Leadership

Siapa Saja Sih Tokoh yang Menginspirasi Para Pebisnis Online Sukses di Indonesia? Ini Dia Mereka [Part 1]

 
  • 1
    Share

Loading...

Ketika akan terjun kedalam dunia bisnis tentu kita akan terinspirasi oleh orang-orang yang berada didekat kita, bisa jadi itu adalah orang tua, saudagar, maupun teman. Dan banyak juga yang terinspirasi oleh para tokoh dalam dan luar negeri yang sudah berhasil dan sukses dengan bisnisnya. Mereka adalah orang-orang yg hebat, karena terus berjuang meskipun pernah gagal. Siapa sajakah dia? Yuk kita simak dan ambil manfaatnya dari lika-liku perjalanan beliau.

Steve Jobs

stevejobs

steve jobs

Lahir di San Francisco, California, Amerika, 24 Februari 1955. Jobs adalah mantan CEO Apple Inc, mantan CEO Pixar Animation Studios. Sempat didepak dari Apple tidak membuat Jobs patah semangat. Dengan kejeliannya, Jobs mengambil alih perusahaan Pixar Animation. Berkat perusahaan itu, akhirnya Jobs kembali ke Apple. Disinilah Jobs meraih sukses berkat kerja kerasnya selama ini. Jobs berhasilkan mengeluarkan produk Apple fenomenal seperti iPod, iMac, iPhone, iPad dan iCloud.

Meskipun dalam kondisi kesehatan yang kurang baik, Jobs masih memikirkan dunia dan terus menciptakan produk. Jobs dikenal sebagai revolusioner yang tidak hanya berhasil membawa perangkat komputer setingkat lebih maju, tetapi juga menjadi orang dibalik perkembangan gadget-gadget mobile yang kini tengah menjadi kebutuhan pokok banyak orang.

Salah satu quote Jobs adalah “Do what you love and love what you do”.

Ippho Santosa

ippho santosa

ippho santosa

Lahir di pekanbaru, Riau, 30 Desember 1977. Ippho merupakan motivator, entrepreneur, penulis buku bisnis dan trainer dengan gaya khas anak muda. Iphho sempat berkarir sebagai pemasar di sinar mas Group, Genting Gighland, perusahaan Filipina, serta interpreter untuk ILO-PBB, dosen untuk Universitas Internasional Batam. Dan pada akhirnya Ippho mendirikan dan menjalankan EnterTrend Training , tempat pelatihan dan seminar serta riset pemasaran. Ippho mengeluarkan buku-buku yang menginspirasi untuk berwirausaha mandiri. Buku-buku tersebut menggunakan bahasa enteng dan mudah dipahami, diantaranya 13 Wasiat Terlarang, 10 Jurus Terlarang, 7 Keajaiban Rezeki, Percepatan Rezeki dalam 40 hari, Hanya 2 Menit. Dari judulnya saja, menarik dan membuat kita ingin segera membacanya bukan?

Ippho juga membuktkan bahwa dengan bekerja keras dan kesungguhan hati membuat perubahan di didalam diri dapat mengantarkan kesuksesan di usia muda. “Berani meraih mimpi yang besar disertai usaha yang besar pula, maka kekuatan tersebut dapat menjadi kekuatan yang akan mengubah diri Anda juga”, begitu katanya.

Ada satu quote yang sungguh bagus dari Ippho, yaitu “ Bekerja keras, bermimpi keras, berdoa keras, bersyukur keras, maka rezeki pun mengalir deras”

Itthipat Kulapongvanich (Top)

Itthipat Kulapongvanich (Top)

 Pernah melihat film Thailand yang berjudul “Top Secret : The Billionaire”? Film ini cocok untuk dilihat untuk kamu yang ingin menjadi enterpreneur. Belum lihat? Ayo segera lihat, karena film ini menginspirasi sekali bagaimana mencari pinjaman modal, bagaimana jatuh bangun dalam bisnis. Film ini bercerita tentang anak muda yang sukses menjual rumput laut ke berbagai negara dan menjadi salah satu Billionaire.

Awal mula nya ketika si Top ini menyadari bahwa hobinya bermain game online dapat menghasilkan uang. Setelah itu, dia pun mencoba berbagai bisnis kecil-kecilan, dari menjual dvd sampai akhirnya jualan di mall. Ketka ayahnya mengalami kebangkrutan, Top semakin gencar mencari uang untuk melunasi hutang ayahnya. Top mengenyam berbagai rasa pahit hingga akhirnya meraih sukses ketika menjual rumput laut.

Di film ini diajarkan agar tidak mudah putus asa walaupun sedang menghadapi masa-masa sulit. Ketika yang lain sudah menyerah, kamu jangan menyerah, karena kesuksesan ada di depan mata.

Chairul Tanjung

Chairul Tanjung

Chairul Tanjung

Lahir di Jakarta, 16 Juni 1962. Chaitul dikenal sebagai pendiri sekaligus CEO dari CT Corp ( Mega Corp, Trans Corp, CT Global resources). Dididik keluarga yang tegas menjadikan Chairul menadi seperti sekarang. Bagi Chairul yang terpenting dalam sebuah bisnis adalah mengembangkan jaringan/ networking. Chairul juga tidak alergi dalam investasi bersama perusahaan mulitinasional. Selain modal, yang penting dalam sebuah bisnis adalah kemauan dan kerja keras serta mendapatkan mitra kerja yang handal.

Bagi generasi muda yang menginginkan terjun ke dalam bisnis, sabar dan menapaki tangga bisnis satu persatu adalah kunci kesuksesan, serta tidak menggunakan jalan pintas karena tidak semua hasil bisa diterima secara langsung.

Sandiaga Salahuddin Uno

Sandiaga Salahuddin Uno

Sandiaga Salahuddin Uno

Sandiaga mengawali karirnya menjadi karyawan dan meraih puncak karier dalam waktu singkat. Akan tetapi karena krisis moneter yang terjadi tahun 1998 menyebabkan tempat kerjanya bangkrut dan seluruh tabungannya habis. Karena kondisi mendesak ini menyebabkan Sandi terjun ke dunia bisnis.

Sandi mengibaratkan “dunia usaha seperti naik sepeda, yakni kerap jatuh bangun”. Hanya  keberanian, optimisme dalam memandang masa depan yang membuka jalan untuk mendulang kesuksesan. Bagi Sandi, jaring relasi hanya menyumbang 30% dari kesuksesan, sisanya adalah kerja keras dan menjaga kepercayaan. Hidup harus memiliki target, tanpa target pencapaian akan sulit.

Tony Hsieh

Tony Hsieh

Tony Hsieh

Tony adalah CEO dari Zappos, e-commerce sepatu terbesar di dunia. Sebelumnya Tony sempat bekerja di Oracle dengan gaji besar, akan tetapi karena pekerjaan yang monoton akhirnya memutuskan berhenti kerja. Setelah itu Tony membuka bisnis utamanya yaitu web developer. karena kejenuhannya, dia memulai ide bisnis baru yaitu LinkExchange yang akhirnya di beli oleh Microsoft. Tidak sampai disitu saja, Tony kemudian menanamkan investasi pada perusahaan Zappos. Tony mempertahankan dan membesarkan Zappos.

Tony mengelola Zappos dengan berfokus pada kualitas layanan pelanggan. Zappost memiliki nilai-nilai dan budaya perusahaan yang diciptakan dengan melibatkan seluruh karyawan. Contohnya adalah Delivering Happiness yang merupakan misi dari perusahaan dan karyawan.

Salah satu quote Tony yang terkenal dan berkesan adalah “Stay Hungry. Stay foolish. Never study to be successful, study for self efficiency”

Apakah kamu juga yang termasuk megidolakan dan terinspirasi oleh beliau-beliau ini?

Baca juga:

Temukan Inspirasimu dari Quote para CEO Kelas Dunia Ini

7 Tips Bisnis Sukses untuk Enterpreneur Muda

Ini Dia 9 Rahasia Orang-Orang Ini Sukses Berbisnis Online

Loading...

  • 1
    Share

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *