Running A Business

5 Alasan Penting Memperhatikan Sikap Berbicara kepada Klien

 

Sikap Berbicara – Tahukah Anda, betapa pentingnya sikap berbicara dalam sebuah percakapan baik antara satu orang dengan orang yang lain, atau satu dengan banyak orang. Terutama ketika Anda menghadapi klien. Berani, takut, kuat, ataupun tidak percaya diri, semua akan terlihat pada sikap berbicara Anda. Lalu apa sebenarnya yang membuat sikap berbicara penting bagi setiap kegiatan interaksi dengan pelanggan? Berikut ini alasannya!

1. Sikap berbicara dapat memengaruhi wibawa Anda

Ketika dalam suatu kegiatan presentasi atau public speaking, Anda gagal untuk melakukan kontak mata dengan pendengar atau audiens Anda, Anda akan terlihat kurang berwibawa, kurang dipercaya dan kurang percaya diri.

2. Meminta untuk didengar

Apa yang Anda lakukan saat presentasi di depan para audiens Anda, selain meminta untuk didengar sampai materi selesai disampaikan. Ketika Anda melihat seseorang tepat pada mata mereka, mereka akan cenderung melihat Anda dan lebih dari itu, yaitu mereka mendengarkan Anda. Dan lebih mungkin lagi mereka akan tertarik dan membeli produk yang Anda jual.

3. Membangun kepercayaan diri dapat juga melalui sikap berbicara

Salah satu yang dapat menunjukkan dan membuktikan kesiapan serta kepercayaan diri Anda saat presentasi adalah gestur Anda. Saat Anda berani menatap mata audiens Anda, dan saat itulah Anda telah yakin dengan kepercayaan diri Anda. Fokus ucapan ada pada pandangan yang Anda lakukan kepada sekitar Anda.

4. Menanggapi sinyal audiens

Untuk mendapatkan dialog sukses tentunya Anda tidak bisa hanya meminta audiens mendengar dan memperhatikan Anda, tapi mereka juga ingin diperhatikan dan didengar ketika sedang menyampaikan ide atau pendapat. Maka dari itu, perhatian pada klien akan membuat Anda mengetahui bagaimana audiens Anda ingin diperhatikan.

5. Sikap berbicara bantu Anda menciptakan tindakan

Selanjutnya, setelah percaya diri itu terbentuk dalam diri Anda, itupun menyebabkan Anda bisa mengendalikan setiap emosi saat melakukan persentasi. Selanjutnya jelas, audiens akan merasa terpanggil untuk melakukan suatu tindakan, seperti mengajukan suatu penawaran atas apa yang sebelumnya dibicarakan.

Demikian beberapa alasan yang menjadikan sikap berbicara wajib diperhatikan oleh setiap pebisnis. Jadi, sudahkah Anda memperbaiki sikap berbicara Anda kepada klien?
(dok. Pexels)

Baca juga:

Ciptakan Kesan Baik saat Menjalin Komunikasi kepada Pelanggan

Sikap Melayani Pelanggan Secara Online yang Wajib Diperhatikan

Trik Mendapat Rating Bagus untuk Pelayanan Bisnis Anda


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *