Inspirasi

Resep Kesuksesan Indomie yang Telah Mendunia

 

Loading...

Kesuksesan Indomie – Siapa sih yang tidak mengenal Indomie? Mie instan Indomie sangat digemari masyarakat Indonesia. Merk mie instan yang satu ini tak hanya tenar di Indonesia, melainkan hingga mancanegara, lho. Penasaran dengan kisahnya? Simak rahasia kesuksesan Indomie dalam ulasan berikut ini.

Lahir dari tangan dingin Sudono Salim

Adalah Alm. Sudono Salim, figur di balik kesuksesan mie instan favorit masyarakat Indonesia ini. Sudono Salim memang bertangan dingin untuk urusan berbisnis.

Salim sempat jatuh bangun dengan bekerja sebagai buruh pabrik. Ia akhirnya berbisnis cengkeh dan meraih kesuksesan. Namun, karena pada saat itu Indonesia sedang dikuasai Jepang, ia harus merelakan bisnisnya dihentikan hingga penjajahan selesai.

Perlahan, Salim mulai menata kembali bisnisnya. Ia sempat berbisnis memasok sabun untuk Tentara Nasional Indonesia. Kemudian, ia pun mendirikan Bank Central Asia (BCA) bersama Mochtar Riady. Bank BCA kini menjadi salah satu bank ternama di Indonesia.

Ia juga merambah bisnis produksi tepung terigu, dengan mendirikan PT Bogasari. PT Bogasari pun masih eksis dan populer sejak dulu akan produk-produk tepung dan olahannya.

Setelah sebelumnya sukses mendirikan Bank BCA dan PT Bogasari yan, Salim tidak langsung berpuas diri. Salim mencoba mencari peluang bisnis baru. Akhirnya, ia memutuskan untuk menambah lini bisnisnya dengan memproduksi mie instant yang diberi nama Indomie.

Indomie pertama kali diluncurkan pada tahun 1972 . Jenis mie yang pertama kali diluncurkan tersebut adalah mie instan kuah rasa kaldu ayam. Kemudian pada tahun 1980, diluncurkan rasa baru kuah kari ayam. Tak hanya mie kuah, tahun 1982 mulai muncul varian mie goreng yang tidak berkuah.

Kini, Indomie telah memiliki banyak varian rasa. Varian rasa tersebut bahkan ada yang bertemakan citarasa kuliner asli daerah, misalnya Indomie Mie Goreng Aceh. Bahkan, terdapat varian rasa baru yang mengikuti tren kuliner kekinian, contohnya Indomie Ayam Geprek dan Indomie Salted Egg.

Kesuksesan Indomie tak hanya di dalam negeri saja

Indomie tak hanya populer di Indonesia, lho. Popularitas Indomie bahkan merambah belahan dunia lainnya. Media Los Angeles Times menempatkan varian Indomie mie goreng original serta mie goreng barbeque chicken dalam daftar mie instan terenak.

Indomie juga sangat difavoritkan warga Nigeria. Uniknya, saking populer Indomie di sana, pemerintah Nigeria menjadikan mie instan tersebut sebagai iming-iming hadiah untuk program imunisasi polio anak. Setiap anak yang divaksin akan mendapatkan 1 pak Indomie. Luar biasa, ternyata jumlah anak yang divaksin melebih itarget yang dituju. Menarik sekali, bukan?

Rahasia Indomie hingga bisa sukses hingga saat ini

Kesuksesan yang diraih Indomie tentunya bukan tanpa alasan. Keberadaan Indomie sendiri kerap dinilai dapat memberikan solusi untuk ketersediaan pangan. Porsi mie instan indomie cukup mengenyangkan. Tak heran, Indomie dipandang sebagai salah satu alternatif makanan pokok.

Indomie juga bisa diolah dengan cepat dan caranya praktis. Oleh karenanya, Indomie sering dijadikan makanan bekal perjalanan atau makanan di kala situasi darurat (sering dijadikan makanan untuk korban bencana).

Tak hanya itu, ada beberapa alasan lain yang membuat Indomie menjadi brand yang sangat kuat. Berikut di antaranya.

1. Harganya terjangkau

Dari dulu hingga sekarang, harga Indomie cukup terjangkau bagi semua kalangan. Oleh karenanya, banyak orang yang bisa merasakan kelezatan Indomie. Jangkauan target konsumen Indomie pun luas.

2. Selalu menciptakan inovasi

Indomie memang memiliki rasa andalan yang telah ada dari dulu, namun Indomie senantiasa berinovasi. Salah satunya adalah dengan menambah varian rasa. Varian rasa tersebut kerap disesuaikan dengan tren kuliner saat ini. Masyarakat pun tidak bosan dengan Indomie.

Selain itu, Indomie juga pernah berkolaborasi dengan kripik kentang Chitato. Mereka meluncurkan kripik kentang rasa Mie Goreng Indomie. Kolaborasi unik seperti ini juga membuat masyarakat penasaran dan produk tersebut sempat booming.

3. Memanfaatkan kekuatan media sosial

Media sosial juga menjadi salah satu senjata Indomie. Tak hanya sebagai ajang berpromosi, pihak Indomie menggunakan media sosial untuk memantau tren yang berkembang di masyarakat. Oleh karenanya, beberapa kreasi produk baru pun bisa tercipta, karena mengikuti tren masyarakat.

Jangan lewatkan artikel-artikel inspiratif lainnya seputar bisnis hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat menambah wawasan, salam sukses!

Photo: Instagram @indomie

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *