Technology

Selain Website, 10 Media Promosi Inilah yang Membantu Pebisnis Online Sukses

 
  • 120
    Shares

   

Halo pebisnis online, media apa aja sih yang kamu gunakan untuk berjualan online? Apakah media yang kamu gunakan ada dalam daftar di bawah ini?

Bisnis online memang memiliki media untuk berjualan dan promosi yang sangat beraneka ragam. Mulai dari website, sosial media hingga business networking. Selama ini orang masih ragu untuk berbisnis online karena takut tidak memiliki media berjualan yang aman dan media promosi yang banyak. Padahal media online sangat mudah untuk digunakan dan memiliki jangkauan yang sangat luas. Media online memberikan kita peluang untuk melakukan apapun dengan sangat mudah dan cepat, termasuk untuk berbisnis.

Kali ini mari kita cari tahu dimana saja para pebisnis online biasanya bertransaksi dan melakukan promosi bisnisnya secara online?

1. Facebook

Tidak bisa dipungkiri kan, kalau Facebook masih menjadi pilihan utama kamu untuk promosi bisnis selain di website? Selain memang sudah akrab dengan kita sebagai sosial media, Facebook dinilai sangat mudah untuk digunakan berbisnis. Tidak sedikit toko online yang aktif menggunakan website juga aktif promosi di Facebook, bahkan sebagian besar dari mereka memulai bisnis online dari sosial media yaitu Facebook. Seperti halnya toko online Jogjakulit, Faziostore, Hailadies dan masih banyak lagi. Facebook juga menyediakan fasilitas Facebook Ads bagi para pebisnis online. Mereka yang ingin lebih mudah ditemukan di Facebook, bisa langsung menggunakan fasilitas ini. Berbayar memang, tapi kamu akan dimudahkan untuk penargetan pasar hingga waktu berpromosi di Facebook.

2. Twitter

Selain Facebook, media sosial yang sangat dekat dengan kita adalah Twitter. Twitter yang awalnya hanya sebagai media berbagi status atau tweet, kini juga dijadikan sebagai media promosi produk toko online. Hampir semua toko online memiliki akun di Twitter. Sama halnya dengan Facebook, Twitter dinilai sangat mudah dijangkau oleh pelanggan toko online kita dimanapun mereka berada. Karena dari Smartphone siapa saja kini bisa mengakses Twitter dengan mudah. Seperti halnya toko online Flashdiskkarakter, Ridefreakleather, Gembilfactory dan masih banyak lagi. Melalui Twitter kita bahkan bisa menjadi tranding topic di Indonesia bahkan dunia. Lewat hashtag(#) yang kita buat dan kita cantumkan dalam setiap tweet, kita bisa menjadikan bahasan akun kita menjadi tranding topic di Indonesia bahkan dunia. Hashtag ini memudahkan follower kita untuk menemukan kita di Twitter.

3. Instagram

Inilah yang akhir – akhir ini sangat populer di kalangan bisnis online. Instagram, melalui media sosial khusus fotografi atau gambar inilah bisnis online kita semakin mudah untuk berkembang. Mereka yang memiliki akun media sosial Facebook dan Twitter, sudah bisa dipastikan memiliki akun Instagram. Bahkan lebih banyak juga dari mereka yang mengaku memulai berbisnis online dari Instagram. Selain mudah digunakan, Instagram juga mendekatkan kita dengan target pasar kita. Melalui foto yang diunggah dan detai produk yang dituliskan, pelanggan mereka lebih dekat dengan pemilik toko online. Sedangkan bagi mereka yang memulai bisnis online dari website, Instagram dijadikan sebagai teman atau bahkan media pendukung untuk promosi produk mereka. Seperti halnya Aurabatik, Dailybeautyhouse, Minilovebites dan toko online lainnya

4.Path

Terhitung baru, tapi media sosial yang satu ini juga banyak dilirik oleh pemilik toko online. Path adalah media sosial yang awalnya hanya terlihat sebagai Private Facebook dan Twitter. Karena lebih minimalis dari tampilan, Path memiliki peminat yang cukup banyak. Bukan lagi digunakan untuk menyapa satu dengan lainnya, tapi kini Path juga laris digunakan untuk berbisnis online. Seperti Dailybeautyhouse yang menggunakan Path sebagai pelengkap media promosi online mereka. Memang tidak sepopuler Facebook, Twitter dan Instagram, mempromosikan produk di Path juga tidak banyak yang membuat akun khusus toko online mereka. Tapi Path masih sangat diminati untuk digunakan sebagai media promosi bisnis online.

5. Google+

Produk Google inilah yang kini menjadi saingan besar Facebook. Hampir setiap kamu yang punya akun email Gmail, pasti memiliki akun Google. Dengan akun Google+ inilah, pebisnis online bisa mempromosikan bisnis online mereka. Youtube juga menjadi salah satu produk Google yang ramai digunakan untuk promosi bisnis online. Dengan Google+, pemilik bisnis online bisa menemukan calon pelanggan mereka lebih banyak. Dalam circle, kita bisa mendapatkan follower sangat banyak dan membuat mereka menjadi calon pelanggan potensial toko online kita. Seperti Shopious, Deboliva, Tokopudding dan masih banyak toko online yang lain.

6. Kaskus

Ini dia, media sosial dan juga market place yang banyak digunakan untuk berjualan secara online. Kaskus masih diyakini menjadi media sosial yang ampuh untuk berbisnis. Terlebih kini ada fitur yang memang dirancang untuk pebisnis online. Forum Jual Beli adalah media yang memang diciptakan khusus oleh tim Kaskus untuk para entrepreneur online. Melihat banyaknya pebisnis online dan peluang untuk membantu kesuksesan toko online melalui media sosial, Kaskus menjadi pelengkap para pemilik bisnis online utuk berpromosi. Tidak mudah memang promosi di Kaskus, karena sering kita dengar banyak penipuan dari bisnis online yang bermula dari Kaskus. Tapi dari sekian banyak berita penipuan, ada lebih banyak toko online yang sukses berbisnis online dari dan di Kaskus, seperti halnya toko online Headphoneku.

7. Market Place

Selain website, pemilik bisnis online biasanya memasarkan produk mereka di marketplace. Mulai dari OLX.co.id, Tokobagus.com, Berniaga.com, Elevenia.com dan lain sebagainya. Portal atau market place ini membantu para pebisnis online untuk memiliki halaman toko online mereka sendiri, upload produk mereka dan promosi produk mereka. Banyak pebisnis online yang memiliki website toko online pribadi, melengkapi toko onlinenya dengan berjualan di Marketplace. Seperti Suplemenfitnessmurah, Belikulit, Flashdiskkarakter, dan masih banyak lagi. Mereka memanfaatkan media gratis ini untuk membangun media promosi toko online mereka sendiri.

8. Blog

Untuk menunjang promosi online, para pebisnis online ini melengkapi media mereka dengan blog. Blog ini berbeda fungsinya dengan website yang memang ditujukan untuk kegaiatan berjualan dan melayani pelanggan. Blog berfungsi untuk mendukung usaha promosi bisnis online. Mulai dari memuat artikel seputar bisnis dan produk toko online, memuat berita terbaru seputar toko online tersebut hingga menunjukkan prestasi apa saja yang toko online tersebut pernah raih. Blog digunakan untuk mendukung SEO dari website yang sudah ada, bukan menjadi toko online yang ada fitur add to cart nya. Contohnya, Brandclozet, Batikfractal, Wangsajelita, Batikbumi dan masih banyak toko online yang aktif menulis di blog untuk mendukung promosi di media online.

9. Email marketing

Email marketing jugalah yang digunakan para pebisnis online untuk melakukan promosi secara online. Dinilai terlalu “jadul”, email marketing memiliki kekuatan yang hebat untuk promosi secara online. Hampir setiap dari yang berbelanja di toko online kita mencantumkan email mereka. Dari situlah kita memiliki sumber yang besar untuk mengirimkan berita promosi atau bahkan penawaran produk terbaru kepada pelanggan kita. Sampai saat ini email marketing yang ditujukan untuk promosi produk memang masih menjadi perdebatan. Karena tidak semua orang mau dikirimi email promosi dan penawaran seputar produk toko online kita. Untuk itu, perlu kita atur setiap jadwal untuk mengirimkan email marketing kepada pelanggan – pelanggan kita. Bahkan kita juga bisa mencantumkan link atau tombol yang berisi unsubscribe email. Sehingga pelanggan bisa membatalkan subscribe email dari kamu

10. Business Networking

Menurut kamu bisnis online itu hanya perlu promosi di media online saja? Kalau iya, kamu harus kembali berfikir. Bisnis online memang didominasi oleh transaksi di dunia maya atau dunia online. Tapi bukan berarti bisnis online harus selalu melakukan promosi di media online. Media offline seperti brosur, pamflet, hingga sticker juga bisa menjadi media promosi kamu. Kamu juga harus mengimbangi promosi online dengan promosi offline dengan cara mengikuti bazar, pameran, atau bahkan menjadi sponsorship sebuah acara. Selain itu, sebagai pemilik bisnis online kamu harus memiliki relasi yang sangat banyak. Kalau ingin lebih mudah mempromosikan toko online kamu, jangan ragu untuk mengikuti banyak acara bisnis, seperti seminar, workshop, bazar sampai pameram. Kamu harus berani menunjukkan siapa kamu, apa bisnis kamu dan bagaimana solusi yang kamu tawarkan. Mereka yang awalnya hanya mendengar nama toko online kamu dari internet, kini harus bisa bertemu dengan pemiliknya secara langsung.

Dari sekian banyak media yang digunakan pemilik bisnis online untuk berbisnis, manakah yang menjadi pilihan kamu? Kamu bukan hanya harus berjualan di website kok, media di atas bisa jadi pelengkap jalan toko online kamu untuk sukses :)

Baca juga:

Belajar Memahami Social Media Sebagai Sarana Promosi

6 Tantangan Ketika Berpromosi di New Media

8 Tips Promosi Bisnis Anda di Sosial Media

                              
Loading...

  • 120
    Shares

Artikel Terkait

10 komentar

  • 6 June 2017 - pukul 17:16

    Terimakasih infonya sangat bermanfaat :)

  • 11 September 2017 - pukul 14:40

    Untuk saya saat ini facebook dan instagram masih menjadi media promosi yang saya gunakan

  • 3 December 2017 - pukul 13:17

    tq banget ya artikel nya gan :)
    ini sangat membantu saya …

  • 20 December 2017 - pukul 19:20

    Saya rasa Twitter pamornya turun dalam segi bisnis mas, Twitter ads sih belum pernah coba. Tapi medsos lain sudah dicobain beriklan disana.

    • 21 December 2017 - pukul 2:35

      sebagian masih merasa ada yg ampuh, mas.
      karena pasarnya di situ.

  • 15 February 2018 - pukul 9:55

    Menarik dan bermanfaat Om. Tks

  • 11 March 2018 - pukul 9:25

    rupanya masih banyak yang belum saya ketahui tentang ini. maksih banyak gan.

  • 24 March 2018 - pukul 15:20

    Terima kasih banyak,memang sekarang ini kita harus pintar promosi karena memang konsumen mencari bukan hanya dari website,media sosial mempunyai peranan yang cukup besar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *