serius bermimpi. Mereka selalu seimbang

Mereka seimbang! Orang yang sukses bukan mereka yang tanpa hentinya bekerja. Tapi mereka juga yang bisa menyeimbangkan kehidupan karir, keluarga dan lingkungan sekitar. Tidak berarti mereka sukses jika mereka jauh dari keluarga dan lingkungan.

7. Yang pasti mereka tidak pernah menunda sesuatu untuk segera mereka lakukan

Mereka yang sukses tidak pernah menyia – nyiakan waktu dengan hanya diam dan menunggu waktu yang tepat. Mereka akan mengutamakan action ketimbang hasil yang didapatkannya nanti. Rencana tidak berarti jika hanya dibicarakan dan ditulis, tanpa segera direalisasikan.

8. Mereka manusia biasa yang selalu berfikir positif terhadap apapun yang mereka temui

Tidak ada orang sukses yang bisa hidup di tengah fikiran negatif yang ia miliki. Mereka yang mengaku bisa sukses adalah yang mampu mengendalikan emosi dan mengatur emosi negatif menjadi suatu motivasi yang positif. Orang sukses selalu jauh dari fikiran negatif tentang apapun yang ia temui.

9. Bukan pelit atau hemat berlebihan, tapi mereka lebih teratur untuk memberdayakan uang

Buat kamu yang ingin sukses di usia muda, jangan sia – siakan uangmu untuk hal yang tidak memberikan manfaat. Berdayakan kekayaanmu untuk hal yang lebih berguna, seperti investasi atau berbisnis lainnya. Mereka yang sukses bukan mereka yang boros dan suka menghabiskan uang dengan mudah. Tapi mereka yang punya perencaan finansial yang baik.

10. Tidak pernah mereka membatasi diri dan menutup diri

Kalau masih takut untuk melangkah jangan harap kamu akan sukses. Mereka yang sukses tidak pernah takut untuk mencoba, salah dan kembali bangkit. Jangan batasi diri dengan apa yang sudah kita dapatkan sekarang. Menutup diri juga tidak akan membuat kita berkembang, justru akan membuat kita cepat merasa puas.

11. Mereka memiliki padangan tentang hidup yang jauh lebih berarti dari orang kebanyakan

Orang sukses memiliki pandangan tentang hidup yang lebih jauh dan lebih baik dari orang lain. Mereka sudah bisa memperkirakan dan mulai mempersiapkan hari besok. Karena mereka yang gagal akan membiarkan hari besok menjadi hari besok tanpa rencana dan tanpa usaha.

12. Orang sukses itu bukan mereka yang merasa puas dengan ilmu. Waktu mereka adalah untuk selalu belajar dan belajar

Belajar itu bukan hanya milik orang yang masih berusaha untuk sukses. Tapi mereka yang sudah mencapai puncak kesuksesan juga akan terus belajar. Salah satu yang paling mudah adalah membaca. Tidak ada orang yang pintar dengan mudah tanpa membaca. Apapun yang mereka inginkan tidak akan mudah didapat ketika hanya mengandalkan ilmu yang diberikan tanpa dicarinya.

13. Membiasakan untuk lebih produktif. Salah satunya dengan meminimalkan waktu menonton TV

Bersantai itu perlu dan mungkin menjadi keharusan agar kita tidak mudah stres. Tapi kita bisa mulai mengatur waktu bersantai seperti menonton TV. Lebih baik waktu yang kita miliki digunakan untuk hal yang lebih produktif lainnya. Seperti melakukan hobi atau kesenangan kita terhadap sesuatu.

14. Bahkan mereka bertekad untuk memberikan apa yang diminta oleh orang lain. Memberi kepuasan lebih dari yang dibayangkan

Orang sukses tidak akan cepat puas memberikan apa yang orang lain minta. Mereka akan berusaha untuk memberikan apa yang orang lain tidak pernah bayangkan. Artinya mereka akan berusaha memberikan lebih dari sekedar yang dimintanya.

15. Tidak banyak bicara dan lebih peka untuk memperhatikan sekitar melalui setiap yang didengarnya

Lihat saja orang – orang sukses seperti Bill Gates dan Steve Jobs bukanlah mereka yang suka atau banyak bicara. Kebanyakan mereka adalah orang dengan kepribadian introvert yang tidak banyak berbicara. Tapi mereka lebih peka untuk mendengar apa yang orang lain bicarakan. Itu artinya mereka lebih peka memperhatikan apa yang orang lain butuhkan melalui apa yang mereka dengarkan.

16. Orang sukses itu jauh dari kata “Menyerah”

Tidak mudah memang mencapai sukses ketika kita sudah merasa melakukan banyak hal tapi tidak kunjung meraih yang diinginkan. Tidak jarang kita akan menyerah sebelum bisa mencapai tujuan. Tapi ingat lagi, orang sukses punya 10000 cara lebih untuk bisa mencapai mimpi mereka. Tidak ada kata menyerah selagi mereka masih bisa berusaha.

17. Mereka selalu berada diantara orang – orang yang memiliki pikiran positif

Selain selalu berfikir positif terhadap orang lain, orang sukses juga berada di antara orang – orang dnegan pikiran positif juga. Karena mereka tahu selain usaha mereka sendiri, lingkunganlah yang juga membantu mereka untuk mencapai sukses.

18. Siapa bilang orang sukses tidak butuh mentor? Mereka juga butuh orang yang akan membantu mencari solusi dan jalan untuk bisa sukses

Mentor itu juga bukan hanya diperuntukkan bagi orang yang masih mau merintis karir sukses. Mereka yang sukses juga butuh seorang mentor. Bukan hanya orang dengan kedudukan dan ilmu yang lebih tinggi dari mereka. Tapi mentor bisa didapatkan dari teman, sahabat atau partner mereka sendiri.

19. Mereka jauh lebih paham apa yang sebenarnya ingin mereka capai daripada orang lain

Orang sukses itu harus lebih paham dengan apa yang sebenarnya ingin mereka capai. Orang lain boleh tahu tujuan kita, tapi mimpi kita sesungguhnya hanya kita yang tahu. Sebesar apapun mimpi, saat kita tidak tahu dengan baik apa tujuan kita maka itu tidak mudah untuk dicapai.

20. Ketakutan itu milik semua orang. Tapi orang sukses tidak membiarkan ketakutannya merajai keinginannya untuk lebih sukses

Rasa takut gagal itu pasti melanda siapa saja. Tidak terkecuali orang sukses yang selalu berusaha mengalahkan rasa takut dan merubahkan menjadi sebuah keberanian untuk maju. Mereka tidak pernah membiarkan rasa takut merajai diri mereka dan membiarkan mereka menyerah.

21. Dan mereka selalu UPGRADE keterampilan. Dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun

Yang terakhir adalah keterampilan mereka yang selalu diUpgrade. Mereka tahu mereka punya kelebihan, tapi mereka selalu tahu bagaimana memberdayakan kemampuan untuk mengembangkan keterampilan yang dimilikinya. Belajar apapun dan mengembangkan keterampilan apapun itu akan membuat kita lebih berkembang.

Jadi, sukses itu usaha bukan hasil yang bisa didapatkan dengan mudah :)

Baca juga:

Sukses itu Dibentuk, Bukan Bawaan Lahir

7 Tips Bisnis Sukses untuk Enterpreneur Muda

Apa Saja Kebiasaan yang Dilakukan Orang – Orang Sukses Di Dunia?

                              
Loading...

  • 6
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *