Technology

Social Media Adalah Sahabat para Pebisnis. Setujukah Anda?

 

   

Sudah sejak lama kita mengetahui bahwa komunikasi saat ini sudah didukung dengan berbagai teknologi dan penemuan canggih. Seperti adanya sosial media yang mulai menjamur dan menjadikan komunikasi kita semakin mudah kemanapun dan kepada siapapun. Bahkan bagi Anda para pebisnis. Karena bisnis apapun jenisnya saat ini sudah sangat akbrab dengan sosial media. Tujuannya jelas untuk menunjang proses atau kegiatan jual beli mereka. Lalu apakah itu artinya sosial media sudah menjadi sahabat bagi para pebisnis? Jika iya apa sebenarnya yang menjadi alasan sosial media mampu menjadi sahabat para pebisnis saat ini?

1. Memperkuat pengenalan merek

Ketika Anda membangun bisnis saat ini tentu Anda akan sangat akrab atau bahkan Anda bergantung dengan sebuah teknologi dan perkembangannya, seperti adanya sosial media. Merek bisnis yang Anda miliki tentu akan membutuhkan peran sosial media untuk meningkatkan pengenalan merek ke seluruh dunia. Sosial media memiliki tempat yang mudah untuk dijangkau oleh orang di berbagai belahan dunia manapun. Terlebih ketika Anda memiliki halaman khusus dengan memberinya nama merek dagang Anda. Tentu merek yang Anda miliki akan dengan mudah dikenali. Seperti memiliki Fanspage dengan nama perusahaan, contohnya Beon Intermedia, Jagoanhosting, Media Bisnis Online.

2. Menjaring banyak relasi dan pelanggan melalui komunitas

Ketika sudah memiliki halaman bisnis Anda sendiri, akan lebih mudah bagi Anda untuk menjaring dan mendapatkan pengikut. Mulai dengan mengundang, mempromosikan hingga mendapatkan follower Anda sendiri. Jika sudah begitu Anda bisa mulai memposting berbagai konten yang berhubungan dengan bisnis Anda. Ajak mereka bukan hanya menjadi pengikut Anda, biarkan mereka mengenal hingga mau menjadi pelanggan bisnis Anda. Anda juga bisa membangun komunitas di sosial media yang Anda memiliki. Dengan begitu komunitas akan membantu Anda mendekatkan bisnis dengan para pelanggan – pelanggan Anda.

3. Membantu Anda untuk mengingatkan berkali – kali

Ketika Anda memiliki promosi sosial media bahkan bisa menjadi tempat Anda mempromosikannya. Ketika Anda sudah memposting satu kali konten promosi Anda, Anda bisa mengingatkan mereka dengan memposting konten yang berbeda tetapi tetap dengan pembahasan yang menjurus kepada promosi Anda. Tapi tetap menjaga kenyamanan bagi follower Anda. Jangan membuat mereka risih dengan konten promosi bisnis Anda. Buat mereka penasaran hingga menghubungi Anda lebih lanjut tentang promosi Anda.

4. Menjadi media untuk mempengaruhi

Seiring dengan peningkatan jumlah follower, pengaruh Anda di sosial media juga ikut tumbuh. Menggunakan modul iklan di berbagai platform media sosial memungkingkan Anda untuk meningkatkan jangkauan atau pengaruh. Yang perlu dipastikan adalah Anda dapat menjangkau pelanggan dan calon pelanggan dengan cara yang benar.

5. Meningkatkan kompetisi Anda dengan pesaing

Sosial media bahkan bisa menjadi tempat bagi Anda menunjukkan kemampuan marketing melebihi pesaing Anda. Karena pada kenyataannya bisa saja pelanggan Anda memiliki sistem marketing sosial media yang lebih unggul ketimbang bisnis Anda. Dengan begitu Anda dituntut untuk mampu untuk menyaingi mereka. Ketika Anda takut untuk tertinggal jauh dari mereka hingga tidak mau menggunakan sosial media maka Anda akan meninggalkan kesempatan besar.

Lalu bagaimana dengan Anda? Apakah Anda mulai meyakini bahwa pengaruh sosial media bisa menjadi sahabat bagi para pebisnis? :)

Baca juga:

5 Alasan Menjadikan Sosial Media Sebagai Senjata Ampuh Customer Service Anda

6 Tips Memicu Peningkatan Konten dengan Sosial Media

10 Peraturan Marketing di Sosial Media


Artikel Terkait

1 komentar

  • 20 October 2014 - pukul 7:35

    Sosial media memang sudah menjadi gaya hidup saat ini, termasuk dalam dunia bisnis. Tren sosial media yang menjamun digunakan oleh para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *