Technology

Sadari 3 Tips Ini untuk Keamanan Website

 

   

Beberapa tip ini untuk keamanan websiteDunia internet belum tentu aman dari serangan serang hacker. Masih ada, mungkin sebagian, orang-orang jahat yang ada di internet. Kita semua tidak tau, siapa yang akan membajak, mencuri, atau mengubah informasi website kita. Perusahaan sekaliber facebook pun bisa  terkena serangan hacker.

Serangan hacker ini membuat website kita tiba-tiba error, tampilannya berubah, akses ke dasboard kita. Hacker juga bisa mencuri database dari pengunjung website. Mereka bisa mencuri database email, foto, riwayat transaksi, dan berbagai macam lainnya.

Studi yang di lakukan University of Maryland, Amerika, menyatakan bahwa setiap 39 detik ada serangan hacker di intenet. Namun Solusi terbaik keamanan website kita  adalah melakukan langkah prefentif. Mencegah serangan hacker untuk menutup celah-celah agar website kita tidak mudah di bobol hacker.

Berikut ini ada 3 tips sederahana yang dapat kamu terapkan untuk melindungi websitemu.

Ganti password dan backup secara berkalah

Ini adalah langkah pertama yang cukup sederhana. Kamu bisa mengganti paswordmu secara berkala. Bisa jadi kamu melakukannya selama 3 bulan sekali atau 2 bulan sekali. Jangan menggunakan password yang sama dari awal kamu bikin sampai sekarang.

Gunakan password dengan kombinasi angka, huruf, huruf kapital. Untuk mempermudahmu mengingat password kamu cukup untuk menginstal software tambahan. Atau kalo kamu menggunakan google chrome cukup memasang ekstensi last pass.

Untuk file yang ada di websitemu sering lah juga untuk membackupnya. Menyimpan file tersebut di cloud. Kamu bisa menggunakan cloud storage gratis seperti dropbox, Gdrive, dan lainnya. Atau kamu bisa menggunakan jasa website backup yang kamu bisa temukan banyak di Internet.

Gunakan HTTPS


HTTPS merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Merupakan protokol koneksi internet aman untuk website maupun toko online. Agar website kita bisa menggunakan HTTPS maka kita harus memasangkan SSL terlebih dahulu.

SSL (Secure Sockets Layer) merupakan suatu protokol pengamanan website. Kamu tidak perlu bingung cara memasang SSL. Kamu bisa lihat video ini di youtube. Untuk membelinya gampang. Banyak penyedia jasa SSL di internet.

Google sendiri juga menganjurkan, dalam halaman resminya, untuk mengubah koneksi website dari HTTP ke HTTPS demi keamanan para pengunjung. Website dengan koneksi HTTPS pun memiliki peluang lebih besar untuk tampil dihalaman satu Google.

Software selalu up to date

Mungkin  terlihat sederhana dan gampang. Hanya mengupdate software kita. Tapi ini dampaknya besat bagi keaman kiita. Apapun CMS (content management system) yang anda gunakan, usahakan tetap selalu update.

Ini mengantisipasi jika ada celah pada CMS kita. Pihak CMS, seperti wordpress atau umbraco, selalu memperbarui software CMSnya. Untuk menutup celah-celah yang bisa dimanfaatkan oleh hacker. Dan pihak CMS akan memberitahu kamu ketika ada update terbaru.

 

Semua cara diatas sederhana bukan ? nah sebelum hacker menyerang situsmu yuk mari lakukan tiga tips di atas untuk keamanan website kamu.

 

Bacaan Bermanfaat Lainnya

Teknologi POS untuk UMKM

Pentingnya DATA untuk bisnis kita

Memulai bisnis dari marketplace

                           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *