Biografi Inspirasi

Siapa Elon Musk? Kenalan Sama Si Jenius Ini, Yuk!

 

Siapa Elon Musk – Anda pasti pernah dengar Elon Musk, bukan? Baik itu di pop-culture atau pun di berita, nama Elon Musk seolah kerap menggema dan memancing rasa penasaran siapapun yang mendengarnya.

Siapa Elon Musk Sebenarnya?

Elon Musk adalah seorang pebisnis dan industrialis asal Amerika Serikat. Ia lebih dikenal sebagai pendiri dan CEO perusahaan teknologi antariksa, SpaceX dan perusahaan mobil listrik, Tesla. 

Pada tahun 1983, saat Musk berusia 12 tahun, ia membuat software permainan tembak-tembakan pesawat luar angkasa yang diberi nama Blaster. Setahun kemudian Software tersebut di beli oleh Majalah Teknologi seharga USD 500. 

Karir pertamanya

Elon Musk memulai karirnya dengan mendirikan perusahaan perangkat lunak bernama  Zip2.  Setelah mendapat keuntungan dari Zip2, Musk mengembangkan X.com yang kemudian berkembang menjadi Paypal pada tahun 2000. Paypal kemudian diakuisisi oleh eBay pada tahun 2002.

Ditahun yang sama, saat ia berusia 31 tahun, Musk berhasil mendirikan perusahaan transportasi luar angkasa swasta Amerika Serikat yang diberi nama Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX). Elon Musk menjadi CEO sekaligus CTO SpaceX.

Saat ini, Musk juga CEO sekaligus arsitek Tesla. Tesla awalnya didirikan oleh Martin Ebenhard dan Marc Tarpenning pada Juli 2003. Sejak tahun 2004, Musk secara aktif memberikan pendanaan kepada Tesla dan turut merancang mobil listrik tersebut agar menjadi mobil premium yang dapat dikomersialkan. 

Misi mulia untuk manusia

Selain memiliki misi untuk menerbangkan manusia ke planet Mars melalui SpaceX, Elon Musk memiliki misi mulia di Bumi. Misi tersebut adalah memerangi pemanasan global.

Musk adalah konsptor dan pemegang saham terbesar pada SolarCity, salah satu perushaan penyalur sistem tenaga surya terbesar di Amerika Serikat. Melaui SolarCity inilah Musk berusaha membantu mengurangi pemanasan global dengan mengimplementasikan teknologi energi tenaga surya pada mobil listrik Tesla.

Selain perusahaan di atas, dia juga mendirikan sebuah perusahaan startup untuk mengintegrasikan otak manusia dengan kecerdasan buatan bernama Neuralink pada tahun 2016. Perusahaan ini bertujuan menciptakan perangkat yang dapat ditanamkan di otak manusia. 

Sumber Kekayaan

Elon Musk memiliki 20 persen saham Tesla dimana nilai saham tersebut naik hingga 550 persen sejak awal tahun 2020. Selain mendapat keuntungan dari naiknya harga saham, Musk juga mendapat bonus dari Tesla sekitar USD 55 miliar.

Meski di masa pandemi Covid-19 nampaknya tahun ini adalah tahun emas untuk Tesla. Tesla berhasil mencapai rekor penjualan tertinggi dengan keuntungan mencapai USD 874 juta atau setara dengan Rp 12.34 triliun.

Keuntungan tersebut naik 156 persen dari kuartal III 2019 dan naik dua kali lipat dari kuartal II 2020, belum lagi ditambah keuntungan yang didapat dari barang-barang khusus yang dijual Tesla.

Pendaptan dan keuntungan Tesla tentunya berpengaruh pada kekayan Musk sebagai CEO. Padahal Musk sendiri tidak pernah mengambil sedikut pun gajinya dari Tesla.

Kesuksesan Tesla tahun ini membuat Elon Musk melejit mengalahkan Bill Gates dalam jajaran orang terkaya di dunia. Walau begitu, kekayaan Musk tidak hanya bergantung pada Tesla saja, masih banyak perusahaan Musk lainnya yang menjadi bagian dari kekayaan tersebut.

Keren banget, ya biografinya! Semoga bisa menginspirasi Anda untuk terus berkarya dalam bisnis.

Baca Juga :


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *