Leadership

“Singkat dan Bernilai” 10 Langkah Terbaik Menciptakan Obrolan Bermanfaat

 
  • 6
    Shares

Loading...

Pernahkah Anda melakukan sebuah kencan kilat? Atau sekedar mengobrol dengan orang penting di bisnis Anda? Tentu tidaklah mudah melakukan sebuah obrolan penting dalam waktu singkat. Sebab bagaimanapun kita harus bisa memahami lawan bicara kita. Mulai dari apa yang dia maksud sampai apa yang dia inginkan.

Terlebih bagi mereka yang memiliki rasa canggung ketika harus berbicara dengan orang baru. Bisa-bisa waktu yang seharusnya kita gunakan untuk membangun relasi jangka panjang, hanya kita gunakan untuk menyapa dan menanyakan kabar. Bahkan tidak sempat bertukar kartu nama.

Itulah sebabnya, kita perlu memberikan sesuatu atau nilai dalam obrolan kita. Sekalipun obrolan tidak selalu mengarah pada bisnis dan penjualan.

Baca terus artikel ini dan temukan langkah yang tepat untuk bisa menghasilkan NILAI terbaik pada obrolan singkat Anda.

1. Tunjukkan minat kepada lawan bicara Anda

Tanpa minat untuk mendengarkan dan berbicara dengan orang lain, kita tentu tidak akan bisa mengobrol dengan santai dan mendapatkan apa yang kita butuhkan bukan? Untuk memberikan nilai pada setiap percakapan kita dengan orang lain, jangan pernah lupa untuk menunjukkan ketertarikan ataupun minat kita terhadap lawan bicara. Ini termasuk mendengarkan apapun yang mereka sampaikan, bukan memaksa mereka untuk terus menerus mendengarkan kita. Bahkan biarkan orang lain berbicara lebih banyak dari kita. Dari sana mereka akan merasa dihargai sebagai seorang informan.

2. Tanyakan pertanyaan terbuka

Alih-alih sekedar meminta jawaban YA/TIDAK, cobalah berikan pertanyaan yang lebih detail tentang mereka. Pertanyaan terbuka seperti itu akan membuka jalur percakapan yang lebih besar lagi. Ajak mereka mengobrol dengan pembahasan yang tidak terlalu serius. Tanyakan tentang keluarga atau teman mereka.

3. Biarkan lawan bicara Anda memulai pembicaraan dulu

Sebelum Anda mulai berbicara dan bertanya panjang lebar, biarkan lawan bicara Anda menceritakan apa yang Anda tanyakan. Biarkan mereka merasakan ketertarikan yang mendalam terhadap obrolan Anda. Meminta mereka untuk menjelaskan apapun yang Anda maksudkan akan membuat mereka berbicara setidaknya beberapa menit sebelum Anda. Tenang saja, ini kesempatan Anda untuk mendapatkan informasi lebih banyak dari mereka.

4. Carilah informasi sebanyak mungkin

Penting bagi kita untuk tahu siapa yang akan menjadi lawan bicara kita. Lebih baik lagi jika kita memiliki target dengan siapa kita akan berbagi cerita dan informasi. Sebab kita bisa mencari informasi tentang siapa mereka, apa yang saat ini mereka lakukan bahkan apa yang mereka sukai. Dari informasi sederhana ini, kita bisa melakukan obrolan sebanyak mungkin dengan informan. Sekalipun tidak lebih dari 1 jam, kita akan memperoleh informasi yang kita butuhkan.

5. Share anekdot

Jangan ragu untuk memberitahu lawan bicara Anda bawa mereka bisa menciptakan hubungan yang lebih panjang lagi setelah percakapan singkat itu. Dan inilah bentuk dari sebuah ikatan. Seperti berbagi kenangan tentang liburan, atau informasi tentang tempat yang satu dan yang lain belum pernah mengunjunginya.

6. Terapkan tekni FORM

Apa itu FORM? Kenapa harus FORM?

F-amily    : Apakah Anda memiliki anak-anak? Dimana keluarga Anda tinggal saat ini? Berapa lama Anda dan mereka tinggal di tempat sekarang?

O-ccupation    : Apa yang Anda lakukan untuk hidup Anda? Seperti apakah itu?

R-ecreation    : Apa yang Anda lakukan untuk mengisi waktu luang? Berapa lama biasanya Anda mengambil waktu untuk berlibur? Dimana biasanya Anda bersenang-senang bersama keluarga?

M-oney        : Apa yang terjadi pada harga bahan pokok di pasaran saat ini? Apa ada efek dari turunnya nilai dollar terhadap rupiah saat ini?

Beberapa pertanyaan sederhana di atas dinilai sangat ampuh untuk menciptakan sebuah orbolan singkat tapi penuh nilai.

7. Bersikaplah jujur

Tidak ada orang yang mau dibohongi bukan? Termasuk dengan lawan bicara Anda saat itu. Mereka yang berniat mendapatkan teman dan informasi baru, tentu saja ingin berbicara lebih jujur dengan Anda. Jika Anda tidak suka sesuatu dari lawan bicara Anda, contohnya saja basa-basi. Coba katakan saja, dengan sopan Anda bisa menyampaikan apa yang Anda maksudkan dalam obrolan itu.

8. Cari inspirasi dari talk show

Jika Anda adalah orang yang sulit untuk menciptakan suasana nyaman dalam obrolan Anda, cobalah untuk mencontoh dari berbagai acara talk show. Mereka yang mampu mengkondisikan diri dengan baik, dengan lingkungan dan orang baru, dan mereka pula yang mampu menyampaikan informasi dengan baik patut Anda jadikan inspirasi. Jangan sungkan untuk menyampaikan beberapa humor di sela perbincangan kalian.

9. Berikan manfaat kepada orang lain

Cobalah untuk membuat setiap orang yang berbicara dengan Anda merasa bahwa merea bisa bertemu Anda lagi di lain waktu. Bukan hanya itu, buat mereka bertanya “kapan kita bisa ngobrol seperti ini lagi?”. Sebab itu berarti mereka mengharapkan nilai yang lebih dari kita di lain waktu.

10. Praktekkan dengan orang yang Anda temui

Jika Anda ingin mahir untuk berbicara di depan orang baru, cobalah berlatih di depan orang yang Anda kenal. Banyak berlatih akan membuat Anda terbiasa bertemu orang dan membahas hal-hal baru. Akhirnya Anda akan mulai merasa lebih nyaman dan mampu mempertahankan ketertarikan lawan bicara Anda.

Jika sudah begini, masih beralasan tidak punya rasa percaya diri untuk bertemu dan menjalin pertemanan baru? Bahkan bukan hanya itu, Anda akan mendapatkan peluang untuk mendapatkan rekanan dan partner bisnis yang baru.

Bahkan percayakah Anda memiliki keahlian berbicara yang baik akan membantu bisnis kecil Anda untuk lebih berkembang. Karena dengan mudah tentunya Anda bisa mempromosikan bisnis itu dan bisa jadi mendapatkan investor untuk bisnis Anda saat ini.

Loading...

  • 6
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *