Running A Business

Raup Jutaan Rupiah Setiap Jamnya dari 4 Metrik Penting di Email Marketing

 

Loading...

Mengenal digital marketing membuat Anda mengenal banyak media untuk mempromosikan bisnis Anda kepada dunia. Salah satu yang banyak digunakan adalah email. Tidak ada bisnis yang tidak menggunakan email sebagai media komunikasi dengan pelanggan mereka, saya yakin Anda termasuk salah satunya.

Email marketing bukan hanya berfungsi sebagai media untuk menyampaikan informasi kepada pelanggan, tapi juga berfungsi untuk media pembangun database pemasaran bagi bisnis kita. Kita bisa mendapatkan banyak data siapa saja yang tertarik dengan bisnis kita dan bisa kita pospek untuk penawaran bisnis kedepannya.

Bukan tanpa tantangan, email marketing yang terlihat mudah juga memiliki tantangan bagi kita yang menggunakannya. Itu sebabnya kita harus terus mengukur keberhasilan kampanye email marketing kepada pelanggan kita. Mulai dari seberapa banyak yang membuka, melakukan interaksi melalui tombol sampai dengan membeli produk melalui email tersebut.

Beberapa tools juga sudah mulai diciptakan untuk memudahkan para pebisnis termasuk Anda untuk melacak setiap data email yang muncul. Ini akan membantu menciptakan strategi terbaik untuk bisnis Anda.

Nah, dibawah ini kami mencoba menjelaskan 4 metrik email yang penting untuk diamati dan diukur. Apa saja itu?

1. Open Rate

Seringkali kita mendengar “Open Rate” email. Bagi Anda yang belum tahu apa itu Open Rate, ia adalah persentase terhadap penerima email kita yang membukanya. Karena seperti yang kita tahu sebelumnya, bahwa setiap email yang kita kirimkan kepada pelanggan, tidak semuanya membuka email tersebut.

Dengan mengamati setiap jumlah Open Rate dari email kita, kita akan tahu seberapa menarik atau pentignya email kita untuk dibuka oleh pelanggan.

Salah satu yang mempengaruhi pelanggan untuk membuka email kita untuk pertama kalinya adalah Subject email. Dari subject yang kita tuliskan, setiap penerima email akan mempertimbangkan penting atau tidaknya email kita untuk dibuka.

Artikel berikut ini akan membantu Anda menciptakan email yang mampu membuat pelanggan langsung membuka email Anda. Bukan hanya dari judul lo ternyata, karena ada hal lain yang harus diperhatikan.

Blogger2

2. Click Through Rate

Selanjutnya ada juga istilah “Click Through Rate”, yang berarti setiap pelanggan yang membuka email sudah mengklik link yang ada di dalamnya.

Melalui metrik ini, kita bisa mengukur seberapa tertarikkan pelanggan terhadap CTA yang kita berikan di dalam email. CTR ini akan menunjukkan bagaimana gambaran terhadap pelanggan yang mau melakukan tindakan lebih lanjut terhadap email yang kita kirimkan.

Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan membuat konten yang menarik dan menginspirasi pelanggan untuk mengambil tindakan. Misalnya saja dari bentuk dan warna tombol, Anchor Text(kata atau kalimat yang berisikan link penawaran, produk atau artikel), dan lain sebagainya.

3. Unsubscribe Rate

Ingat! Tidak semua pembaca email kita mau untuk selalu menerima email dari kita. Untuk itu Unscubscribe Rate juga penting untuk diperhatikan. Unsubscribe Rate adalah persentase penerima email yang sudah berhenti berlangganan dari email kita. Pelacakan ini memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana email yang Anda kirimkan dari waktu ke waktu sudah dan masih relevan dengan pelanggan Anda.

Dan untuk mengurangi tingkat Unsubscribe ini, kita bisa mencoba untuk menyelidiki apa yang membuat mereka keluar dari berlangganan email dari Anda. Mulai dari konten yang sudah lagi tidak menarik, terlalu banyak penawaran di dalam email sampai dengan terlalu banyak email yang mengganggu pelanggan.

Hingga salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menanyakan langsung kepada mereka. Ketika mereka mulai menekan tombol Unsubscribe email kita, pertanyaan survey bisa muncul dan data bisa kita jadikan bahan untuk perbaikan dan menemukan solusi. Artikel berikut akan membantu Anda untuk mendapatkan leads dari email Anda.

4. Conversion Rate

Yang terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah Conversion Rate. Yaitu setiap orang yang mengklik mellaui email kita dan kemudian melakukan apa yang kita harapkan, misalnya saja mengisi form yang sudah kita sediakan pada halaman lainnya. Ini adalah salah satu GOL pentingya. Karena dari sini kita bisa mengukur seberapa efektif email yang kita kirimkan dalam meyakinkan pelanggan untuk mengambil tindakan terhadap email kita.

Nah, salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan memastikan setiap pelanggan yang menerima email kita mau untuk mengklik penawaran kita. Anda bisa mengikuti tips berikut ini untuk menciptakan email penawaran yang tidak bisa ditolak oleh pelanggan Anda.

Selain itu kita juga bisa mengoptimalkan dari sisi desain dan isi dari halaman arahan yang Anda kirimkan ke pelanggan. Misalnya dengan menciptakan halaman yang simple dan mudah bagi pelanggan untuk mengisi form yang Anda sediakan.

Nah, melalui keempat metrik inilah kita bisa mengukur seberapa sukses email marketing yang kita buat dan kita kirimkan kepada pelanggan. Bahkan Anda juga bisa mengujinya kepada orang yang belum Anda kenal untuk dijadikan calon pelanggan potensial bisnis Anda.

 

Strategi marketing online merupakan satu dari sekian strategi sukses yang diterapkan oleh banyak pebisnis sukses. Selain strategi marketing online, masih banyak rahasia yang sudah dilakukan oleh para pebisnis untuk mencapai kesuksesan. Jangan lewatkan kesempatan berharga untuk meraih sukses berbisnis melalui email marketing yang sulit ditolak oleh pelanggan Anda. Kami menggunakan dan merekomendasikan Getresponse untuk layanan email marketing Anda.

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *