Technology

Sejarah di balik 5 Logo Paling Ikonik di Dunia

 

Loading...

Banyak bisnis rela mempertaruhkan anggaran yang besar untuk mendapatkan keajaiban dari sebuah logo. Namun apakah hal ini penting? Nah, pada artikel kali ini, kami akan berbagi harga dari beberapa logo paling ikonik di dunia. Anda bisa nilai sendiri :-)

Twitter – $5

1-logo-twitterKita mulai dengan Twitter, raksasa sosial media. Daya tariknya luar biasa adiktif. Seiring dengan popularitasnya yang kian melambung, sosok burung biru jadi sebuah karakter ikonik yang dalam sekali lirik akan langsung diasosiasikan dengan Twitter. Nah, cerita di dalam pembentukan ide burung biru ini sendiri bisa dikatakan sangat unik. Twitter memilih ikon burung karena dari Kamus Bahasa, burung adalah makna asli dari kata Twitter.

twit ter |?twit?r| verb

1 (of a bird) give a call consisting of repeated light tremulous sounds.

Mereka kemudian pergi ke iStockphoto, sebuah website yang menawarkan foto dengan harga terjangkau yang dapat digunakan perusahaan tanpa khawatir dengan masalah hak cipta. Artinya satu-satunya biaya logo yang dikeluarkan adalah untuk membeli bentuk burung itu sendiri (sekitar $5). Segala sesuatu yang lainnya dikerjakan sendiri.

BBC – $1,800,000

2-logo-bbcLain Twitter, lain BBC. Ketika pertama kali bergerak, dan meledak, perusahaan media Inggris ini sebelumnya sudah pernah memiliki logo-logo yang berbeda untuk berbagai cabang dari perusahaan penyiaran mereka. Namun seiring dengan upaya mereka untuk bergerak secara selaras, muncul ide tentang skema desain logo yang seragam. BBC pun membayar $ 1.800.000 USD untuk redesign yang dipimpin oleh Martin Lambie-Nairn. Jadilah sebuah desain yang sederhana. Tiga huruf dikelilingi warna hitam dengan font Sans Gill. Menyakitkan.

Accenture – $100,000,000

4-logo-accenture

Sama (atau justru lebih) menyakitkan dari BBC. Accenture melakukan blunder dalam penggarapan logo mereka. Dengan biaya 100 juta dolar, mereka mendapat sebuah logo bertuliskan nama perusahaan dengan sebuah tanda panah di atas huruf “t”. Setidaknya fenomena ini akan terus diperbincangkan dalam beberapa dekade mendatang.

Pepsi – $1,000,000

3-logo-pepsi

Kasus Pepsi agak sedikit berbeda dibandingkan dengan BBC dan Accenture. Logo Pepsi memiliki jangkauan yang lebih luas karena logo ini tidak hanya untuk mewakili Pepsi, namun logo ini juga akan dimunculkan pada ratusan juta kaleng soda yang akan diminum setiap hari. Inilah kenapa Arnell Group (perusahaan desain yang menggarap logo Pepsi) mengenakan biaya yang sangat tinggi untuk logo baru Pepsi.

Google dan Microsoft – $0

5-logo-googleSecara mengejutkan, tidak ada anggaran yang perlu dikeluarkan untuk logo dari brand yang paling terkenal di dunia seperti Google dan Microsoft. Wajar saja karena kedua perusahaan ini berada dalam industri hi-tech. Artinya mereka sudah memiliki tim desainer terbaik di dunia sebagai staf. Namun dalam kasus Google, yang harus anda tahu adalah logo pertamanya dirancang oleh sang co-founder sendiri. Yaitu Sergey Brin.

Jadi, bagaimana dengan logo anda? :-)

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *