Produktivitas

Seperti Inilah Cara Mendapatkan Kartu Pra Kerja

 

Loading...

Cara Mendapatkan Kartu Pra Kerja – Pemerintah telah menyediakan Kartu Pra Kerja untuk mengembangkan kompetensi kerja. Dengan mendaftar program ini, Anda bisa mengakses berbagai pelatihan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan insentif dana untuk pelatihan. Menarik sekali, bukan?

Agar bisa mengikuti program ini, Anda harus melalui berbagai tahapan pendaftaran. Tertarik untuk mendaftar? Cari tahu bagaimana caranya untuk mendapatkan kartu pra kerja dalam artikel berikut ini, yuk!

Semakin berkembang dengan Kartu Pra Kerja

Program ini diinisiasi pemerintah agar warga Indonesia dapat mengembangkan kompetensi kerja. Dengan Kartu Pra Kerja, kita dapat mengikuti pelatihan skill. Selain itu, kita juga mendapatkan bantuan berupa dana nontunai untuk mendukung proses pelatihan. Total dana yang didapatkan mencapai Rp 3.550.000,00 dengan rincian sebagai berikut:

  • Bantuan pelatihan sebesar 1 juta rupiah
  • Insentif pelatihan sebesar 600 ribu rupiah/bulan (selama 4 bulan)
  • Insentif Survei Kebekerjaan sebesar 50 ribu rupiah/survei (akan ada 3 survei)

Pemerintah juga menggandeng pihak swasta untuk mengembangkan program Kartu Pra Kerja. Pihak-pihak tersebut di antaranya Tokopedia, Skill Academy by Ruangguru, OVO, Maubelajarapa, Linkaja, Hacktiv8, Sekolahmu, serta G2 Academy.

Syarat yang harus dipenuhi agar dapat lolos Kartu Pra Kerja

Program Kartu Pra Kerja bukan hanya ditujukan bagi para jobseeker, melainkan juga mereka yang telah bekerja namun ingin menambah skill. Tetapi, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa mengikuti program Kartu Pra Kerja.

Selain berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), Anda harus berusia minimal 18 tahun saat mendaftar. Pastikan bahwa Anda juga tidak sedang bersekolah atau berkuliah. Seperti yang dilansir dari website resmi Kartu Pra Kerja, saat ini program Kartu Pra Kerja akan lebih diprioritaskan untuk pekerja dan pelaku usaha mikro yang terdampak pandemi COVID-19.

Tata cara mendapatkan Kartu Pra Kerja dari awal

1. Mendaftar akun

Buka situs Kartu Pra Kerja, lalu klik kolom biru ‘Daftar Sekarang’. Masukkan alamat email aktif Anda serta password atau kata sandi. Kemudian klik ‘Daftar’.

Anda akan menerima email notifikasi untuk melakukan verifikasi akun. Saat sudah berhasil melakukan verifikasi, akun Anda pun sudah siap dipakai.

2. Verifikasi KTP dan pengisian data diri

Lakukanlah login dan masuklah ke bagian Dashboard. Lalu, isi verifikasi KTP. Klik ‘Berikutnya’.

Setelah itu, Anda perlu mengisi data diri. Kemudian, Anda harus meng-upload foto KTP serta berfoto selfie dengan KTP Anda. Selanjutnya, lakukanlah verifikasi nomor handphone. Kemudian klik ‘Kirim’.

Anda akan mendapatkan kode OTP yang dikirimkan lewat SMS ke nomor handphone yang didaftarkan. Masukkan kode OTP tersebut lalu klik ‘Verifikasi’.

3. Isi ‘Pernyataan Pendaftar’

Setelah melakukan verifikasi, tahap selanjutnya adalah mengisi ‘Pernyataan Pendaftar’. Saat selesai mengisi, klik ‘Oke’.

4. Melakukan tes

Yap, Anda perlu melakukan tes untuk mendapatkan Kartu Pra Kerja. Tes yang perlu diikuti yakni Tes Motivasi & Kemampuan Dasar. Tes ini berisikan 18 soal dengan durasi pengerjaan selama 25 menit. Soal-soal yang diujikan adalah seputar matematika, pengurutan instruksi, dan pemahaman bacaan non-sastra.

Berada di tempat yang kondusif serta memiliki koneksi internet stabil adalah hal penting agar tes bisa berjalan lancar. Selama tes, Anda diperbolehkan untuk menggunakan kertas dan alat tulis untuk menyelesaikan soal.

Jika sudah siap tes, Anda bisa langsung klik ‘Mulai Tes Sekarang’. Setelah selesai mengerjakan tes, hasilnya akan dievaluasi. Biasanya, evaluasi memerlukan waktu selama 5 menit. Ketika Anda sudah lebih dari 5 menit namun tidak ada perubahan, cobalah klik ‘Refresh’.

5. Mengikuti seleksi gelombang

Selanjutnya, Anda harus memilih gelombang yang ingin diikuti. Masing-masing gelombang memiliki kuotanya tersendiri untuk area dan periode tertentu.

Sesuaikan gelombang dengan domisili Anda. Klik ‘Gabung’ pada pilihan yang ingin dituju. Selesai! Ini adalah tahap akhir dari pendaftaran.

Cara untuk mengetahui bahwa kita lolos Kartu Pra Kerja

Perhatikanlah tanggal pengumuman seleksi gelombang. Pada tanggal pengumuman, lakukanlah login dan cek Dashboard. Jika lolos, Anda juga akan mendapatkan notifikasi lolos lewat SMS. Selain itu, Anda akan mendapatkan nomor Kartu Pra Kerja dan bisa melihat status saldo.

Sebaliknya, jika tidak lolos Anda akan mendapatkan notifikasi ‘Tidak Lolos’ pada bagian dashboard. Walaupun demikian, Anda masih bisa mendaftar gelombang berikutnya. Anda tidak perlu mengulang lagi proses pendaftaran dari awal.

Simak juga berbagai artikel menarik seputar bisnis hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat menambah wawasan, salam sukses!

Photo from prakerja.go.id

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *