Technology

Reset Password Administrator Google Apps

 

Loading...

Bagaimana jika suatu saat anda lupa password untuk login ke email anda? Bagi end user, hal ini tidak menjadi masalah karena password bisa direset melalui admin area. Tetapi bagaimana jika suatu saat anda lupa password admin area Google Apps anda? Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendapat password baru.

Untuk reset password halaman admin:

1. Masuk ke halaman sign in pada control panel administrator Google Apps. URL defaultnya adalah https://www.google.com/a/cpanel/nama-domain-anda (ganti nama domain anda dengan nama domain yang anda pakai untuk sign up Google Apps).

2. Klik menu Can’t access your account? Menu tersebut tampil di bawah tombol Sign in.

3. Klik Reset your administrator password.

Jika akun Google Apps anda mengijinkan reset password otomatis, sebuah halaman akan muncul dan menampilkan uji verifikasi CAPTCHA.

Jika opsi reset otomatis di disable bagi akun anda maka halaman CAPTCHA tidak akan ditampilkan, melainkan akan tampil artikel Help Center Google. Jika demikian anda perlu mengontak support Google untuk mereset password administrator anda.

4. Masukkan CAPTCHA dengan benar, klik Submit. Google akan mengirim instruksi reset ke alamat email secondary yang terasosiasi dengan akun administrator Google Apps anda.

5. Jika anda memiliki akses ke alamat email secondary tersebut, sign in ke akun tersebut, buka pesan dengan subject Google Password Assistance, dan ikuti link yang tampil di pesan tersebut. Link tersebut membawa anda ke sebuah halaman dimana anda dapat memilih akun administrator mana yang akan direset passwordnya dan memasukkan password baru. Cek juga folder Spam dan Trash, Jika anda tidak menemukan pesan tersebut di Inbox.

Jika anda masih tidak menemukan pesan tersebut, lanjutkan dengan langkah berikut untuk mereset password menggunakan metode verifikasi domain:

6. Jika anda tidak memiliki akses ke email address secondary, klik Reset your administrator password by domain verification di halaman konfirmasi yang muncul setelah anda mensubmit CAPTCHA.

Dengan melengkapi langkah berikut, dan menunjukkan bahwa anda dapat mengupdate record domain anda, anda memverifikasi bahwa faktanya anda adalah administrator untuk akun anda.

7. Masukkan alamat email kemana anda menginginkan Google untuk mengirim instruksi reset password.

8. Klik Continue with domain verification.

9. Verify ownershipnya dengan melakukan penggantian record CNAME sesuai yang dijelaskan pada halaman yang muncul.

10. Klik I’ve completed the steps above, continue.

Biarkan hingga  48 jam untuk Google memverifikasi perubahan CNAME dan mengirim instruksi reset password ke alamat email yang anda masukkan di step 7.

11. Sign in ke akun email yang anda masukkan tadi, buka pesan dengan subject Google Password Assistance, dan ikuti link yang ditampilkan di pesan. Link tersebut membawa anda ke sebuah halaman dimana anda dapat memilih akun administrator mana yang akan direset passwordnya dan memasukkan password baru. Cek juga folder Spam dan Trash, Jika anda tidak menemukan pesan tersebut di Inbox.

Jika anda tetap tidak bisa menemukan pesannya, silakan menghubungi Support Google untuk asistansi lebih lanjut.

Disadur dari halaman helpdesk support Google oleh Jagoan Hosting Indonesia

Loading...

4 komentar

  • 14 Juli 2010 - pukul 16:53

    Terima kasih infonya. Kebetulan saya sedang mengalami permasalahan seperti ini. Saya sempat lupa dengan password Administrator Google Aps domain yang saya handle. Dan ternyata info ini sangat berharga dan sangat membantu. Terima kasih Jagoan Hosting.
    Luph u muah,,

    • 21 Juli 2010 - pukul 12:00

      salam kepada admin sma-saraswati1.sch.id, terimakasih untuk apresiasinya
      senang bisa membantu :)

  • Yudinsyah
    11 November 2010 - pukul 20:36

    bingung saya udah berapa hari password admin saya sampai sekarang gak bisa ke buka juga, saya udah cari solusinya sampai sekarang blom bisa juga, mohon bantuan na si gan…….

    • 12 November 2010 - pukul 16:04

      kesulitannya pada langkah keberapa pak? :)

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *