Inspirasi

Resep Sukses Ala ‘Anak Singkong’ Chairul Tanjung

 

Loading...

Chairul Tanjung Si ‘Anak Singkong’ ini telah malang melintang dalam merintis karir sebagai seorang entrepreneur. Kerja keras dan dedikasinya dalam berbisnis tak perlu diragukan lagi.

Pencapaian dan prestasi dari bos CT Corp yang satu ini berderet panjang. Pada tahun 2010, ia pernah dinobatkan Forbes sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Ia juga pernah memegang jabatan sebagai Menko Perekonomian saat kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Bahkan, iajuga dikukuhkan sebagai guru besar bidang ilmu kewirausahaan oleh Universitas Airlangga.

Jalan kariernya memang nampak mulus, namun tentunya semua itu tidak didapatkan secara instan. Banyak perjuangan dan kerja keras yang ia korbankan hingga bisa seperti sekarang. Penasaran dengan strategi Chairul Tanjung untuk meraih kesuksesan? Yuk, simak kiat-kiat kesuksesannya berikut ini!

Strategi Chairul Tanjung untuk meraih kesuksesan

1. Mulai belajar berbisnis sejak masih muda

Siapa sangka, ternyata Pak Chairul merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, lho. Bisa dibilang, jiwa entrepreneur-nya telah diasah sejak masa tersebut.

Saat berkuliah, ia mencoba berbagai bisnis untuk membiayai kuliahnya. Ia pernah berdagang buku kuliah stensilan, bebisnis fotokopi, hingga berbisnis kaos.

Ia juga pernah mencoba berbisnis peralatan kedokteran dan laboratorium. Sayangnya, ia mengalami kebangkrutan. Walau demikian, pengalaman tersebut tak lantas membuatnya menyerah berbisnis.

2. Berani mencoba berbagai hal

Sebagai pebisnis, kita memang perlu peka dengan berbagai kesempatan yang ada di sekitar. Tak hanya sekadar peka, kita pun perlu berani untuk mengambil kesempatan tersebut. Inilah sisi lainnya yang tak kalah mengesankan dari Chairul Tanjung. Ia adalah entrepreneur sejati, semangatnya tinggi untuk mencoba banyak hal.

Seperti yang telah disebutkan, saat berkuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, ia tak ragu untuk mencoba berbagai jenis bisnis. Setamat berkuliah, Chairul Tanjung juga pernah mendirikan usaha sepatu dengan rekan-rekannya.

CT Corp yang ia besarkan adalah contoh lain dari keberaniannya untuk melebarkan sayap. Unit usaha CT Corp tersebar di berbagai bidang, mulai dari perbankan, properti, hingga media. Semuanya ia bangun dengan tekun dan sabar, hingga akhirnya berkembang menjadi besar.

3. Menjalin relasi yang baik dengan siapa saja

Salah satu hal yang perannya tak kalah penting dalam membesarkan bisnis adalah menjalin relasi alias membangun networking. Sebisa mungkin, kita perlu membangun relasi yang baik dengan berbagai pihak. Hal ini akan membantu bisnis kita agar berkembang. Ketika bisnis kita mengalami kesulitan, pihak-pihak tersebut akan mengulurkan bantuan.

Prinsip itulah yang dipegang kuat oleh Chairul Tanjung. Menurutnya, kita tidak boleh pandang bulu dalam membangun relasi. Ia tidak memikirkan status atau besar kecilnya perusahaan dalam membangun relasi. Semua pihak berarti.

4. Memiliki tekad yang kuat

Menjadi seorang entrepreneur berarti harus siap untuk menghadapi tantangan. Chairul Tanjung telah membuktikannya. Tak hanya sekali dua kali saja ia pernah gagal dalam berbisnis, namun semangatnya tak pernah padam. Tekad kuatnya menjaga kegigihan yang ada dalam dirinya.

Coba bayangkan bagaimana jika ia malah menyerah saat masih merintis bisnis? Mungkin, kita tidak akan pernah mengenal CT Corp. Walau seringkali terbentur, si ‘Anak Singkong’ mampu bangkit hingga akhirnya berjaya.

Wah wah, menarik sekali, bukan? Ingin bisa meraih sukses sepertinya? Jika ingin mengikuti jejak kesuksesan Pak Chairul, tentunya Anda pun perlu meneladani resep kesuksesan yang dilakukannya.

Simak berbagai artikel menarik lainnya seputar bisnis dan entrepreneurship hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomor satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

Photo from Forbes

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *