Start A Business

Siapakah Customer Anda Sesungguhnya?

 

   

Seringkali kita melakukan mass marketing tanpa tahu siapa sebenarnya orang yang ingin kita tembak menjadi customer kita. Hingga pada akhirnya budget iklan terbuang sia-sia karena minimnya tingkat conversi. Tak jarang pula kita membenarkan diri bahwa semakin luas kita beriklan maka semakin besar pula kesempatan kita mendapat customer, padahal anggapan itu kurang tepat.

Contoh saja, apakah tepat jika kita menjual jaket di negara bermusim panas? tentu hasilnya kurang maksimal bukan.

Itulah perlunya segmentasi market. Dalam praktek marketing terkadang step ini terlupakan. Ya, seperti kalimat diatas, menjual secara asal tanpa tahu siapa sasarannya. Mencari tahu segmentasi market memang akan mengarahkan kita ke pertanyaan siapa customer kita. Untuk mencari tahu siapa customer kita diperlukan beberapa cara.

Berikut adalah cara untuk mencari tahu siapa customer kita sesungguhnya:

1. Gunakan form opt-in pada website anda dimana pelanggan diminta memasukkan data diri mereka seperti nama, email, alamat, dll. Desain form yang eye-catching sehingga menarik perhatian

2. Cari tahu pelanggan dengan Search data mereka di Google. Kami yakin anda pernah melakukannya :-)

3. Interview pelanggan secara langsung atau melalui telepon untuk menemukan apa yang mereka sukai tentang produk atau layanan Anda

4. Pelajari history pelanggan ketika mengontak anda. Kita bisa mengetahui hal apa yang sering mereka tanyakan ke kita

5. Catatan dari tim sales juga perlu kita database-kan. Tim sales yang telah berinteraksi langsung akan dapat lebih menggambarkan karakter customer kita. Kini tugas tim sales Anda tak hanya menjual, tapi juga capture character their customer.

5 Formula Rahasia Para Pebisnis Milyaran

Beberapa cara diatas ada baiknya segera Anda lakukan sekarang. Semakin cepat Anda mengetahui siapa customer Anda, semakin cepat pula segmentasi market Anda dibentuk. Dengan adanya segmentasi pasar maka Anda dapat menjual produk atau jasa dengan tepat sasaran sehingga peluang konversi menjadi customer semakin terbuka lebar. Namun kami menyadari mungkin step diatas masih sedikit samar bagi Anda tanpa adanya informasi lebih detail dan prakteknya.

Kini Anda tidak perlu khawatir, tim Mebiso akan membagikan tips produk terjual laris yang sangat aplikatif. Dapatkan pula rahasia milyarder yang jarang dipraktekkan oleh banyak pengusaha secara GRATIS hanya dengan mendownload EBook The Billionaire’s Blue Print. Spesial pula untuk Anda pembaca Mebiso, kami berikan pula BONUS 100 Cara Mendatangkan Pelanggan Dari Seluruh Penjuru. Tunggu apalagi, download EBook The Billionaire’s Blue Print sekarang. Semakin cepat Anda mendownload, semakin cepat Anda meninggalkan kompetitor Anda!

 

 

                           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *