Kesehatan Mental Leadership Running A Business Tips Bisnis

Atasi Stres saat Menghadapi Risiko Membangun Bisnis UKM

 

Risiko bisnis UKM – Stres atau kecemasan merupakan hal yang cukup umum dan seringkali dialami oleh sebagian besar orang. Hal tersebut bisa dipicu oleh berbagai hal baik permasalahan dengan diri sendiri, keluarga, atau bahkan pekerjaan. Belum lagi jika Anda merupakan pebisnis yang membangun bisnis UKM dan sedang bergelut dengan berbagai risiko dan permasalahannya.

Tenang, tarik napas dulu dan baca artikel Mebiso berikut ini yang membahas beberapa cara untuk mengatasi stres.

Ciptakan suasana di sekitar Anda senyaman mungkin

Tak mengapa jika Anda butuh waktu untuk menyendiri dari berbagai beban tanggungjawab bisnis UKM yang telah dibangun. Anda pun butuh waktu untuk rehat.

Selagi menenangkan diri sendiri, buatlah lingkungan sekitar Anda senyaman mungkin. Anda bisa menaruh wewangian aromaterapi di ruang kerja agar lebih rileks. Anda juga bisa memutar lagu favorit yang dapat membuat tenang.

Sembari menyendiri, atur nafas secara perlahan dan pejamkan mata. Dengan menikmati sensasi udara yang mengisi rongga dada, perlahan Anda akan jauh lebih rileks.

Masalah menumpuk adalah risiko memiliki bisnis UKM, cobalah perbanyak curhat

Sebagian besar bos atau pemilik bisnis cenderung menyimpan beban pekerjaannya sendiri dan enggan membagikannya kepada orang lain terutama karyawannya. Cobalah untuk membuka diri secara perlahan dengan mencurahkannya pada orang lain. Jika enggan membagikannya dengan orang dari tempat kerja, Anda bisa mulai dengan mencurahkannya kepada orang terdekat lainnya seperti pasangan atau saudara.

Cara lainnya, Anda juga bisa menuangkannya dalam tulisan. Sejumlah penelitian terkait stres dan kecemasan menyebutkan bahwa dengan menuliskan seluruh isi hati pada catatan harian, bisa memicu penurunan stres. Hal ini dikarenakan aktivitas menulis yang bisa memacu sistem kerja otak manusia agar lebih aktif. Dengan membiasakan menulis, Anda pun akan cenderung mudah melepaskan energi negatif.

Jangan takut image bos Anda menurun, perbanyaklah tertawa

hadapi risiko bisnis UKM dengan senyum dan tawa
Sumber: Fauxels di Pexels

Tips yang satu ini bisa dibilang merupakan cara mengatasi stres yang cukup menyenangkan. Sebab Anda bisa melakukannya dimanapun dan kapanpun saat senggang.

Meski terkadang susah bagi Anda untuk tertawa saat sedang stres, mengingat Anda adalah pimpinan dalam sebuah bisnis UKM, tapi Anda bisa mencoba dari hal-hal yang sederhana. Anda bisa mulai dengan sering mengajak bercanda karyawan dengan video-video lucu di media sosial, film komedi, atau hiburan lainnya.

Selain bisa menghibur diri sendiri, Anda juga dapat meningkatkan kerekatan hubungan dengan para karyawan melalui kebiasaan ini. Sehingga, beban masalah yang memicu stres bisa sedikit mereda.

Jangan lupa olaharaga karena kesehatan menurun jadi risiko lain mengurus bisnis UKM

Siapakah diantara Anda yang masih malas dan suka menunda kebiasaan berolahraga? Nyatanya, olahraga bisa menjadi salah satu cara efektif mengatasi stres, lho.

Olahraga dapat menurunkan hormon kortisol yang memicu stres. Plus, olahraga membantu tubuh Anda melepaskan senyawa endorfin yang mampu meningkatkan suasana hati sekaligus menghilangkan rasa sakit secara alami.

Dengan rutin berolahraga pun, Anda bisa jadi lebih percaya diri dengan kondisi tubuh, sehingga kesehatan emosional juga semakin membaik. Plus, Anda bis ajadi lebih fokus mengurus berbagai beban tanggungjawab bisnis UKM Anda.

Semoga cara mengatasi stres di atas bisa membantu Anda mengatasi berbagai kecemasan akibat bisnis UKM. Tetap bersabar dan semoga berhasil! (dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *