Technology

Seperti Apa SEO Google di Tahun 2013?

 

Loading...

Trend SEO tidak diragukan lagi akan terus berkembang. Misalnya selama tahun 2012 saja, Google telah meluncurkan banyak perubahan-perubahan yang bisa dikatakan cukup signifikan. Maka di tahun 2013, tren ini masih akan terus berkembang lagi. Namun di tengah perkembangan-perkembangan ini, ada aturan-aturan dasar dan visi yang nampaknya tidak akan berubah. Aturan-aturan dan visi ini bisa anda jadikan sebagai pedoman upaya SEO di tahun 2013. Berikut di antaranya:

1. Geo-lokasi

Google bisa diprediksi akan lebih fokus pada hasil pencarian berbasis lokal dan kontekstual. Artinya, hasil pencarian akan lebih ditekankan pada situs-situs dari wilayah negara yang disesuaikan dengan kata kunci yang tepat. Maka, anda juga harus lebih pintar dalam menyesuaikan kata kunci dengan target market dari website anda.

2. Konten

Secara mengejutkan, Google menyatakan bahwa konten yang beredar di Internet, 60% di antaranya diklasifikasikan sebagai spam. Maka, konten anda tidak boleh masuk dalam klasifikasi ini. Teknik SEO terbaik adalah menyajikan konten berkualitas yang benar-benar layak untuk dikunjungi, bukan hanya sekedar spam.

3. Selektif dalam Backlink

Jika menyangkut dengan backlink, maka kuncinya adalah jadi lebih selektif. Relevansi masih jadi hal terpenting. Memasang backlink berkualitas rendah dan mengarah ke blog spam di website anda, beresiko membuat peringkat SEO anda jatuh. Begitu juga dengan meninggalkan backlink pada situs-situs spam yang tidak punya relevansi dengan website anda.

4. SocMed

Social Media seperti Twitter, Facebook, apalagi Google+ juga memegang peranan penting dalam SEO. Meski tidak mempengaruhi SEO secara langsung, namun berbagi pada situs socmed merupakan cara yang bagus untuk menunjukkan visibilitas anda dan meraih lebih banyak trafik kunjungan.

5. Smartphone

User yang datang dari hasil pencarian Google lewat gadget jenis smartphone atau iPad bisa dikatakan lebih pemilih. Apabila website anda nyatanya tidak kompatibel dengan gadget mereka, website anda akan ditinggalkan. Padahal perkembangan gadget jenis smartphone dan iPad bisa dikatakan sangat signifikan. Dan ke depannya pasti semakin banyak orang yang akan mengakses situs anda dari gadget jenis ini. Maka optimasikan situs anda sekarang juga.

6. Panda dan Penguin

Beberapa hari setelah diaplikasikan, update pada Panda dan Penguin pasti mendatangkan dampak yang besar dan mimpi buruk bagi banyak situs. Sebab rata-rata 3% dari total website yang beredar di dunia akan kehilangan ranking setiap kali update terbaru dirilis. Algoritma-algoritma ini akan terus-terusan diperbaiki oleh Google hingga seluruh website spam berhasil dipangkas dari hasil pencarian Google.

7. Sejarah Penguin dan Panda

Penguin diperkenalkan pada 24 April 2012 dan setiap bulannya selalu ada update terbaru terhadap algoritma ini, dan Panda. Setiap update difokuskan untuk subjek tertentu yang mempengaruhi cara penentuan ranking. Misalnya fokus dari algoritma Panda adalah menyaring konten-konten berkualitas rendah dan dupikasi, sedangkan fokus dari Penguin lebih pada backlink tidak wajar yang dianggap sebagai tindakan memanipulasi ranking search engine.

8. Link yang tidak wajar (Unnatural Links)

Penguin mengenakan sanksi yang berat untuk situs yang dianggap Google memiliki backlink2 yang tidak wajar, seperti: Paid Text Links, Comment Spam, Cloaking, dlsb. Katanya, analisis algoritma ini didasarkan pada anchor text. Apabila ketahuan kata kunci yang sama digunakan ribuan kali, dan kelihatan tidak wajar, maka situs tersebut akan dikenai penalti oleh Google.

9. Survive dari Penguin

Langkah pertama menghadapi kerasnya algoritma Penguin kembali lagi pada poin ketiga. Yaitu melakukan analisis secara menyeluruh terhadap semua link yang anda pasang di website. Hapus semua link yang mengandung/mengarah ke website spam.

10. Kesimpulan

Backlink itu seperti pisau bermata dua. Jika digunakan dengan bijak, maka hasilnya akan efektif. Namun anda harus berhati-hati. Kehati-hatian merupakan kunci utama untuk menghadapi algoritma Google. Kehati-hatian ini pulalah yang harus ditunjukkan pada konten anda. Buatlah konten yang benar-benar berkualitas, bukan sekedar copy-paste untuk memenuhi kuota post harian anda. Selama anda tetap mengikuti pedoman Google Webmaster dan tetap fokus pada konten yang berkualitas, pelan-pelan tapi pasti website anda akan berkembang dari sisi mesin pencari. Bukankah untuk membangun sebuah gedung tinggi diperlukan pondasi yang kokoh dan tahan gempa?

Loading...

8 komentar

  • 1 Februari 2013 - pukul 3:50

    Artikel yang sangat Jagoan :-)
    1. Geo Lokasi: sejalan dengan pemilihan segmen pasar, perlu menentukan fokus.
    2. Konten: pengalaman saya, sudah semaksimal mungkin tidak copy paste dan mencantumkan link aktif jika ada, eh malah konten sendiri yang di-copas dan dimanfaatkan orang lain sewagai ‘web opener’ ke website mereka.

  • 1 Februari 2013 - pukul 9:56

    Alhamdulillah, Sangat Bermanfaat Sekali Artikel ini. terima kasih Gan.

  • 29 Maret 2013 - pukul 18:51

    Semoga saya tidak kena pinguin di blog ini.
    hehehehehhe

  • 23 April 2013 - pukul 10:29

    tutorialnya bermanfaat sekali :)

  • 16 Juli 2013 - pukul 19:37

    Terima kasih gan.. benar-benar mantab..

  • 29 Juli 2013 - pukul 9:30

    algoritma penguin nih emang agak merepotkan, apakah kita perlu mengecek baclink yang mengarah ke situs kita secara periodik? kan bisa saja kompetitor yang masang backlink (unnatural) dengan tujuan menurunkan situs kita di SERP. makasih artikelnya mas bermanfaat sekali.

    • Administrator
      29 Juli 2013 - pukul 15:42

      sayangnya meskipun ada yang pasang, kita tidak punya kuasa untuk memintanya diturunkan mas, jadi rasanya percuma saja :-) lebih baik waktu dan tenaganya digunakan untuk memperbanyak natural link. Semoga bermanfaat ;-)

  • 20 September 2013 - pukul 20:43

    Artikelnya bagus singkat dan padat . eh….mudah di mengerti, tetap semangat ya.., Mariki di

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *