Running A Business

Sikap Melayani Pelanggan Secara Online yang Wajib Diperhatikan

 

Sikap Melayani Pelanggan – Media sosial menjadi salah satu media promosi sebuah bisnis yang mudah untuk dilakukan dan sudah banyak diaplikasikan. Selain mengehemat biaya, media sosial mampu menjangkau pasar dengan lebih mudah dan lebih jauh. Meski demikian, melakukan promosi melalui media sosial bukan hanya mengandalkan postingan saja, pelanggan juga akan lebih menyukai suatu bisnis atau toko online yang dapat memperhatikan sikap melayani pelanggan mereka.

Ramah menjadi sikap melayani pelanggan yang mendasar

Siapa yang tidak suka jika mendapat sapaan atau balasan ramah dari seseorang? Terlebih jika itu terjadi di media sosial. Keramahan dalam sebuah percakapan akan mudah diterima dan diingat oleh masyarakat, terlebih saat Anda ingin memperkenalkan sebuah brand bisnis Anda.

Cobalah untuk tetap memberikan pelayanan terbaik meskipun Anda tidak bertatap muka dengan pelanggan secara langsung. Dengan begitu, pelanggan akan meraa lebih dihargai dan mengingat pelayanan Anda yang memuaskan.

Ciptakan hubungan emosional

Sekalipun mempromosikan sebuah bisnis hanya melalui media sosial yang hanya akan mempertemukan penjual dan pembeli dalam sebuah wadah online, tapi proses promosi harus berjalan dengan sangat ramah. Ramah disini artinya penjual harus mampu menciptakan sebuah hubungan emosional antara dirinya dengan pelanggan yang mengunjungi akun media sosial mereka.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan terus menjalin komunikasi, baik melalui postingan, komentar ataupun message. Cara ini dapat dengan mudah menumbuhkan keakraban antara penjual dan pembeli, sekalipun proses yang terjadi hanya di dalam lingkup media online.

Jujur dan transparan juga menjadi sikap melayani pelanggan yang penting

Cara membangun sebuah kepercayaan dan loyalitas pelanggan melalui media sosial adalah dengan menjadi lebih transaparan dengan mereka. Anda bisa memberikan pelanggan kesempatan untuk dapat berbagi perasaan mereka setelah menggunakan produk yang Anda berikan. Anda juga bisa selalu memberi konfirmasi kepada pelanggan terkait pengemasan dan pengiriman barang yang mereka beli.

Dari sanalah, Anda bisa membangun sebuah rasa percaya untuk pelanggan dan calon pelanggan Anda. Untuk melakukan hal ini, tentu Anda harus lebih banyak melakukan komunikasi dengan pelanggan – pelanggan Anda, atau lebih tepatnya menjalin sebuah kolaborasi dan kesempatan untuk menjadi lebih dekat dengan pelanggan Anda.

Jangan ragu meminta dukungan

Salah satu bentuk dukungan yang bisa bermanfaat bagi bisnis online Anda adalah berupa pemberian “like” pada postingan atau halaman media sosial Anda. Dukungan sederhana ini akan membantu Anda mengenalkan produk dan bisnis Anda lebih mudah dan jelas lebih jauh jangkauannya. Karena saat pelanggan Anda memberikan “like” nya, itu secara otomatis akan tampil pada halaman teman mereka, dan ini akan memudahkan Anda dalam memperkenalkan bisnis Anda lebih jauh dari sebelumnya.

Jangan pernah meremehkan sikap-sikap sederhana berikut dalam melayani pelanggan secara online. Karena justru sikap inilah yang akan mengantarkan bisnis Anda ke jenjang yang lebih sukses dan mapan.
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *