Interviews

Sehat, Variatif dan Kaya akan Rasa, Konsep Sederhana Namun Banyak Dicari ala TokoPuding.com

 

   

Menyajikan hal yang berbeda, TokoPuding.com berhasil menyihir perhatian publik kurang dari 3 tahun semenjak didirikan. Pek Thien Poo(39), Hanna Novianti(41) dan Dave Peterson (13) sebagai owner TokoPuding.com ini juga memiliki 4 divisi bisnis lagi. Bisnis yang masih bergelut di dunia kuliner ini sudah dikenal hingga ke mancanegara. Ibu Hanna mengatakan jika produk yang dihasilkan ini asli hasil karya beliau bersama keluarga kecilnya yaitu anak ceserta suaminya ini. Beberapa waktu yang lalu Tim Mebiso berhasil mewawancarai beliau, dan mendapatkan cerita yang cukup menarik. Mau tahu ceritanya lebih lanjur? Yuk, simak uraian interview berikut ini:

Apasih sebenarnya Tokopuding.com itu? Bisa diceritakan latar belakang berdirinya?

Toko puding sendiri, seperti namanya yaitu sebuah toko yang menjual berbagai jenis dan varian rasa puding, kue dan makanan kecil lainnya. Ceritanya mungkin cukup unik dan seperti sebuah ketidaksengajaan, tapi kami percaya semua sudah ada yang mengatur. Berawal dari membeli kulkas yang berhadiah sebuah panci beralas tebal. Melihat panci itu tiba-tiba timbul keinginan kembali untuk membuat karamel dan kemudian menjadikannya sebuah puding.

Singkat cerita setelah puding itu jadi, ternyata seluruh keluarga terutama anak kami sangat menyukainya (padahal sebelumnya sudah beberapa kali membeli produk puding dan mereka tidak menyukainya). Bahkan setelah itu mereka malah minta dan minta dibuatkan lagi.

Dan pada waktu itu bertepatan juga dengan menjelang perayaan Natal, dan timbul ide untuk menjadikan puding itu juga sebagai bingkisan Natal “yang tidak biasa” bagi beberapa rekan

kami. Ternyata respon mereka sangat positif juga, bahkan setelah itu beberapa orang menanyakan di mana bisa membelinya, berapa harganya, dan lainnya. Dari sanalah kami mencoba untuk mulai lebih serius lagi dengan rasa dan performa produk puding ini. Kami juga mulai mencari toko-toko yang dapat menyediakan bahan baku, cetakan, kemasan, dll. Dan tidak ketinggalan, kami pun segera mempersiapkan beberapa desain untuk logo, kartu nama, blog, dan lainnya untuk dapat dipergunakan sebagai alat-alat pemasaran.

Februari 2011 blog pertama yang sederhana diluncurkan, belum menggunakan self domain & hosting seperti sekarang. Tetapi ternyata hanya dalam beberapa minggu saja order mulai berdatangan dan berasal dari konsumen yang belum pernah kami kenal sebelumnya, baik

dari kota Bandung sendiri maupun dari Jakarta dan sekitarnya. Bahkan kami pun sangat bersyukur dalam beberapa bulan kemudian hingga saat ini, usaha kami mendapat apresiasi dari beberapa media cetak maupun media elektronik nasional.

Dukungan dari konsumen dan rekan-rekan media telah menjadi “api” semangat bagi kami untuk semakin serius dan maju di usaha ini.

Wah seru juga ya bu ceritanya, Lalu bagaimana ceritanya Anda bertiga masuk kedunia enterpreneur ini?

Berawal dari hobby menikmati dan juga membuat aneka produk pastry, beberapa faktor yang menyebabkan kami mengambil keputusan untuk mengembangkan hobby tersebut menjadi sebuah bisnis, yaitu :

– Dunia kuliner adalah dunia yang tidak membosankan, bahkan cukup menantang dalam kreativitas.

– Adanya peluang dari “kerinduan” teman-teman juga untuk menyajikan makanan yang sehat (tanpa penambahan zat-zat kimia pewarna, pengawet, perasa buatan), tetapi tetap enak rasanya, cantik rupanya, dan layak dijadikan bingkisan atau dinikmati oleh orang-orang yang mereka kasihi.

– Dengan sistem pemesanan secara online dan delivery, kami dapat membantu mereka yang membutuhkan bingkisan atau sajian untuk pesta, gathering, dan lain – lain tanpa harus membuang waktu di tengah kesibukan dan kemacetan di Bandung – Jabodetabek.

– Melalui TokoPuding.Com ini, mereka yang ada di luar kota, di luar pulau Jawa, bahkan di luar negeri dapat memberikan hadiah/bingkisan untuk keluarga atau sahabatnya yang tinggal di Bandung – Jabodetabek.

Sampai saat ini pengorbanan terbesar apa saja yang sudah pernah dilakukan untuk menjadi enterpreneur?

Pengorbanan pasti ada apalagi ketika kita benar-benar fokus merintis suatu usaha. Apalagi merintis dari nol. Misalnya saja, kadang terjadi kesalahpahaman dari pihak keluarga/ teman-teman karena waktu untuk berkumpul bersama mereka jadi berkurang. Dalam hal pengaturan keuangan pun kadang kita harus menunda kesenangan, misalnya biaya yang bisa untuk jalan-jalan, dan lain – lain diganti untuk menambah modal usaha, biaya untuk “belajar”, dan lain sebagainya.

Apalagi ketika kami memutuskan untuk mulai usaha ini dengan 100% online, tidak jarang mendapat tanggapan yang negatif, ditertawakan. Tapi sekarang kami bersyukur, karena pada saat mengalami itu semua kami tidak memutuskan untuk mundur dalam usaha ini.

Apa saja sih yang ditawarkan di Tokopuding.com ini?

Berawal dari 1 (satu) produk Puding Hopjes, kini sudah ada lebih dari 50 macam varian pudding yang telah kami perkenalkan dan mendapat sambutan baik juga dari konsumen. Dan masih akan terus bertambah dengan menghadirkan lebih banyak lagi varian dari:

– Puding dingin (Cold Pudding)

– Puding panggang (Baked Pudding)

– Puding Tradisional

– Puding Cake,

– Dan lain sebagainya.

Dan setiap produk di atas tersedia dalam berbagai pilihan paket, bentuk, ukuran, dan kemasan yang dapat disesuaikan untuk berbagai keperluan, seperti untuk pesta, sebagai hadiah/ gift, souvenir, sebagai oleh-oleh, atau hidangan penutup/camilan keluarga.

Kini selain menjual aneka puding, TokoPuding.Com juga sudah memiliki beberapa divisi :

– Divisi Coklat : www.toko-coklat.com

– Divisi Pastry : www.toko-kuekue.com

– Divisi Pasta : www.toko-pasta.com

– Divisi Puding : www.toko-puding.com

– Divisi Alat Bahan Kue : www.toko-bahankue.com

Menurut Anda produk apa yang paling populer dari ke 5 bisnis yang berbeda tersebut?

Produk yang paling banyak dipesan sampai saat ini adalah

– Aneka Puding (terutama jenis healthy decorated pudding & pudding in cup/tray)

– Baked pasta dan Italian roasted chicken

– Chocolate for gift

– dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara Anda dalam menyeimbangkan antara harga dan kualitas produk, terlebih ketika bahan baku mulai naik?

Kami tetap berprinsip kualitas nomor satu. Kalau memang harga bahan baku naik cukup banyak, kami memilih untuk menghitung kembali untuk menaikkan harga jual daripada harus mengurangi volume atau mengganti bahan baku dengan yang berkualitas kurang baik.

Lalu bagaimana memasarkan bisnis yang memiliki banyak macamnya ini?

Ketika kami memulai usaha ini, kami memasarkannya 100% online (blog dan social media). Untuk beberapa divisi target market adalah kelas middle-up dan berlaku untuk segala umur, status, maupun profesi. Dan juga bagi mereka yang tinggal di luar kota, di luar pulau Jawa,

bahkan di luar negeri dan memiliki keluarga/ sahabat tinggal di Bandung-Jabodetabek (area pengiriman produk). Dan seiring berjalannya waktu, cara pemasaran pun berkembang “dari mulut ke mulut” dan exhibition/baking demo secara offline.

Menurut Anda sentuhan apa yang membedakan bisnis Anda ini dengan bisnis lain yang memiliki konsep serupa?

TokoPuding.Com lahir dari sebuah kesederhanaan konsep yaitu menghadirkan berbagai varian produk puding yang sehat, variatif, dan kaya akan rasa.

1. Sehat, Semua produk pudding menggunakan bahan-bahan baku yang tidak asal murah, tetapi benar-benar alami dan berkualitas. Tidak menggunakan tambahan pengawet, perasa (essence/ pasta), maupun pewarna. TokoPuding.com juga telah memenuhi persyaratan Sertifikasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga dari Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Bandung.

2. Variatif, Bukan hanya 1 – 2 jenis pudding saja, tetapi lebih dari 50 jenis pudding ada di sini. Dari yang bernuansa kopi, teh, coklat, buah-buahan, bahkan kreasi pudding dari makanan tradisional, dan lain sebagainya telah kami hadirkan untuk dapat dinikmati dengan sensasi rasa dan performa yang unik dan mewah. Dan bukan hanya jenis cold pudding saja, tetapi juga cake pudding, baked pudding, decorated pudding, dan lain – lain.

3. Kaya akan Rasa, Walaupun kami tidak menggunakan essence/pasta sebagai perasa, namun aneka puding dari TokoPuding.Com terbukti tetap kaya akan rasa yang alami. Itu semua dapat terjadi karena semua produk dibuat dari campuran bahan-bahan asli/ alami dan telah diracik dengan takaran yang “tidak berhemat” sampai menghasilkan suatu rasa yang pas dan istimewa.

Selain ketiga faktor di atas, produk-produk TokoPuding.Com juga menyajikan dekorasi yang cantik dan elegant, walaupun tidak menggunakan unsur pewarna buatan. Sehingga produk puding ini tidak hanya menjadi kudapan biasa, tapi layak untuk dijadikan bingkisan yang cantik di moment-moment spesial maupun untuk disajikan dalam sebuah acara pesta, dan lain sebagainya.

Memiliki bisnis yang banyak dan berbeda, tentu ada pengalaman yang paling berkesan. Apa saja itu?

Selama 3 tahun perjalanan TokoPuding.Com tentu banyak pengalaman berkesan yang kami alami, misalnya:

– Kehadiran rekan-rekan media cetak dan TV nasional hanya beberapa bulan setelah resmi meluncur di dunia maya hingga saat ini.

– Mendapat customer dari seluruh Indonesia bahkan dari California, Australia, dan lain – lain yang ingin mengirim hadiah puding untuk teman/keluarganya di Bandung – Jakarta.

– Kepuasan dari customer yang sering secara spontan mereka tuangkan dalam bentuk testimoni tertulis maupun secara lisan ketika bertemu maupun by phone.

– Dan masih banyak lagi

Pengalaman khususnya yang “tidak enak” dalam menghadapi pelanggan, mungkin juga tidak berbeda jauh dengan pemilik toko online lainnya, seperti:

– Menghadapi calon pelanggan yang sudah tanya jawab panjang lebar tapi setelah dia mengetahui kita “toko online” langsung memutuskan kontak.

– Terpaksa gonta ganti kurir demi kepuasan pelanggan.

Memang perlu dihadapi dengan kesabaran dan ”kepala dingin” sehingga semua permasalahan bisa selesai dengan baik dan akhirnya mereka akan semakin respek dengan usaha kita.

Apa rencana kedepannya untuk TokoPuding.com dalam mengembangkan bisnisnya? Apa ingin membuka divisi baru?

Singkatnya rencana ke depan pasti ada, online maupun offline akan terus kami kembangkan.

Tantangan dan kendala apa saja yang pernah dihadapi dan bagaimana Anda mengatasinya?

Tantangan dan kendala secara umum tidak berbeda jauh dengan pengusaha-pengusaha lainnya. Tantangan khusus dalam kuliner online adalah “mengubah” produk yang biasanya dapat dilihat dengan mata secara nyata dan dicium keharumannya menjadi sebuah gambaran lewat foto dan teks di dunia online.

Banyak pengusaha kuliner online yang mengambil jalan pintas dengan copy paste web lain dan menggunakan foto hasil download, tapi kami memutuskan untuk tidak melakukan hal seperti itu. Kami memutuskan untuk melalui prosesnya, dari membuat sendiri sample produknya, mempelajari food photography, dan lain sebagainya.

Untuk yang terakhir nih, saran apa sih yang dapat diberikan atau dishare kepada para pelaku duni enterpreneur di luar sana?

Menjalankan bisnis memang membutuhkan modal uang, tapi bukan itu yang utama. Don’t stop to develope ourselves !

Wah, cerita menarik dan cukup inspiratif. Terimakasih atas kesempatannya untuk kami liput. Semoga TokoPuding.com selalu dan semakin sukses. ;-)

Jika Sahabat Mebiso ingin mendapatkan informasi mengenai TokoPuding.com lebih lengkap, bisa mencoba untuk menghubungi link – link berikut ini :)

D’licious Pudding 
08170270280 – 022.92868682 
pin BB 328d325c

Follow us :
www.facebook.com/tokopuding
www.twitter.com/tokopuding

Others :
www.desain-cetak.com
www.duniaanakita.com

Resep Masakan Bunda
Tips Dapur Bunda
Kamus Dapur Bunda

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *