Insider

Solusi Praktis Pemasaran Masa Kini? Cetak Brosur Murah Aja!

 

Loading...

Salah satu hal yang pasti kini kita sadari adalah perubahan zaman yang semakin modern. Banyak orang yang berpikir bahwa digitalisasi adalah solusi segala masalah. Jangan salah.. justru di era digital seperti ini sesuatu yang memiliki sifat sentuhan manusia atau human touch akan bernilai lebih lho!

Kebanyakan iklan sekarang di media sosial atau TV, akhirnya porsi iklan semakin pendek dengan volume iklan yang membludak. Malah banyak iklannya daripada konten acaranya. Nggak enak kan?

Sama seperti berenang, bayangkan kolam yang ukurannya 10×5 meter diisi 50 orang yang berenang. Berdesakan, nggak nyaman buat renang dan nggak enak dilihat. Begitulah iklan digital saat ini.

Oleh karena itu, Anda bisa mengambil peluang di kolam lain yang dirindukan human touchnya yaitu iklan media cetak misalnya cetak brosur murah. 

Resep penting mendongkrak penjualan? Iklan salah satu bahan utamanya!

Advertisement atau periklanan adalah suatu media yang menyajikan pesan persuasif pada masyarakat atau target konsumen sebagai sarana promosi agar mereka tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Media iklan tentu banyak jenisnya mulai dari media digital hingga media cetak seperti banner, poster, katalog, majalah, dan brosur.

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan bahkan harus disediakan budget tersendiri saat berbisnis adalah biaya iklan. Kenapa? Simak baik-baik alasan advertising menjadi kunci sukses bisnis Anda berikut ini:

  1. Menyampaikan informasi sesuai yang Anda inginkan

Seringkali kita merasa bisnis sepi konsumen karena produk atau jasa kita jelek kualitasnya. Padahal belum tentu itu benar. Anda perlu mengecek kembali apakah masyarakat atau target pasar Anda mengetahui produk Anda dengan baik. Caranya Anda bisa menjelaskan nilai lebih atau value produk Anda yang unik daripada produk sejenis lainnya.  

  1. Bujukan mujarab untuk menjual produk atau jasa Anda

Ketika informasi produk sudah lengkap tapi masih saja ada pembeli yang ragu untuk memilih jasa atau produk Anda? Iklan dapat dibentuk dengan komunikasi persuasif menggunakan gaya bahasa untuk membujuk calon konsumen Anda.

  1. Membangun citra merek atau brand image bisnis Anda

PR yang harus dikerjakan dari awal dan dalam jangka panjang adalah branding. Melalui iklan, Anda dapat menunjukkan seperti apa produk atau jasa Anda ingin dilihat oleh masyarakat. Hal ini membantu Anda mengelompokkan segmen pasar.

  1. Media promosi untuk melejitkan penjualan

Diskon sudah habis-habisan tapi tetap nggak laku? Waspadalah, karena bisa jadi sangat sedikit yang tahu kalau ada promo yang berlangsung. Sebarkan informasi seputar promo menguntungkan melalui iklan kepada masyarakat seluas-luasnya agar potensi keuntungan Anda juga makin lebar.

  1. Mengingatkan masyarakat terhadap keberadaan produk atau jasa yang Anda tawarkan

Ketika Anda mengira produk atau jasa Anda sudah laris manis dan diketahui banyak orang, Anda perlu berhati-hati. Lho kenapa? Karena laris tidak selalu selamanya manis. Anda bisa saja tiba-tiba kehilangan para konsumen Anda karena mereka pindah ke lain hati. 

Solusinya? Ingatkan dengan iklan secara berkala tentang produk atau jasa Anda juga tentang promo yang ditawarkan kepada konsumen Anda. Hal itu akan memicu repeat order atau mereka memesan kembali. Selain itu juga memicu word of mouth dan dapat memikat konsumen baru. Enak kan?

Ternyata iklan sangat penting ya dalam bisnis. Jadi penasaran bagaimana awal mula sejarah hadirnya iklan?

Kita mulai dengan keberadaan iklan sebelum adanya mesin cetak. Para sejarawan meyakini bahwa advertising sudah ada sejak jaman dahulu kala meskipun belum ada dukungan media seperti sekarang. Pada jaman dahulu advertising atau iklan dilakukan dalam berbagai bentuk. 

Orang jaman dahulu menawarkan jasa dan produk yang mereka sediakan dari mulut ke mulut atau word of mouth karena memang belum ada media apapun yang tersedia. Proses tersebut kemudian akan disampaikan pada orang yang membutuhkan dari satu orang ke orang lainnya yang  pada akhirnya akan terjadi interaksi jual beli.

Word of mouth juga masih dilakukan hingga kini namun dengan adaptasi yang berbeda. Mengandalkan word of mouth saja tentu tidak dapat menjadi solusi utama pemasaran produk Anda. Sama seperti sejarah iklan yang akhirnya berubah semenjak ada mesin cetak mengikuti perubahan zaman.

Lalu bagaimana sejarah iklan ketika mesin cetak muncul?

Berawal dengan munculnya teknologi cetak pada tahun 1455, maka banyak jenis media iklan baru yang muncul saat itu, yaitu dengan menggunakan kertas yang dapat diproduksi massal. Salah satu bentuk iklan misalnya handbill (selebaran iklan) yang kini kita kenal dengan sebutan brosur atau flyer.

Setelah muncul iklan melalui selebaran, disusul munculnya surat kabar yang diterbitkan oleh Johann Carolus (tahun 1575 – 1634) dan diakui sebagai penerbit surat kabar yang pertama. Surat kabarnya yang disebut Relation aller Fürnemmen und gedenckwürdigen Historien dinyatakan oleh Asosiasi Surat Kabar Dunia sebagai surat kabar yang pertama. Wow keren ya!

Keberadaan media koran atau surat kabar juga menumbuhkan ruang iklan baru, yang pertama kali diinisiasi pada tahun 1625. Iklan di surat kabar pertama di Amerika muncul di Boston Newsletter di tahun 1704. 

Jika Anda diperhatikan, media cetak memiliki masa yang panjang bukan? Bahkan hingga kini kita masih dapat menjumpai koran dan iklan di dalamnya.

Setelah melihat  sejarah periklanan dunia, kita intip sejarah periklanan di Indonesia

Tokoh periklanan pertama di Indonesia adalah Jan Pieterzoon Coen, orang Belanda yang menjadi Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada tahun 1619-1629. 

Dia bukan hanya bertindak sebagai pemrakarsa iklan pertama di Indonesia, tetapi juga sebagai pengiklan dan pemilik perusahaan periklanan. Bahkan dia pun menjadi penerbit dari Bataviasche Nouvelle, surat kabar pertama di Indonesia yang terbit tahun 1744, satu abad setelah Jan Pieterzoon Coen meninggal.

Pada akhir abad ke-19, perusahaan periklanan yang dimiliki dan dikelola oleh Cina keturunan mulai bermunculan di Indonesia. Pelopor periklanan dari kelompok ini adalah Yap Goan Ho. 

Dia memiliki perusahaan periklanan sendiri di Batavia. Yap Goan Ho sebelumnya adalah seorang copywriter di perusahaan periklanan De Locomotief. Perusahaan periklanannya diberi nama seperti namanya, Yap Goan Ho.

Perusahaan Yap Goan Ho awalnya dikontrak oleh surat kabar Sinar Terang (terbit 1888-1891) yang berbahasa Melayu. Iklan yang ditangani Yap Goan ho kebanyakan adalah iklan produk buku. Khususnya buku yang diterbitkan untuk masyarakat Cina.

Saat itu memang belum ada cetak brosur murah sehingga iklan di surat kabar masih menjadi primadona.Sayangnya kerjasama periklanan Yap Goan Ho hanya bertahan tiga tahun, akibat bangkrutnya surat kabar Sinar Terang. 

Setelah ditutupnya Sinar Terang, Yap Goan Ho kembali berusaha mengembangkan sendiri perusahaan periklanannya. Untuk itu dia mengumpulkan modal dari bekerja mencari iklan bagi beberapa surat kabar. Dia kemudian mengkhususkan diri pada iklan-iklan pelelangan barang milik para pejabat Belanda. 

Pada tahun 1906 muncul NV Medan Prijaji. Surat Kabar Medan Prijaji dipimpin oleh RM Tirto Adisoerjo dan kebanyakan beredar di Batavia, Bogor dan Bandung. Kemudian dia mendirikan perusahaan periklanan dengan temannya, Raden Goenawan. 

Raden Goenawan mengelola perusahaan periklanan Medan Prijaji sejak berdirinya tahun 1906. Meskipun hanya mampu bertahan hingga tahun 1912, Medan Prijaji tercatat memperoleh keuntungan sebesar f.75.000 pada tahun terakhir keberadaanya.

Berpindah ke tahun 1950an di Indonesia kata periklanan pertama kali diperkenalkan oleh tokoh pers Indonesia yaitu bapak Soedarjo Tjokrosisworo.Hal itu bertujuan untuk mengganti kata reklame yang saat itu marak dipakai. 

Sejak saat itulah bermunculan perusahaan dengan sebutan Biro Iklan. Para pengusaha tersebut juga membuat perkumpulan mengenai periklanan. Asosiasi ini memiliki nama Perserikatan Biro Iklan Republik Indonesia (PBRI).

Setelah membaca sejarah awal periklanan, sudah jelas brosur atau flyer adalah media iklan cetak pertama dan long lasting karena masih digunakan hingga saat ini. Nah kira-kira kapan ya percetakan pertama kali muncul di Indonesia?

Kisah munculnya percetakan pertama di Indonesia

Percetakan mulai hadir di Indonesia semenjak kedatangan Belanda (tiba tahun 1596) yang erat hubungannya dengan VOC. Pada Tahun 1624, misionaris Gereja Protestan Belanda memperkenalkan percetakan di Hindia Belanda dengan membeli sebuah mesin cetak asli dari Belanda untuk menerbitkan berbagai macam literatur Kristen ke dalam bahasa daerah. Hal itu dilakukan sehubungan dengan keperluan penginjilan. 

Tapi mesin cetak itu menganggur, karena tidak ada tenaga operator untuk mengoperasikannya. Akhirnya pada tahun 1659 atau 35 tahun kemudian, Kornelis Pijl memprakarsai percetakan dengan memproduksi sebuah Tijtboek atau sejenis almanak.

Perkembangan percetakan di Indonesia erat sekali dengan sejarah perjalanan surat kabar layaknya sejarah periklanan. Hal itu mungkin dikarenakan media massa saat itu yang berkembang pesat dan mudah dijangkau seluruh lapisan masyarakat adalah surat kabar. 

Sekarang, mari kita jelajahi kronologi perkembangan percetakan di Indonesia. Pada tahun 1619 Jakarta sudah menjadi pusat pemerintahan di zaman VOC. Kemudian tahun 1667 pemerintah pusat Indonesia berinisiatif mendirikan percetakan dan memesan alat cetak yang lebih baik, termasuk matriks yang menyediakan berbagai jenis huruf. 

1 tahun kemudian, VOC membuat kontrak perjanjian dengan ahli penjilidan yang berasal dari Amsterdam. Kontrak tersebut dilakukan karena pihak penjilidan diminta oleh VOC untuk mencetak barang-barang yang dibutuhkan oleh VOC. 

Pada saat itu VOC juga memperdagangkan alat cetak kepada pihak penjilidan tersebut. 2 tahun kemudian VOC melakukan perjanjian kontrak dengan pihak lain yang memiliki keahlian dalam bidang percetakan dimana pada saat itu VOC juga memiliki pabrik pembuatan huruf. 

Sepuluh tahun kemudian atau tepatnya tahun 1677 dokumen dengan kosa kata Belanda-Melayu pertama kali dicetak di Indonesia dan disusul New Testament yang dicetak dalam bahasa Portugis di tahun 1693.

Pada era pemerintahan Jenderal Gustaaf Williem Baron Von Imhoff terbitlah surat kabar pertama dengan menggunakan bahasa Indonesia yang diterbitkan secara mingguan. Surat kabar cetak pertama kali hadir di Indonesia tepatnya pada Agustus 1744 dan dinamakan Batavia Nouvelles. 

Surat kabar itu lahir dari Percetakan Benteng yang dikelola oleh Jan Erdman Jordens. Batavia Nouvelles hanya terdiri dari selembar kertas berukuran folio dengan kedua halamannya masing-masing berisi 2 kolom. Isinya hanya memuat iklan, maklumat pemerintah dan pengumuman lelang. Beda kan dengan surat kabar masa kini. Sayangnya, VOC akhirnya menutup percetakan itu di tahun 1745 karena dianggap membahayakan.

Nah disinilah titik awal percetakan swasta mulai berkembang menjadi usaha penerbitan di abad ke- 18. Jejak langkah percetakan di Indonesia menganggap bahwa R.M Tirtoadisoerjo merupakan pelopor usaha percetakan di kalangan pribumi. Sebelumnya R.M Tirtoadisoerjo juga dikenal sebagai R.M Djokomono yang mendirikan toko buku, alat tulis serta toko alat tulis Jawa.

Beliau berhasil menerbitkan majalah di tahun 1904 lalu diikuti dengan penerbitan surat kabar Medan Prijaji di Bandung. Bahkan Medan Prijaji pernah dicetak sebanyak 2000 eksemplar yang termasuk dalam jumlah yang besar di kala itu.

Melompat ke tahun 1976 yang kala itu sebanyak 385 mesin cetak Offset diimpor ke Indonesia. Dan perkembangan pesat dimulai pada tahun 1992 saat teknologi computer to film (CTF) masuk ke Indonesia. 

Mula-mula hanya percetakan-percetakan besar saja yang memiliki teknologi CTF. Namun di tahun 1995 percetakan skala menengah hingga skala kecil mulai mengadopsinya. Puncaknya di tahun 1997, penggunaan CTF bisa dibilang sudah merata.

Pada tahun 2000 teknologi CTF digeser oleh teknologi Computer To Plate (CTP) atau yang terkenal dengan merk Heidelberg, Screen, Scitex, Basys Print dan AGFA. 

Saat ini perkembangan percetakan besar di Indonesia sudah mulai mengadopsi teknologi computer to press berupa direct imaging dan computer to print yang banyak dikenal menggunakan teknologi mesin digital printing. Contoh mesin cetak yang terkenal di kelas ini adalah HP Indigo. 

Peralatan yang disediakan oleh usaha percetakan kini sudah makin lengkap karena tidak hanya untuk urusan pre-press, tapi juga post press yang meliputi proses finishing seperti cutting, folding, binding atau stiching, embossing, dan sebagainya. 

Kecepatan cetak yang dulu mungkin 1 surat kabar hanya mampu memenuhi permintaan 1x perminggu untuk terbit kini sudah setiap hari. Percetakan brosur yang dulu harus memesan jauh hari kini sudah bisa selesai dalam hitungan jam secepat kilat meski mencetak ribuan eksemplar. Cetak brosur murah dan cepat juga makin mudah dijangkau dengan pemesanan secara daring atau online. Hal ini membuat percetakan menjadi bisnis one-stop service yang makin berkembang.

Bicara tentang percetakan tentu melekat erat dengan iklan yang merupakan senjata marketing yang jitu. Tahu nggak kalau di Indonesia juga memiliki tokoh marketing yang top banget bahkan di skala internasional lho! 

Siapa tokoh marketing yang top di Indonesia? Simak kisahnya yuk!

Jika kalian mencoba googling dengan kata kunci “ahli marketing Indonesia” atau “bapak marketing Indonesia” maka nama Hermawan Kartajaya akan muncul di halaman pertama Google. Sosoknya kerap muncul di poster atau brosur acara bisnis dan dia dianggap sebagai Bapak Marketing Indonesia.

Hermawan Kartajaya juga memiliki perusahaan bernama MarkPlus.Inc yang sudah bertransformasi menjadi Perusahaan Konsultan Marketing terbesar se-Asia. Dia juga telah menciptakan teori pemasaran  atau marketing yang banyak menjadi acuan bagi para pelajar, marketer, dan pemerhati bisinis  di berbagai penjuru dunia. 

Sebut saja teori Marketing 2.0, Marketing 3.0 dan yang terbaru adalah Marketing 4.0 telah menjadi acuan bagi berbagai perusahaan besar di berbagai negara untuk mencapai kesuksesan. Bahkan buktu mengenai teori tersebut ia tulis bersama Philip Kotler, Bapak Marketing Dunia. Keren kan?

Hermawan Kartajaya lahir di Surabaya, 18 November 1947, dari keluarga keturunan Tionghoa yang miskin. Ayahnya dulu bekerja di sebuah perusahaan BUMN sebagai Kasir. Hermawan Kartajaya sudah dikenal sebagai anak yang cerdas sedari dulu. Sejak kecil ia sudah membantu orang tua dengan memberikan les privat.

Hermawan Kartajaya bekerja setelah lulus SMA untuk membiayai kuliahnya sendiri di ITS (Intistut Teknologi 10 Nopember Surabaya). Saat itu ia mengambil jurusan Teknik Elektro. Sungguh jauh kan dari karirnya saat ini?!

Namun, ia merasa tidak cocok dengan bidang teknik elektro dan akhirnya harus merelakan untuk berhenti. Berbekal kemampuannya di bidang Fisika dan Matematika, akhirnya Hermawan Kartajaya bekerja menjadi Guru di SMAK St. Louis, Surabaya. 

Hermawan Kartajaya menjadi sosok guru yang diidolakan oleh siswa-siswanya kala itu karena ia selalu berusaha untuk menyampaikan materi-materi yang rumit secara sederhana dengan membuat ilustrasi yang konkret. Akhirnya penjelasannya lebih mudah dimengerti oleh para siswa.

Sayangnya, tekanan saat orde baru yang mewajibkan guru SMA untuk menyandang gelar S1 membuat Hermawan Kartajaya mengajar sambil berkuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. Dia juga mampu menyelesaikan semua kewajiban kuliahnya dalam waktu yang relatif singkat.

Setelah lulus, ia sempat menjadi karyawan di beberapa perusahaan sebelum akhirnya direkrut oleh PT. Panggung yang merupakan anak perusahaan dari HM Sampoerna. Lagi-lagi rasa jenuh menghampiri Hermawan Kartajaya sebagai seorang karyawan.

Akhirnya dia memutuskan untuk resign dari PT.Panggung di tahun 1990. Kemudian ia membangun Markplus yang berlokasi di Surabaya sebagai lembaga riset di bidang pemasaran atau marketing.

Sejak saat itu Hermawan Kartajaya sering mengikuti pelatihan singkat tentang marketing di luar negeri. Dia bahkan akhirnya melanjutkan pendidikan S2 atau master degree di University of Strahclyde, Glasgow dan mendapatkan gelar MSc di tahun 1995.

Hermawan Kartajaya juga pernah mengikuti program pendidikan eksekutif di sekolah bisnis yang top di Amerika, mulai dari Harvard, Wharton, Kellog hingga University of Michigan. Banyak ilmu dan networking juga yang didapatkan dari pengalamannya ini.

Oleh karena itu, pilihan Hermawan Kartajaya untuk berbisnis sambil mengajar memang sudah sangat tepat. MarkPlus juga mulai memperlihatkan hasil yang menggembirakan dengan namanya yang mulai dikenal di berbagai media massa di Surabaya. 

Walaupun pada awalnya Hermawan Kartajaya sempat mendapat komentar negatif, tetapi ia terus berjuang dan membuktikan keberhasilannya. Hingga kini perusahaannya sudah menjelma menjadi perusahaan yang kancahnya ke berbagai negara di Asia dan Amerika. 

Nama Hermawan Kartajaya berhasil dinobatkan sebagai salah satu dari 50 Guru’s Who Have Shaped The Future of Marketing oleh The Chartered Institute of Marketing di Inggris (CIM-UK). Hermawan Kartajaya bahkan diangkat menjadi Presiden World Marketing Association di tahun 2002.

Hermawan Kartajaya juga masih aktif dalam bisnis majalah Marketeers dan menulis di sana. Selain itu ia juga menulis  buku-buku bisnis dan pemasaran di pasar nasional maupun internasional. 

Beberapa judul bukunya antara lain Repositioning Asia: From Bubble to Sustainable Economy; Marketing 4.0; Rethinking Marketing: Sustainable Marketing Enterprise in Asia; Hermawan Kartajaya on Marketing, The 18 Guiding Principles of marketing in Venus; MarkPlus on Strategy, dan masih banyak lagi. Beliau juga merupakan kolumnis tetap Majalah SWA, GATRA, dan Harian Bisnis Indonesia. 

Pada salah satu buku Hermawan Kartajaya berjudul Marketing 4.0, salah satu langkah untuk mengenalkan brand atau merek bisnis yang Anda jalankan adalah membangun awareness atau mengenalkan produk Anda pada konsumen yang ditargetkan. 

Salah satu cara praktis membangun awareness untuk suatu produk retail atau jasa dapat dilakukan melalui penyebaran brosur ke target konsumen. Pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah kenapa brosur? Kok nggak yang lain? Kita bahas dulu fungsi brosur berikut ini.

6 Fungsi brosur sebagai pendukung pemasaran efektif bisnis Anda

  1. Media menyampaikan informasi untuk mengenalkan produk atau jasa Anda

Brosur yang sederhana bisa berupa selembar kertas A5 dapat memuat deskripsi produk atau jasa yang Anda tawarkan secara komprehensif. Anda hanya perlu menambahkan sentuhan visual yang indah dan Voila! Brosur siap cetak di brosurkilat.com

  1. Bisa juga menjadi katalog mini atau quick katalog untuk produk best seller

Ada kalanya kita ingin menunjukkan banyak produk atau jasa unggulan kita dalam 1x kejapan mata namun terbatas oleh media. Brosur merupakan jawaban atas keresahan itu karena Anda dapat membuat katalog khusus dengan model brosur lipat. Jika ingin cetak brosur murah sebagai katalog tentu bisa sekali.

  1. Sarana membangun brand image bisnis Anda

Bukan hanya logo bisnis dan nama atau merek yang mampu membangun citra bisnis yang baik. Brosur dengan desain yang menarik atau out of the box mampu membuat calon pelanggan menoleh dan terngiang dengan produk Anda. 

  1. Memperpanjang tangan kita untuk mendekat kepada konsumen 

Jika Anda berbisnis online melalui banyak platform e-commerce, Anda bisa mengandalkan brosur untuk mengumpulkan data konsumen Anda atau memberi tahu promo menarik untuk pembelian selanjutnya dengan menyelipkan brosur saat mengirimkan paket produk yang telah dipesan. 

Bisa juga Anda cetak brosur murah dengan tema ucapan ulang tahun lalu dikirimkan bersama dengan hampers khusus pelanggan setia Anda. Hal ini akan membuat konsumen tersentuh atau bahkan melakukan pemesanan ulang (repeat order).

  1. Media informasi layanan after sales yang sederhana

Produk- produk yang dibeli secara online notabene memiliki masa garansi untuk ditukar atau diretur, bahkan garansi tahunan. Anda dapat menggunakan brosur ukuran A6 sebagai media menyampaikan daftar syarat & ketentuan (S&K) garansi.

Terbayang kan kalau orderan Anda membludak hingga ribuan paket dan Anda harus print manual S&K garansi maka Anda akan sangat kerepotan. Serahkan saja kebutuhan cetak brosur murah Anda ke brosurkilat.com 

  1. Pengganti Customer Service dengan harga terjangkau

Kecepatan Customer Service (CS) dalam melayani para konsumen biasanya terhambat oleh pertanyaan berulang yang sama dari orang yang berbeda setiap harinya.

Anda bisa menghemat waktu kerja Customer Service Anda dengan membuat brosur berisi Q&A atau aneka pertanyaan yang sering ditanyakan beserta jawabannya. Hal ini akan memudahkan CS Anda bekerja dan konsumen tetap mendapatkan info yang dicari. 

Hal ini biasanya dilakukan di Rumah Sakit dan Bank yang memiliki banyak brosur berisi penjelasan jasa atau layanan yang mereka tawarkan.

7 Alasan brosur adalah media menarik untuk meningkatkan penjualan Anda

Mungkin brosur bagi Anda terdengar terlalu umum dan kuno, tapi jangan salah lho! Brosur dapat memberikan manfaat dan nilai lebih jika Anda tahu cara tepat mengoptimalkan konten dan penyebarannya. Ini dia beberapa manfaat cetak brosur murah

  1. Promosi menggunakan brosur sangat sederhana dan sangat murah. Contohnya dengan membuat brosur unik tulis tangan, ketikan manual, hingga brosur dengan desain elegan. Anda juga bisa cetak brosur murah bahkan hingga hanya Rp 300 per lembar di brosurkilat.com
  2. Brosur sangat mudah dibaca dan cepat dipahami. 

Kita tidak membutuhkan alat tertentu semacam HP dan jaringan internet untuk memperlihatkan isi atau informasi yang ingin disampaikan. Kita hanya butuh mata saja. Hal ini akan sangat membantu jika kita ingin menyampaikan banyak promo yang ditawarkan tanpa buang-buang waktu lama untuk scroll layaknya melihat promo digital.

  1. Informasi atau keterangan  yang dimuat dalam brosur lebih lengkap dan sesuai selera kita, sedangkan media digital sering terbatas.

Brosur dapat memuat banyak informasi produk atau jasa bisnis Anda secara ringkas. Sedangkan iklan digital memiliki banyak distraksi untuk segera pergi meninggalkan halaman tersebut.

  1. Praktis bisa langsung dibawa dan langsung diberikan pada siapapun yang dituju.

Brosur membuat kita dapat mengenali segmen pasar yang dituju lebih baik. Selain itu brosur juga bisa disesuaikan dengan jenis produknya. Misalkan brosur parfum yang dicetak di kertas dengan wangi tertentu akan memberi kesan tersendiri bagi target konsumen.

  1. Brosur bisa disimpan, dipajang dan dibaca ulang jika sewaktu-waktu diperlukan

Salah satu kebiasaan anak kos atau ibu rumah tangga adalah menempelkan brosur promo di kulkas atau di papan magnetic yang ada di rumah. Hal ini memudahkan mereka jika sewaktu-waktu ingin memesan produk atau jasa di brosur tersebut. Brosur itu pun akhirnya berpotensi dibaca oleh orang lain dan awareness dapat dibangun tak hanya untuk 1 orang tapi lebih. Hebat kan?

  1. Human touch yang dirindukan, kini hadir pada brosur

Seperti yang sudah kita bahasa sebelumnya bahwa human touch menjadi nilai lebih di era digital.Saat ini bisa dikatakan hampir semua orang memiliki HP dan kondisi ini  justru sangat menguntungkan penyebaran brosur.

Hal itu terjadi karena brosure menjadi suatu hal yang jarang dilihat dan terlihat ‘berbeda’ saat disebarkan. Ibaratnya Anda melahirkan iklan digital ke dunia nyata. Sehingga saat brosur disebar akan segera direspon, apalgai jika didukung desain yang apik.

  1. Literasi yang minim dan pasif membuat brosur menjadi media iklan relevan

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih memiliki sifat pasif. Iklan digital sering kali dihiraukan. Sedangkan brosur dapat berpindah tangan dan lebih dapat dijangkau semua lapisan masyarakat. 

Harga cetak brosur murah membuat biaya iklan juga bisa ditekan. Selain itu brosur bisa dititipkan seperti menyelipkan brosur di koran atau majalah, menitipkan brosur di kasir supermarket area tertentu dan menyebarkannya langsung ke target konsumen.

Bagaimana? Sudah terbayang desain brosur yang ingin Anda buat?

Mau yang berwarna-warni atau yang monochrome?

Lebih enak pakai brosur 1 lembar bolak-balik atau yang dilipat?

Males keluar rumah tapi butuh cari tempat cetak brosur murah?

Ada banyak hal yang mungkin membuat Anda bingung menentukan vendor percetakan yang cocok untuk kebutuhan Anda, tapi tenang saja ya…..

Semua ada jawabannya!

Solusi untuk Anda yang mengalami masalah saat mencari percetakan yang tepat 

  1. Pastikan vendor percetakan yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik

Jika Anda mencari vendor untuk kebutuhan bisnis atau acara spesial Anda, hal pertama yang harus Anda pastikan adalah reputasi percetakan yang baik. Kenapa? Ini agar menjaga Anda menjadi korban penipuan dan agar Anda tidak salah pilih lalu kecewa.

Akan lebih baik jika vendor percetakan yang Anda pilih sudah beroperasi lebih dari 2 tahun atau memiliki kantor yang nyata. Setidaknya Anda bisa cek di Google lokasi mereka terlebih dahulu.

  1. Amati kualitas hasil percetakan

Input memang menentukan output, tapi jika teknologi tidak mendukung pengelolaan input yang memadahi maka output yang dihasilkan tidak akan sepadan. 

Anda dapat memastikan kualitas hasil percetakan dengan meminta sample atau tes cetak di awal pemesanan sebelum dicetak secara massal atau dalam jumlah yang banyak. 

  1. Lihat kualitas pelayanannya

Kualitas pelayanan suatu jasa percetakan dapat kita lihat melalui testimoni pelanggan. Selain itu Anda juga bisa melihat ulasan pelanggan pada Google Review bisnis mereka.

Akan lebih enak lagi jika Anda mencoba menghubungi mereka untuk mengetes seberapa cepat respon mereka dalam melayani calon pembeli.Tak hanya itu, Anda juga dapat melihat media sosial vendor tersebut dan melihat bagaimana ia profesional dalam menampilkan jasa atau informasi seputar layanan cetak yang dia tawarkan.

Anda juga bisa melihat apakah mereka mudah dihubungi untuk melayani pemesanan cetak brosur kita. Jika mereka melayani pesanan secara online, itu tandanya bisnis mereka telah beradaptasi dengan kebutuhan saat ini yang serba praktis dan cepat.

  1. Sesuaikan biaya cetak dengan budget Anda

Terkadang keinginan kita bisa sangat beragam dalam mencetak brosur padahal budget yang kita miliki pas-pas an. Maka coba Anda tentukan dulu berapa budget promosi Anda khususnya yang melalui media brosur.

Jika Anda ingin cetak brosur murah, maka Anda dapat mencetak brosur ukuran A5 satu sisi sebanyak 500 lembar hanya seharga Rp 150.000. Itu artinya hanya Rp 300 per lembar. Wow…sangat terjangkau bukan!

  1. Cek waktu pengerjaan percetakan yang Anda pilih

Hal krusial yang perlu diperhatikan adalah deadline. Anda harus menentukan dengan baik jadwal promo Anda sebelum Anda mencetak brosur promosi Anda. 

Akan lebih baik jika anda memesan 2 minggu sebelum promo berlangsung sehingga Anda memiliki waktu yang cukup untuk menyebarluaskan brosur ke masyarakat.Tapi kalau kepepet bagaimana? Kalau butuh super cepat bagaimana?

Anda bisa mengandalkan brosurkilat.com untuk menangani kebutuhan cetak brosur Anda secara cepat dan murah bahkan hanya 3 jam

Salah satu hal yang menarik dari brosurkilat adalah paket lengkap yang mereka sediakan. Layaknya pebisnis yang handal, tim brosurkilat akan menangkap peluang yang muncul setiap saat dengan tindakan yang kilat untuk mengkonversi peluang menjadi uang.

Brosurkilat yang memiliki kantor di Jl. Ngagel Jaya Utara No. 100 Surabaya ini merupakan one stop solution bagi Anda yang ingin mencetak brosur atau media promosi lainnya. Layanan yang mereka berikan untuk Anda adalah kecepatan produksi, kecepatan pelayanan bahkan hingga konsultasi desain dan metode pencetakan untuk brosur yang ingin Anda buat.

Enak kan…..Anda tidak perlu kebingungan dan mikir sendirian. Serahkan pada Brosurkilat untuk paket cetak brosur yang hemat dan cepat!

Semakin enak lagi karena Anda tidak perlu keluar rumah untuk mencetak brosur Anda. Caranya mudah, Anda hanya perlu klik www.brosurkilat.com, kemudian Anda pilih paket cetak brosur dan silakan isi formulir pemesanan. Setelah itu, Anda dapat melakukan pembayaran melalui transfer ke rekening yang sudah ditentukan. 

Sudah deh, tunggu saja di rumah dan  pesanan brosur anda akan segera Brosurkilat cetak dan barang bisa diantar ke tempat Anda. Jika Anda berlokasi di Surabaya, Anda juga akan mendapat gratis ongkos kirim. Maka, waktu anda yang berharga dapat Anda gunakan untuk menghasilkan sesuatu yang lebih bernilai dan menguntungkan!

BrosurKilat juga dapat menerima pesanan secara online  24 Jam selama 7 hari. Jadi kapanpun Anda butuh, Brosurkilat selalu siap melayani. Selain kualitas pelayanan, kualitas produk juga sangat diperhatikan oleh Brosurkilat. Standar minimal hasil cetak di Brosurkilat adalah hasil cetak brosur yang tajam berkualitas dan diproduksi dengan teknologi mesin cetak terbaru serta tenaga cetak yang terampil. Semakin cocok bukan untuk jadi partner bisnis Anda?

Bagaimana kalau bisnis saya ada di luar kota Surabaya? Tenang saja! Brosurkilat mampu menangani pesanan dari daerah manapun. Pesanan Anda dapat dikirimkan melalui kurir atau jasa ekspedisi terpercaya hingga sampai di tangan Anda.

Lalu, kalau saya di luar kota dan ingin tahu hasil cetaknya bagaimana? Bisa dong! Brosur yang sudah dicetak akan dikirimkan fotonya kepada Anda melalui email. Anda dapat memastikan bahwa produk yang Anda pesan telah dicetak dengan baik dan siap kirim.

Saya takut kalau pesan brosur online uang saya dibawa lari. Brosurkilat bekerja secara profesional lho. Anda tidak perlu membayar penuh atau langsung lunas di awal. Anda hanya perlu membayar uang muka min. 50% dari harga yang disepakati. Kemudian, sisanya 50% dan juga ongkos kirim (bila ada) dapat Anda bayarkan sebelum barang dikirim oleh tim Brosurkilat.

Ada kalanya Anda juga sangat sibuk dan membutuhkan desain yang cepat unntuk brosur Anda tapi tidak sempat membuat. Tim Brosurkilat akan mendesainkan brosur untuk Anda dengan biaya terjangkau. Cukup kirimkan draft isi brosurnya dan tim Brosurkilat akan mendesainkan brosur untuk Anda sesuai dengan draft dan brief yang Anda berikan.

Lalu, apa bisa saya pesan pencetakan media dengan bahan atau jumlah yang tidak sesuai dengan paket yang ada? Tentu bisa! Anda adalah fokus utama dalam pelayanan BrosurKilat. Cukup utarakan bagaimana kebutuhan brosur promosi Anda dan Brosurkilat akan memberikan solusi yang cepat dan tepat.

Nah, sekarang Anda sudah mengenal BrosurKilat. Apa sudah terbayang kapan akan memilih paket yang cocok untuk Anda? Agar makin mudah, ini dia jenis-jenis layanan yang disediakan oleh brosurkilat.

Ragam kategori produk percetakan BrosurKilat khusus untuk Anda

  1. Cetak Brosur dan Flyer super cepat dan hemat

Anda dapat mencetak brosur dengan berbagai ukuran dan pilihan kertas. Semakin banyak Anda memesan, maka Anda akan semakin hemat. Brosur yang bisa Anda cetak mulai dari brosur katalog, brosur promosi khusus, brosur voucher, brosur acara dan lain sebagainya.

Brosurkilat memiliki 5 paket pilihan untuk Anda yang butuh cetak brosur murah cepat. Mulai dari Paket Hemat 500, Paket Hemat 5 hari jadi, Paket Cepat 3 hari jadi, Paket Kilat 24 jam, hingga Paket Super Kilat 3 jam jadi. 

  1. Cetak Buku Tahunan 

Masa-masa indah di sekolah atau kampus yang penuh kenangan pastinya akan sayang untuk sekedar disimpan fotonya di memori HP. Hanya perlu mengeluarkan kocek mulai dari Rp 95.000 Anda sudah dapat mencetak buku tahunan.

Buku kenangan atau Buku tahunan sekolah ini cocok untuk dijadikan souvenir saat wisuda. Mulai dari acara wisuda TK, SD, SMP, SMA atau bahkan Mahasiswa sebagai Buku kenangan jurusan atau Buku Angkatan.

  1. Kalender

Salah satu hal yang akan selalu memiliki permintaan tinggi di akhir tahun adalah kalender. Kalender dapat menjadi pilihan yang tepat untuk souvenir acara, media branding perusahaan, merchandise hadiah. 

Kalender juga media promosi yang efektif, karena kalender yang terpasang akan dilihat tiap hari. Sehingga peluang pelanggan Anda untuk mengingat produk atau jasa yang Anda tawarkan sangat besar. Contohnya, di Kedai Soto atau Rawon di Jawa akan ramai dengan kalender yang menempel di dinding mereka dari berbagai merek dagang. Hal itu justru menjadi ciri khas bahwa semakin banyak dan beragam kalender yang terpajang di  kedai Soto atau Rawon tersebut maka semakin kedai itu menjadi favorit banyak orang.

Segala jenis bisnis mulai dari skala kecil hingga besar dapat memanfaatkan kalender sebagai media promo. Contohnya untuk kalender promosi sekolah, universitas,  pondok pesantren, yayasan, instansi pemerintahan, LSM, Bank, dsb. 

Kalender yang disediakan oleh BrosurKilat juga beragam mulai dari Kalender Dinding, Kalender Meja, hingga Kalender Kerja. Jenisnya juga bisa macam-macam dari cetak kalender puasa, kalender hijriyah, kalender akademik pun juga bisa dilayani. Cetak kalender murah di Brosurkilat hanya mulai Rp 900 per pcs. Dahsyat bukan main hematnya!

  1. Cetak Amplop untuk kebutuhan Administrasi

Brosurkilat juga melayani beragam cetak amplop murah. Mulai dari Amplop DL untuk mengirimkan surat / dokumen ukuran A4/F4 yang dilipat menjadi 3, seperti surat penawaran, tiket pesawat, surat keterangan dan lain-lain. Anda juga bisa menggunakannya untuk amplop dengan KOP sekolah, amplop instansi, amplop perusahaan atau organisasi sehingga terkesan lebih profesional.

Tersedia juga Amplop C5 untuk mengirimkan surat atau dokumen ukuran setengah A4 atau A5, seperti surat keterangan, Kwitansi Pembayaran, atau resep dokter. Sedangkan ada juga Amplop C4 yang berukuran A4 untuk membawa dokumen tanpa dilipat.

Jika Anda butuh ukuran yang lebih besar lagi tersedia Amplop C3 untuk mengirimkan dokumen ukuran A3 seperti poster,  foto rontgen,buku hingga baju untuk toko online yang mau sekaligus menyematkan logo brand di amplop sehingga packaging juga lebih ramah lingkungan bebas plastik. 

  1. Cetak kartu Nama Murah

Cetak kartu nama murah juga bisa di brosurkilat sebagai andalan Anda. Kartu nama yang dicetak bisa memilih dengan laminasi atau non laminasi. Selain itu, finishingnya juga rapi bisa berbentuk potong kotak atau potong bentuk. 

Jika Anda butuh professional look yang mewah, akan lebih baik jika dilaminasi dan dipotong bentuk. Harganya pun murah mulai dari Rp 7000 per box. Wah, kalau begini juga cocok untuk kebutuhan para Sales atau untuk kebutuhan kampanye.

  1. Cetak Kop Surat

Kebutuhan profesional di kantor atau instansi salah satunya adalah kop surat untuk print atau cetak dokumen penting yang mewakili kantor atau instansi tersebut. Anda dapat mencetak kop surat full color hanya dengan Rp 350 di brosurkilat.

  1. Cetak Map Floder

Map folder juga biasa digunakan saat membawa dokumen organisasi untuk diserahkan ke pihak lain. Contohnya saat registrasi sekolah atau saat pengurusan biaya administrasi di Rumah Sakit. Cukup dengan Rp 500 Anda sudah dapat memiliki Map folder full color dengan logo organisasi Anda.

  1. Cetak Paper Bag / Tas kertas

Gaya hidup yang Go Green  membuat banyak orang lebih memilih menggunakan paper bag atau tas kertas saat memberi bingkisan, goodie bag acara, atau untuk shopping bag. Adna juga dapat menjadikannya media promosi Anda. Brosurkilat mampu memberikan harga spesial mulai Rp 3500 per pcs untuk Anda lho.

  1. Cetak Nota atau Faktur

Ini dia salah satu kebutuhan bisnis yang perlu diperhatikan karena setiap hari digunakan jadi harus memperlihatkan brand image yang baik. Brosurkilat dapat mencetak nota dengan jilid, penomoran serta komplit dengan perforasi hanya dengan Rp 2.650 . Murah kan?

  1. Cetak Stiker Label

Desain promosi juga acap kali dicetak pada stiker label dengan menyematkan logo dan deskripsi produk. Brosurkilat menyediakan beragam ukuran dan potongan stiker label. Bahannya pun beragam mulai dari Stiker Kromo, Vynil White, Vynil Transparan, dan Metalize.

  1. Cetak Roll-up Banner

Saat pameran atau untuk sarana info promosi di toko Roll Up banner adalah solusi praktis dan elegan. Mudah dibawa kemana-mana dan awet. Brosurkilat juga menyediakan roll banner komplit dengan tasnya mulai harga Rp 187.000. Hemat kan?

  1. Cetak Poster Murah

Media promosi yang tak lekang oleh waktu selain brosur adalah poster. Harga cetak poster di BrosurKilat sangat terjangkau hanya mulai Rp 2.250 dan Anda sudah mendapatkan poster dengan desain eye catching yang tahan lama.

Setelah mengenal profil BrosurKilat dan aneka produknya, sekarang tinggal Anda tentukan mau pesan yang mana. Masih bingung? Konsultasikan saja kebutuhan promosi Anda dengan BrosurKilat melalui telepon atau Whatsapp ke 0851-0702-5242. Namun, jika Anda sudah punya file siap cetak, silakan email ke [email protected]

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *