Interviews

Siapa Bilang Gamer Hanya Sebuah Hobi? Dody Menjadikannya Ladang Penghasilan

 
  • 36
    Shares

   

Salah satu dari kamu pasti adalah seorang gamer kan? Voucher berbayar untuk game online berarti bukan lagi hal yang baru untuk kamu beli setiap kali game yang sering kamu mainkan membutuhkannya. Dody Solikhin(37) adalah salah satu yang bergerak di bidang penyedia voucher untuk game online ini. Lulusan Teknik Sipil ini memang seorang gamer pada awalnya. Dari hobi kini ia sukses mendirikan sebuah usaha yang membantu para gamer untuk mengembangkan hobi mereka.

Berikut ini cerita dari Bapak Dody sebagai pemilik salah satu bisnis online khusus untuk game online di Indonesia.

Halo pak Dody, bisa diceritakan bagaimana awal mula Bapak sebagai lulusan teknik sipil masuk menjadi seorang entrepreneur?

Awal mulanya saya adalah seorang gamer, kemudian mencoba membantu teman-teman gamer lainnya untuk membelikan item di game tersebut, dan semakin banyak yang memakai jasa saya, sehingga saya memutuskan untuk serius terjun di dunia game ini. Dan pengorbanan yang pernah saya lakukan adalah waktu, pendapatan dll. Sebelumnya semuanya sudah teratur namun ketika memulai bisnis ini baik mengenai waktu kerja maupun pendapatan saya mulai tidak teratur.

Lalu mengenai Kepalasukumart ini sendiri bagaimana awal berdirinya?

Latar belakang berdirinya bisnis ini itu terjadi setelah pekerjaan saya di dunia nyata dan pekerjaan saya di dunia maya sama-sama berjalan dan akhirnya setelah menimbang segala sesuatunya, saya memutuskan untuk resign dari pekerjaan dunia nyata saya dan serius di bidang game ini.

Mengenai nama sebenarnya tidak ada yang istimewa, awalnya nama kepalasukumart adalah nama group jualan di FB dengan admin 3 orang, dan kemudian yang survive jualan games kebetulan saya, lainnya lebih focus di dunia nyata. Untuk nama kepalasuku diharapakan akan menjadi pimpinan di bidangnya.  Produk yang paling di mininati adalah produk dari game facebook, game android dan game web.

Tidak menjual produk fisik, apa yang Anda lakukan untuk memasarkan produk di Kepalasukumart ini?

Kunci awal adalah kita ikut dalam suatu komunitas,  akan lebih mudah kita berjualan di dalam komunitas di banding dengan ketika kita jualan kepada orang yg belum mengerti. Setelah komunitas biasanya akan berkembang dari mulut ke mulut. Jika pelayanan kita baik besar kemungkinan akan terjadi repeat order.

Untuk kemana saja, berhubung dunia internet adalah luas. Jadi selama dia bisa online/internet dan seorang gamer maka dia bisa jadi customer kita, jadi ga jarang juga pembeli dari luar negeri, berhubung produk kita berupa virtual/voucher, tidak perlu adanya kirim barang real, jadi instant.

Lalu untuk menyeimbangkan harga dan kualitas produk apa yang Anda lakukan?

Dikarenakan product yang saya jual bukanlah produk real jadi yang lebih kami utamakan adalah harga yang dapat bersaing dan kecepatan dalam pelayanan.

Apa yang membuat Kepalasukumart berbeda dari bisnis serupa?

Kami menyajikan berbagai macam pilihan pembayaran yang dapat memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi, harga yang kami berikan kompetitif dan tentunya fast respon. Jika untuk pembayaaran umumnya menggunakan rekening bank, kami mempermudah pelanggan dengan menyediakan pembayan menggunakan pulsa.

Selama mendirikan bisnis ini, pengalaman dan prestasi apa yang sudah sempat diraih oleh Kepalasukumart ini?

Untuk prestasi terbaik yang pernah saya raih adalah saat beberapa kali sempat menjadi pemenang pada event yang diselenggarakan distibutor game besar, dan kebetulan beberapa bulan lalu saya mendapatkan juara 1 untuk best toput, dan alhamdulillah saya mendapatkan hadiah samsung galaxy S3 mini.

Dan saat memiliki customer asing sehingga memaksa saya untuk bernegosiasi menggunakan bahasa inggris hingga dealing.

Kedepannya, Kepalasukumart ini ingin menjadi seperti apa?

Saya ingin membuat web voucher yang otomatis, dengan menampilkan jumlah ketersediaan stok voc, jadi dapat membuat customer untuk melakukan transaksi dengan mudah dan tanpa perlu menunggu bantuan dari sisi saya.

Wah, selanjutnya adakah saran atau tips yang ingin dibagikan kepada pelaku bisnis online lain di luar sana?

Untuk saran, cari tahu siapa segmen dan customermu. Dekati mereka secara halus dan masuklah dalam komunitas-komunitas yang berhubungan dengan bisnis Anda. Komunitas tersebut akan lebih memudahkan Anda dalam memasarkan product.

Menurut saya lebih mudah untuk menjual produk di dalam komunitas dibandingkan Anda menjual produk kepada orang-orang yang belum mengerti apa yang Anda jual.

Wah terima kasih sekali Pak Dody untuk kesempatannya berbincang dan berbagi pengalaman dengan kami. Semoga Kepalasukumart sukses selalu :)

Bagi ayah satu orang putri ini, Rahasia dalam bisnis adalah dengan mengetahui apa yang orang lain tidak mengetahuinya. Selain itu ia juga sangat menyukai quote yang berasal dari film Starwars, “Do or Do Not, There is No Try”

           
  • 36
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *