Business Says Leadership Start A Business

Pembuatan Rencana Bisnis UKM Wajib Perhatikan Hal Ini!

 

Rencana bisnis UKM – Tak semata-mata hanya membutuhkan modal, bisnis juga membutuhkan perencanaan yang matang. Sebab, dengan adanya rencana bisnis maka Anda dapat menjalankan bisnis UKM secara terstruktur dan sistematis sehingga mampu mencapai hasil yang diharapkan.

Namun, sudahkah Anda mengenal apa itu rencana bisnis? Secara sederhananya, rencana bisnis merupakan pernyataan formal yang memuat alasan dan tujuan pendirian suatu bisnis serta strategi-strategi yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan tersebut. Rencana bisnis wajib dibuat oleh berbagai macam model bisnis, tak terkecuali bagi UKM.

Lantas, bagaimana membuat rencana bisnis untuk UKM? Berikut ini tips membuat rencana bisnis untuk UKM.

Mulai rencana bisnis UKM Anda dengan tujuan yang terukur

pertimbangkan segala potensi yang ada dan menyesuaikannya dengan tujuan secara rasional.
Sumber: inlab digital

Wajib bagi Anda untuk membuat target dan tujuan yang terukur. Dalam artian, Anda mempertimbangkan segala potensi yang ada dan menyesuaikannya dengan tujuan secara rasional.

Anda bisa menentukan berapa besaran omset yang akan diraih dalam kurun waktu atau periode tahun tertentu. Dengan begini, Anda akan selalu fokus untuk meraih tujuan bisnis Anda di tahun tertentu yang sudah Anda tulis. Dengan menentukan tujuan dan target ini pula, Anda akan terhindar dari kegiatan lain yang bersifat non-prioritas.

Jangan lupakan komponen-komponen utama dalam rencana bisnis UKM Anda

Pastikan Anda memikirkan komponen-komponen utama dalam rencana bisnis. Diantaranya, model bisnis, target pasar, analisis pesaing, dan rencana keuangan.

Pasalnya, rencana bisnis dibutuhkan untuk memberikan informasi tentang kejelasan bisnis secara mendetail. Dengan begitu, Anda bisa mendapat gambaran perihal progress bisnis yang dikerjakan, detail pasar, pemasaran, struktur dan strategi bisnis, serta pesaing.

Perhatikan format rencana bisnis

Anda bisa menjelaskannya secara lisan dalam diskusi atau saat mempresentasikannya
Sumber: Startup Stock Photos di Pexels

Mengingat Anda juga perlu mencari modal usaha ke bank atau investor, pastikan rencana bisnis yang Anda buat cukup detail tapi tidak terlalu panjang dan bertele-tele.

Anda bisa menjelaskan setiap komponen utama dalam garis besarnya saja. Sementara untuk detailnya, Anda bisa menjelaskannya secara lisan dalam diskusi atau saat mempresentasikannya di depan pelanggan, calon mitra, atau investor. Jika diperuntukkan secara formal bagi bank dan investor, maka rencana bisnis menggunakan media lain seperti slide show atau perangkat lunak.

Rutin evaluasi supaya terus berkembang

Rencana bisnis bukanlah suatu hal yang hanya dilakukan sekali di awal pembangunan bisnis. Anda justru perlu melakukannya dalam kurun waktu tertentu supayya bisnis yang Anda bangun bisa terus berkembang.

Anda bisa mengevaluasi strategi yang sudah diterapkan pada bulan atau periode lalu untuk kemudian dikembangkan. Dengan tujuan, mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi lagi. Rencana kegiatan ini bisa juga dirinci dari tindakan perbulan menjadi per hari.

Intinya, buatlah kegiatan ini menjadi sebuah kebiasaan bagi bisnis yang Anda bangun. Hal ini dikarenakan setiap apa yang Anda lakukan terkait dengan bisnis akan selalu mengarah pada tujuan yang hendak dicapai.

Sebagai pebisnis, Anda harus memahami prinsip bahwa bisnis harus dirancang secara matang agar mampu mencapai tujuan yang diinginkan. Oleh sebab itu, penting untuk membuat rencana bisnis guna memberi gambaran secara detail terkait seluk-beluk bisnis yang telah atau akan dijalankan.

Sumber gambar: Startup Stock Photos di Pexels

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *