Inspirasi Technology

Seputar Revolusi Industri 4.0 yang Perlu Anda Ketahui

 

Loading...

Revolusi Industri 4.0 – Zaman senantiasa berkembang, begitu pula dengan kemajuan teknologi. Saat ini, kita disebut akan menghadapi era Industri 4.0. Lantas, apa saja yang perlu kita ketahui mengenai hal tersebut?

Apakah yang dimaksud dengan Revolusi Industri 4.0?

Sebelumnya, dunia telah mengalami tiga revolusi industri. Mulai dari revolusi pertama atau Revolusi Industri 1.0, di mana kala itu dunia baru mengenal teknologi mesin uap. Kemudian awal abad ke-20, di mana perkembangan transportasi menjadi titik puncak Revolusi Industri 2.0. Revolusi selanjutnya yakni Revolusi Industri 3.0, menekankan pada teknologi komputer dan robot untuk membantu proses produksi.

Jika memperhatikan keseluruhan revolusi yang telah terjadi, teknologi selalu berkembang dan selalu ada penekanan baru di setiap momentumnya. Lantas, apa yang akan dikembangkan di era Industri 4.0?

Revolusi Industri 4.0 atau Revin 4.0 akan menekankan pada peningkatan taraf kemampuan teknologi untuk efisiensi industri. Revin 4.0 menekankan kepada cyber physical system. Konsepnya, akan terjadi otomatisasi teknologi untuk menggantikan tenaga kerja manusia. Hal tersebut dipandang akan menciptakan efisiensi bagi industri.

Beberapa produk teknologi yang akan hadir di Revolusi Industri 4.0

Seperti deretan revolusi industri terdahulu, selalu ada produk teknologi yang dihasilkan dari masing-masing revolusi. Revin 4.0 pun memiliki beberapa gambaran produk teknologi yang dikembangkan.

Berikut ini adalah di antaranya.

  • Internet of things (IoT): Segalanya tersambung dengan jaringan internet, termasuk untuk kemajuan industri. Suatu permasalahan bisa diketahui dengan cepat, dari mana saja, berkat jaringan internet.
  • Big Data: Yakni kumpulan data dalam volume besar. Data-data tersebut direkam lewat berbagai sensor.
  • Cloud Computing: Konfigurasi berbagai server bisa dilakukan dengan bantuan internet.
  • Cyber Security: Teknologi perlidungan dari cyber attack, alias tindakan yang bisa mengancam informasi.
  • Augmented Reality: Memberikan sensasi visual, dengan memproyeksikan benda virtual yang bersifat maya ke dunia nyata.
  • Addictive Manufacturing: Mewujudkan desain digital menjadi benda nyata dengan mudah. Salah satu contoh penerapannya adalah 3D Printing.

Beberapa produk tersebut bahkan sudah mulai muncul di kehidupan sehari-hari, lho. Tentunya, tidak menutup kemungkinan bahwa produk-produk tersebut akan selalu dikembangkan. Bagaimana menurut Anda?

Lalu, apakah yang perlu kita persiapkan dari sekarang?

Satu hal yang menjadi ‘ancaman’ dari revolusi ini adalah adanya kemungkinan bahwa tenaga dan kemampuan SDM dapat digantikan oleh teknologi. Imbasnya, kita pun bisa kehilangan pekerjaan.

Tentunya, kita tidak ingin skenario tersebut terjadi pada diri kita. Ada beberapa hal yang bisa kita persiapkan untuk dapat menyambut Revin 4.0 dengan sukacita.

Hal yang paling utama adalah memperkuat kemampuan diri sebagai SDM. Seiring dengan perkembangan teknologi dan internet, banyak profesi baru yang tercipta. Kini, kita mengenal profesi content creator dan influencer. Kedua profesi tersebut sangat erat kaitannya dengan perkembangan internet. Tanpa ada internet, profesi tersebut mungkin tidak akan ada.

Tidak menutup kemungkinan, profesi-profesi baru lainnya pun bisa bermunculan. Siapa tahu, Anda kelak menciptakan suatu profesi baru. Memiliki pemikiran yang up to date adalah kuncinya. Selalu mengikuti perkembangan teknologi serta mengeksplor berbagai ide merupakan langkah baik untuk mewujudkannya.

Selain itu, dengan kemajuan teknologi yang sekarang, manfaatkanlah untuk belajar skills atau berbagai kemampuan baru. Ada berbagai workshop dan seminar selain pendidikan formal. Anda bisa memanfaatkan internet untuk mencari referensi belajar.

Revin 4.0 memang belum sepenuhnya dimulai. Terlepas dari itu, zaman akan senantiasa berkembang. Buatlah diri Anda siap menghadapi berbagai tantangan di depan.

Jangan ketinggalan untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya seputar teknologi dan bisnis hanya dari Mebiso. Selamat menambah wawasan, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *