Biografi Insider Leadership

Siapa Warren Buffett? Yuk Dapatkan Inspirasinya!

 

Siapa Warren Buffett – Warren Buffett adalah seorang investor asal Amerika. Warren Buffet adalah orang terkaya ke-4 di dunia di tahun 2020. Dia merupakan komisaris, direktur utama, dan pemegang saham terbesar dari Berskshire Hathaway.

Berkshire Hathaway memiliki banyak perusahaan besar, diantaranya baterai Duracell, restoran Dairy Queen, asuransi Geico, dan puluhan perusahaan lainnya.

Berkshire juga memiliki sebagian saham di beberapa perusahaan ternama seperti Amazon, Apple, The Coca Cola Company, The Kraft Heinz Company, dan Mastercard.

Warren Buffett lahir di Omaha, Nebraska, 30 Agustus 1930 (90 Tahun). Warren Buffett merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Orang tuanya adalah Leila Buffett dan anggota kongres AS Howard Buffett.

Warren Buffett menempuh studi di University of Pennsylvania, dan mendapatkan gelar sarjana di University of Nebraska. Dia meraih gelar masternya di Columbia University. Kemudian Buffett mendalami pengetahuannya dibidang ekonomi di New York Institute of Finance.

Berikut fakta unik tentang siapa Warren Buffet.

Warren Sangat Gemar Membaca

siapa warren buffet
Sumber gambar pexels.com/@pixabay

Warren Buffett menghabiskan 80% waktunya setiap hari untuk membaca koran dan buku. Dia percaya bahwa membaca adalah kunci kesuksesan.

Dalam suatu wawancara, Buffett pernah menunjuk kumpulan buku-bukunya dan berkata, “baca 500 halaman seperti ini setiap hari. Itulah cara mengembangkan pengetahuan. Pengetahuan harus dibangun, seperti bunga majemuk (compound interest).”

Minat membacanya sudah tumbuh sejak kecil dan membawa ia menjadi investor hebat seperti sekarang. Pada usia 7 tahun, Buffett membaca buku berjudul “One Thousand Ways to Make $1000” yang menginspirasinya untuk berbisnis.

Warren Buffet Membeli Saham Pertamanya pada Usia 11 Tahun

Buffett, pada usia 10 tahun, mengunjungi New York Stock Exchange dan memiliki minat yang besar terhadap saham dan investasi. Ia membeli saham pertamanya pada usia 11 tahun sebanyak tiga lembar untuk dirinya dan tiga lembar untuk kakak perempuannya. Buffett mulai membayar pajak pada usia 13 tahun.

Warren Buffett Adalah Seorang Filantropi

Kekayaan yang dimiliki Buffett sangat banyak. Pada Tahun 2020, kekayaan Buffett mencapai US$67.5 Milyar dan menempatkannya sebagai orang terkaya keempat tahun ini.

Setidaknya sejak tahun 2000 sampai tahun 2020, Warren Buffett selalu masuk ke dalam empat besar orang terkaya di dunia besama Jeff Bezos dan Bill Gates.

Pada tahun 2006, Buffett berjanji untuk memberikan 99% kekayaannya untuk disumbangkan. Sebagian besar hartanya disumbangkan melalui Bill and Melinda Gates Foundation.

Buffett bersama Bill Gates mendirikan The Giving Pledge pada tahun 2009. Organisasi ini mengajak miliarder untuk menyumbangkan kekayaannya untuk kepentingan kemanusiaan.

Warren Buffett Menerapkan Gaya Kepemimpinan Delegatif

siapa warren buffett
Sumber gambar : unsplash.com/@amyhirschi

Buffett menggunakan gaya kepemimpinan delegatif atau Laissez Faire leadership. Gaya ini membuat atmosfir kerja yang mendorong rasa percaya diri dan motivasi pegawai karena mereka memegang penuh otonomi dalam pekerjaannya. Gaya ini juga mengharapkan pegawai bisa menyelesaikan masalahnya sendiri.

Namun perlu diingat, gaya ini hanya efektif jika diterapkan kepada pegawai yang sudah memiliki kemampuan yang baik dan motivasi yang tinggi.

Buffett memiliki kemampuan yang baik dalam menyeleksi pegawainya supaya dia bisa menerapkan gaya kepemimpinan ini dengan baik. Buffett berpendapat, “people perform best when given autonomy“. Orang akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya jika diberi kepercayaan untuk melakukan sesuatu.

Warren Buffett Tinggal di Rumah yang Sama Sejak Tahun 1958

Hingga saat ini, Buffett masih menempati rumah yang pertama kali dibelinya pada tahun 1958. Dia membeli rumah itu dengan harga US$31.500. Rumah yang ia tempati memiliki lima kamar tidur dengan dua kamar mandi.

Buffett terkenal dengan gaya hidup yang sangat hemat. Ia tidak pernah menghabiskan uangnya untuk membeli rumah baru atau mobil mewah.

Sekarang Anda sudah tahu siapa Warren Buffett , kan? Ternyata banyak pelajaran menarik yang bisa kita dapatkan dari kisah hidup Warren Buffett.

Semoga menginspirasi!


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *